Dikonsep Seperti TMII, Eks Arena MTQ Dijadikan Objek Wisata

Dikonsep Seperti TMII, Eks Arena MTQ Dijadikan Objek Wisata

TAK TERURUS: Terlihat bangunan yang ada di kawasan eks arena MTQ tidak terurus. Pemprov berencana menjadikan lokasi ini jadi objek wisata.--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pemerintah Provinsi Jambi memastikan akan membuat eks Arena MTQ di kawasan Jalan Pintu IV Lorong Swadaya, Kota Jambi menjadi lokasi objek wisata. Nantinya juga akan ada Islamic Center hingga venue Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH) pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Arif Budiman menjelaskan bahwa nantinya pihaknya akan fokus pada perbaikan rumah-rumah adat yang ada di kawasan eks Arena MTQ tersebut.

"Untuk rumah adat masing-masing Kabupaten/Kota diminta untuk direhab dan Kabupaten/Kota belum memiliki rumah adat kiranya dapat menganggarkan untuk pembangunan di eks Arena MTQ, dimana pemerintah provinsi akan menyiapkan tanah sebagai lokasi pembangunannya," ujar Arif (11/8).

Untuk pengelolaan nantinya akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jambi dengan Kabupaten/Kota juga menempatkan perwakilan untuk mengelola kawasan tersebut.

"Konsepnya nanti akan seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimana dijadikan objek wisata sekaligus pengenalan budaya Jambi melalui bangunan rumah adat dan yang lainnya," tambahnya.

Saat ini ada lima Kabupaten yang belum membangun rumah adat di kawasan tersebut yakni Kabupaten Sarolangun, Muaro Jambi, Tanjabtimur, Sungai Penuh dan Kabupaten Tebo.

"Bagi daerah yang belum punya rumah adat di kawasan tersebut agar dapat menyediakan anggaran pembangunannya, dan yang sudah ada agar dapat melakukan perbaikan karena asetnya milik mereka," ungkapnya.

Diharapkan tahun depan, dengan terealisasinya kawasan baru ini dapat meningkatkan kunjungan ke Jambi dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pantauan di lokasi, rumah adat Kabupaten/Kota tampak tak terurus. Rumah adat juga tampak pintunya tertutup. Hanya anjungan rumah adat Provinsi Jambi yang berada di sebelah samping bangunan utama yang tampak terbuka dan dipenuhi pengunjung ibu-ibu komunitas berkumpul.(aba/mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: