Beredar Info Jadwal Rekrutmen PPPK 2022 Mulai 5 Oktober

Beredar Info Jadwal Rekrutmen PPPK 2022 Mulai 5 Oktober

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas umumkan pendaftaran PPPK dibuka disertai jadwal P3K 2022. (Dok Menpan.go.id)--

Formasi P3K Kesehatan : 92.014

Formasi P3K Tenaga Teknis : 27.608

Formasi P3K masing-masing instansi telah diserahkan oleh Kementerian PANRB dalam rapat koordinasi pada 13 September 2024 lalu.

Setelah penetapan formasi, tahapan berikutnya adalah pengumuman lowongan P3K selama 15 kalender.

Plt Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, waktu pelaksanaan seleksi P3K sangat mepet.

Karena itu, kemungkinan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) hanya melakukan rekrutman dengan pola seleksi tertutup tahun ini.

Sedangkan untuk seleksi terbuka bagi pelamar umum akan dilaksanakan pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Badan Kepagawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam rapat koordinasi Kementerian PANRB dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI).

"Saya kira untuk umum ini, kita tidak bisa melakukan dengan seleksi terbuka karena waktunya sangat terbatas," ujar Bima dikutip Sewaktu.com dari kanal YouTube Apkasi Official, Minggu 25 September 2022..

"Jadi, kalau pun kita ingin melakukan (seleksi terbuka), seleksi administrasinya saja dulu untuk tahun ini. Untuk seleksi tesnya, mungkin kita bisa lakukan tahun depan," tambah Bima.

Bima tidak yakin seleksi terbuka akan tuntas jika dipaksakan untuk dilaksanakan tahun ini.

"Kalau kita lakukan tahun ini, tidak akan selesai. Ini ada pertanggungjawaban keuangan kalau kita memaksa seperti itu," ucapnya.

Karena itu, seleksi P3K 2022 hanya dilakukan untuk seleksi tertutup bagi tenaga honorer yang datanya sudah ada di Kemendikbudristek dan BKN.

"Jadi, kita akan berusaha melakukan seleksi pada tahun ini untuk yang tertutup, guru PPPK tahap 3 dan tenaga kesehatan karena itu sudah by name by address," tandas Bima. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: