Hibah PKM Dikti Tahun 2022

Hibah PKM Dikti Tahun 2022

Tim Dosen STIKES Harapan ibu Jambi sebagai Pendiri POLIKESDI--

Tim Dosen STIKES Harapan Ibu Jambi Dirikan Pojok Literasi Kesehatan Digital (POLIKESDI) di Ponpes Sa’adatuddaren

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – STIKES Harapan Ibu Jambi, Memperoleh Hibah Progam Kemitraan Masyarakat (PKM) Kemdikbud-Dikti Pendanaan Tahun 2022 dengan Mitra Pondok pesantren (Ponpes) Sa'adatuddarein Kota Jambi, sekaligus Peresmian Pojok Literasi Kesehatan Digital (Polikesdi) dan Penandatangan Kerjasama. Ketua Tim PKM, Ns. Basok Bukhari, M.Kep dalam sambutannya mengatakan, PKM ini merupakan salah satu program Hibah Kompetitif dari Kemendikbud Dikti yang rutin dibuka setiap tahunnya, STIKES Harapan Ibu Jambi melalui tim dosennya (Ns. Basok Buhari, M.Kep, Ns. Rian Maylina Sari, M.Kep dan Cici Wuni, M.Kes) ikut serta mengusulkan proposal rancangan kegiatan POLIKESDI.


Pelantikan Kader POLIKESDI--

“Akhirnya kami memilih ponpes ini untuk melaksanakan kegiatan Hibah PKM Dikti Tahun 2022, kami buat berupa Polikesdi, yang merupakan wadah bagi ponpes khususnya santri dan warga sekitar ponpes, untuk mampu membangun budaya literasi kesehatan di ponpes,” kata Ketua Tim PKM, Ns. Basok Bukhari, M.Kep kemarin (4/10).


Peresmian Pojok Literasi Kesehatan Digital (POLIKESDI)--

Dikatakannya, yang terdapat dalam Polikesdi berupa seperangkat Komputer yang didalamnya telah dibuat aplikasi e-library berisi buku-buku digital mengenai kesehatan, setelah membaca buku kesehatan tersebut, diharapkan baik guru maupun santri dapat lebih mawas diri mengenai kesehatan, baik berupa pencegahan penyakit, pengobatan yang harus dilakukan dan cara menghindari penyakit tersebut.

“Diponpes, selain mempelajari ilmu agama Islam, juga bagaimana membentuk prilaku sehat, nantinya buku-buku Islam yang diajarkan diponpes juga bisa dibuat dalam bentuk digital dikomputer yang telah kami sediakan. Sebelum kegiatan ini kami juga telah melakukan serangkaian kegiatan yakni Seminar PHBS dan pelatihan kader Polikesdi yang telah ditetapkan. Semoga program ini dapat berlanjut, karena apa yang telah kami laksanakan kali ini merupakan  awal untuk menjadikan ponpes pilot project ditahun 2023 mendatang, kedepan kami juga akan membuat unit perawatan herbal seperti perawatan dengan Bekam, akupuntur dan mengelola tanaman dan buah menjadi obat,” urainya.

Sementara, Pimpinan Ponpes Sa'adatuddarein Kota Jambi, Tuan Guru Sulaiman Hasan melalui Guru Mursyid mengucapkan banyak terimakasih atas Hibah PKM Dikti Tahun 2022 STIKES Harapan Ibu Jambi di Ponpes Sa'adatuddarein Kota Jambi. Polikesdi ini diharapkan dapat menambah wawasan para santri tentang kesehatan.


Foto bersama Ketua STIKES Harapan Ibu Jambi, Pimpinan Ponpes Sa'adatuddarein Kota Jambi, Tim Dosen Pendiri POLIKESDI dan perwakilan Camat Pelayangan serta Lurah Tahtul Yaman--

“Agama kita bukan agama sekuler yang hanya berdasar kepad ritual keagamaan semata, tapi banyak hal lain yang dibahas dalam agama Islam seperti PHBS dan kesehatan. Kita bisa belajar dari sosok baginda nabi Muhammad SAW, yang sehat dan memiliki tubuh atletis, ini dikarenakan baginda nabi menjaga prilaku hidup yang baik. Semoga Polikesdi ini menambah wawasan kita dalam berprilaku hidup sehat, dan momentum meningkatkan literasi di Ponpes Sa'adatuddarein Kota Jambi,” harap Pimpinan Ponpes Sa'adatuddarein Kota Jambi, Tuan Guru Sulaiman Hasan melalui Guru Mursyid.

Ketua STIKES Harapan Ibu Jambi, H. Subakir, SKM.,M.Kes mengatakan, kegiatan di Perguruan Tinggi (PT) tidak hanya proses belajar mengajar, tapi ada kewajiban yang harus dilaksanakan baik oleh dosen maupun mahasiswa yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Pelaksnaan Seminar PHBS--

“Yang dilaksanakan diponpes ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, dan harus dilaksanakan setiap semester minimal setiap tahun, kalau tidak dilaksanakan berarti gagal,” jelas Ketua STIKES Harapan Ibu Jambi, H. Subakir, SKM.,M.Kes

Kegiatan yang dilaksanakan diponpes ini pun bukan sebagian kegiatan awal saja, namun akan da kegiatan serupa diponpes lain, dan itupun harus berdasarkan kebutuhan dan persetujuan dari mitra. Kegiatan yang dilaksanakan pun adalah untuk mendukung dalam menciptakan ponpes sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: