FKIP UNJA Kembali Pertahankan Sertifikasi ISO Selama 5 Tahun Berturut

FKIP UNJA Kembali Pertahankan Sertifikasi ISO Selama 5 Tahun Berturut

Foto bersama usai proses audit resertifikasi ISO--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi dinyatakan resmi mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 setelah melaksanakan proses resertifikasi pada tanggal 30 – 31 Agustus 2022 di Gedung FKIP UNJA Mendalo.

Pelaksanaan resertifikasi ISO tersebut merupakan resertifikasi yang kedua kalinya semenjak FKIP pertama kali mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 pada tahun 2017 yang berlanjut dengan resertifikasi pertama pada tahun 2019 dengan Badan Sertifikasi ISO memberikan rekomendasi FKIP UNJA untuk menggunakan ISO kembali dengan upgrading ke ISO 9001:2015.


Pelaksanaan audit dan FKIP UNJA berhasil mempertahankan ISO 9001:2015--

Resertifikasi ISO FKIP UNJA kali ini mencakup bidang layanan Akademik, Kemahasiswaan,  Kepegawaian, Keuangan, UBMN, Laboratorium Komputer, serta Perpustakaan. Sesuai dengan hasil kesimpulan audit yang disampaikan oleh Lead Auditor KBS Certification Indonesia, FKIP UNJA berhasil mempertahankan sertifikat ISO untuk seluruh bidang layanan tersebut.

Sertifikasi ISO 9001:2015 sendiri merupakan suatu standar bertaraf internasional untuk Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu, atau bisa disebut juga sebagai Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas. Sertifikasi ini menetapkan berbagai persyaratan, pedoman, dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu Serifikasi Manajemen Kualitas. Tujuan dari sertifikasi ini untuk menjamin produk atau jasa yang dihasilkkan suatu perusahaan/instansi memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia yaitu, ISO.


Salah satu bidang yang dinilai saat proses resertifikasi ISO FKIP UNJA--

Ketika FKIP UNJA telah berhasil lulus audit dan mempertahankan ISO 9001:2015, artinya FKIP UNJA telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan secara internasional. Hal tersebut dapat membuat terpenuhinya kebutuhan mahasiswa dan civitas academica secara spesifik, yaitu dimana FKIP bertanggung jawab atas jaminan kualitas layanan-layanan yang diberikan.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi FKIP UNJA, Delita Sartika, S.S., MA., Ph.D., menyampaikan rasa syukurnya dengan dipertahankannya sertifikasi ISO dan berharap untuk memperluasnya ke laboratorium FKIP berdasarkan arahan auditor. 

“Alhamdulillah sertifikat ISO berhasil dipertahankan, ada beberapa temuan minor yang direkomendasikan untuk ditindak lanjut untuk perbaikan berkelanjutan. Kami juga sepakat untuk memperluas cakupan sertifikasi di tahun mendatang ke Laboratorium Pembelajaran dan Program Studi, terutama mengingat dengan kebijakan Merdeka Belajar pendidikan tinggi saat ini layanan pembelajaran mahasiswa makin variatif dan luas sehingga dibutuhkan pengendalian mutu lebih baik,” ujar beliau. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: