Rektor Lepas 577 Mahasiswa FKIP Magang Kependidikan MBKM

Rektor Lepas 577 Mahasiswa FKIP Magang Kependidikan MBKM

Rektor Lepas 577 Mahasiswa FKIP Magang Kependidikan MBKM--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan ‘Pelepasan Mahasiswa Program Magang Kependidikan Tahun 2022’ bertempat di Gedung Balairung UNJA Mendalo, pada Senin (12/092022). Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., secara langsung melepas 577 mahasiswa Magang Kependidikan FKIP UNJA.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Varial Adhi Putra, S.T., M.M.; Dekan FKIP UNJA yang diwakili oleh Wakil Dekan BUPK FKIP UNJA, Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes., Kepala Laboratorium Pembelajaran FKIP UNJA, Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd.; para Ketua Jurusan dan Prodi serta dosen yang ada di lingkup FKIP UNJA, para Kepala Sekolah tempat magang mahasiswa, Guru Pamong Sekolah, serta 500 lebih mahasiswa Magang Kependidikan. Kepala Laboratorium Pembelajaran UNJA, Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd., menyampaikan laporan mengenai jumlah mahasiswa, jumlah dosen pembimbing lapangan (DPL) dan guru pamong, daerah lokasi magang, serta sekolah mitra.

 

“Mahasiswa Magang Kependidikan berjumlah 577 orang, DPL dan guru pamong berjumlah 109 orang, sekolah yang terlibat sebanyak 20 SMA, 17 SMP, 9 SD, dan 3 PAUD dengan total 49 sekolah. Ini tersebar di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi. Mahasiswa diberikan kemerdekaan di luar kampus dalam program MBKM untuk menggali pengalaman di sekolah,” jelas Ali Sadikin.

 

Wakil Dekan BUPK FKIP UNJA, Dr. Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes., mengungkapkan bahwa program Magang Kependidikan merupakan bentuk dukungan FKIP UNJA terhadap program MBKM yang dicanangkan Mendikbudristekdikti. “Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan program MBKM yang dicanangkan Menteri dan sekaligus turut mencapai target capaian IKU ke-2 yaitu persentase mahasiswa S1, D3, dan D2 yang menghabiskan paling tidak 202 SKS di luar kampus. Mudah-mudahan mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan dalam menghadapi segala permasalahan di dunia kerja khususnya lingkungan pendidikan,” ungkap beliau.

 

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D., menyampaikan kaitan praktek magang dengan program MBKM dan hal-hal yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa selama proses magang. Rektor juga sekaligus melepas secara resmi para mahasiswa Magang Kependidikan FKIP UNJA kepada Kadis Pendidikan Provinsi Jambi. “MBKM telah ditetapkan sebagai suatu hak mahasiswa dalam bidang kependidikan untuk menghabiskan 20 SKS di luar kampus, dalam hal ini mahasiswa sekiranya untuk pandai mengatur waktu. Ini merupakan hal yang menarik dari capaian mahasiswa di kesempatan sebelumnya yang mendapatkan teman baru dan suasana baru di dalam proses pembelajaran. Mahasiswa nantinya tidak hanya praktek mengajar, tetapi bagaimana manajemen sekolah, belajar mengelola sekolah dalam kaitan administrasi pendidikan, dan berpeluang menggali sebanyak-banyaknya permasalahan yang ada di sekolah,” ujar Rektor.

 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H. Varial Adhi Putra, S.T., M.M., menyambut baik dan mengapresiasi program Magang Kependidikan FKIP UNJA dan menerima secara resmi 577 mahasiswa Magang Kependidikan. “Pendidikan kita sekarang memasuki era dan paradigma baru untuk memiliki kemampuan beradaptasi dan berkolaborasi. Kita harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kita sebagai tenaga pendidikan. Atas perubahan paradigma tersebut, kami Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menyambut baik upaya yang dilakukan UNJA melalui Laboratorium Pembelajaran untuk menyelenggarakan program magang ini. Satu hal yang kami sangat apresiasi adalah lokasi magang tidak hanya di sekolah dalam kabupaten/kota saja yang dekat dengan kampus, tetapi penempatan di sekolah-sekolah yang ada di seluruh Provinsi Jambi,” ungkap Kadis Pendidikan. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: