6.425 Mahasiswa UNJA Ikuti PKKMB Tahun 2022

6.425 Mahasiswa UNJA Ikuti PKKMB Tahun 2022

6.425 Mahasiswa UNJA Ikuti PKKMB Tahun 2022--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., Rektor Universitas Jambi, Prof Drs. Sutrisno, M.Sc. Ph.D., Wakil Rektor, Dekan, Kepala Biro, dan Kepala Bagian yang ada di lingkungan UNJA, berlangsung di Gedung Balairung Kampus Pinang Masak UNJA Mendalo, Selasa (9/08/2022).

 

Pada kegiatan PKKMB UNJA Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 6.425 mahasiswa baru dari 7 fakultas yang berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 9 - 10 Agustus 2022.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H., memberikan orasi semangat kepada para mahasiswa baru UNJA serta menyampaikan harapannya untuk UNJA semoga ke depannya menjadi semakin maju. “Saya dengan Pak Rektor dan WR3 hari ini hadir di sini untuk memberikan semangat kepada anak kita yang hari ini akan mulai masuk ke perguruan tinggi. Tentu kita bangga sekali karena ribuan mahasiswa pada hari ini masuk ke kampus yang kita banggakan, sebut Gubernur.

 

Harapannya semakin banyak jurusan dan prodi si UNJA, sehingga memberikan peluang pada anak-anak Jambi dan seluruh Indonesia untuk kuliah di UNJA. Ke depannya tentu akan semakin banyak lagi orang berminat untuk kuliah di Jambi, selagi sarana dan prasarananya tersedia dengan baik. "Saya mendukung PKK ini, serta sepakat untuk memberikan hibah tanah dan bangunan, yang tujuannya untuk memperkuat perkembangan UNJA ke depannya menjadi perguruan tinggi semakin maju,” jelas Gubernur.

 

Rektor Universitas Jambi, Prof Drs. Sutrisno, M.Sc. Ph.D., berpesan kepada mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Pengenalan kehidupan kampus adalah langkah awal agar bisa merubah cara berpikir. Mahasiswa harus dapat mengaktualisasi cara berpikir, bekerja, dan belajar. "Platform UNJA yang diusung adalah Universitas Jambi SMART atau UNJA SMART. Kita ingin mencetak masa depan yang mahasiswanya diharapkan lebih baik lagi, sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai dengan baik,” ujar Rektor.

 

Adapun rincian jumlah mahasiswa yang mengikuti PKKMB yaitu dari FKIK sebanyak 629, FH sebanyak 635, Fakultas Peternakan sebanyak 363, Fakultas Pertanian 920, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1.031, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1.914. Mereka semua berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, yang paling banyak tentu dari Provinsi Jambi sebanyak 80%, Sumatra Utara sebanyak 9%, Sumatra Selatan 5%, Sumatra Barat 3,7%, Riau 2,4% lalu dari Nangroe Aceh Darusalam 9 orang.

 

PKK tahun 2022 dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan pertama adalah untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat. Kedua, untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan serta mewujudkan kampus yang ramah dan sehat membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sistem dan sikap intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: