Piranti Saji Sebagai Identitas Budaya Jambi

Piranti Saji Sebagai Identitas Budaya Jambi

Pengguntingan pita, sebagai simbol peresmian pameran Piranti Saji--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Siginjei Jambi mengadakan kegiatan pameran khusus Piranti Saji, dengan mengusung tema ‘Kaji dan Lestarikan Nilai-Nilai Tradisi Masyarakat Jambi. Kegiatan tersebut berlangsun dari tanggal 22 – 31 Agustus 2022. Dimana saat pembukaan kegiatan itu berlangsung di Auditorium Museum Siginjei Jambi, Senin (22/8) pagi dan diresmikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Arif Budiman.


Foto bersama--

Arif Budiman mengatakan, dengan adanya pameran Piranti Saji ini masyarakat dapat memahami tentang makanan tradisional dan bagaimana cara penyajiannya sesuai dengan adat istiadat kita dahulu. Generasi penerus tidak boleh melupakan sejarah, karena itu menjadi bagian terpenting dalam perkembangan dunia saat ini. “Kita berharap dengan pameran Peranti Saji yang digagas oleh Museum Siginjei Jambi mampu memberikan pemahaman pada masyarakat dan pemangku kebijakan, bahwa Jambi memiliki tradisi adat, tentang bagaimana menyiapkan makanan untuk rakyat dan kaum bangsawan, atau raja sehari,” katanya.

Pameran ini dimaksudkan untuk memberitahukan makna Jambi yang memiliki kisah sendiri dalam menyiapkan dan menyajikan makanan dengan piranti saji. Maka dari itu, diundanglah sekolah baik itu SD, SLTP untuk berkunjung ke Museum Siginjei selama berlangsungnya pameran.

Kepala Museum Siginjei Jambi, Ervin Aprianti, menambahakan dilaksanakan pameran Piranti Saji yang berlangsun di ruang Temporer Museum Siginjei ini untuk mengenalkan pada anak-anak muda bahwa Piranti Saji merupakan aset daerah dan juga budaya. Pihaknya ingin mengenalkan aneka alat-alat untuk menyajikan makanan secara tradisional agar tidak punah ditengah masyarakat. “Kegiatan pameran Piranti Saji juga akan disingkronkan dengan kegiatan Dekranas Provinsi Jambi untuk kegiatan ditingkat nasional,” imbuhnya.

Hadir saat pembukaan kegiatan pameran Piranti Saji ini yaitu, Kadis Perindag Provinsi Jambi (Kemas Muhammad Fuad), pejabat eselon III dan IV di lingkup Disbudpar Provinsi Jambi, pelajar tingkat SD dan SMP, dan Mahasiswa. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: