Diduga Surat Rahasia Milik Jokowi Bocor. Pelakunya Hacker Bjorka, Ini Isinya

Diduga Surat Rahasia Milik Jokowi Bocor. Pelakunya Hacker Bjorka, Ini Isinya

User BreachForums Bjorka pada breached.to--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dunia siber kembali membuat heboh. User BreachForums Bjorka membocorkan dokumen dan surat yang diduga rahasia yang ditujukan atau dari Presiden RI Joko Widodo. 

 

Siapa Bjorka? Bjorka adalah hacker yang juga pernah mengunggah dana sampel SIM Card ponsel masyarakat Indonesia. Data itu diduga bocor terdiri dari NIK, nomor telepon, nama penyedia layanan atau provider dan juga tanggal pendaftarannya.

 

Terkait dengan surat-surat rahasia Jokowi, dibocorkan Bjorka melalui unggahannya pada breached.to. Surat itu berasal dari berbagai sumber, termasuk dari BIN (Badan Intelejen Nasional)

 

Bjorka menulis, surat itu berhasil dicuri pada September 2022. Dan jumlahnya tidak sedikit, mengandung 679.180 data berkapasitas 40MB dalam posisi compressed dan 189 MB uncompressed

 

Contains letter transaction from 2019 - 2021 as well as documents sent to the president including a collection of letters sent by the state intelligence agency (BIN) which are labeled as secret,” unggah Bjorka dalam akun breached.to, Jumat (9/9)

 

Bjorka pun melampirkan beberapa surat tujuan presiden RI yang berhasil mereka dapat. “Little of the letter, letters number, sender, receiver employee id, letter date, etc,” lanjut Bjorka. 

 

Berikut diantara surat dokumen rahasia yang dibeberkan Bjorka. 

 

1. “Surat Rahasia kepada Presiden dalam Amplop Tertutup” Pengirim surat ini tulis Bjorka adalah Badan Intelejen Negara dan penerimanya adalah Presiden Republik Indonesia alias RI 1.

 

2. “Surat rahasia kepada Mensesneg dalam amplop tertutup”. Pengirim surat ini kata Bjork juga Badan Intelejen Negara.

 

3. “Permohonan Jamuan Snack”. Surat ini dari Kepala Bagian Protokol dan Tata Usaha Pimpinan

 

4. “Permohonan dukungan sarana dan prasarana”. Pengirim surat ini adalah Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan 

 

5. “Gladi Bersih dan Pelaksanaan Upacara Bendera pada Peringatan HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019”. Surat ini bertujuan kepada Kepala Biro Tata Usaha.

 

6. “Permohonan Audiensi kepada Menteri Sekretaris Negara Guna Menyampaikan Pandangan dan Ggaasan Mengenai Pembentukan Badan Pemasyarakatan dan Badan Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah”. Dalam item ini Bjorka menulis salah sebuah kata gagasan menjadi Ggaasan. Surat ini melampirkan nomor 1376/S.Sesmen/07/2019, surat ini diunggah Bjorka dengan pengirim Sekretaris Kementrian Sekretaris Negara.

 

7.“Penjemput Inspektur Upacara Peringatan HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2019 di Lingkungan Kementrian Sekretaris Negara dan Sekretarian Kabinet”. Surat ini bernomor surat M-65/TU/TU.00.04/07/2019. Pengirimnya adalah kepala biro tata usaha.

 

8. “Pemberhentian dari Jabatan Administrator dan Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pertama di Lingkungan Kementrian Sekretariat Negara”. Nomor surat : M-730/SDM/KP.01.02/07/2019. Pengirim surat ini Kepala Biro Sumber Daya Manusia

 

9. “Penunjukan Plh.Deputi Hukum dan PUU Tanggal 2 s.d 9 Agustus 2019 a.n HS, S.H., M.H.’, nomor surat 1776/M.Sesmen/08/2019. Pengirim surat ini adalah Sekretaris Kementrian Sekretariat Negara . (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: