Mandi Air Hangat Bikin Perasaan Jadi Bahagia

Mandi Air Hangat Bikin Perasaan Jadi Bahagia

Dr M Berian Rachmanadi, praktisi kesehatan mengatakan, dengan mandi air hangat seseorang bisa merasakan banyak manfaat.

 

Selain melancarkan peredaran darah, mandi air hangat bisa menimbulkan rasa nyaman dan membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

 

Kenapa? karena saat mandi air hangat, tubuh manusia akan mengeluarkan hormon endorfin.

Endorfin merupakan zat kimia yang secara alami  bisa dihasilkan oleh tubuh manusia. Hormon ini memiliki peranan penting sebagai penghilang rasa sakit alami dan hormon ini bisa menimbulkan perasaan senang pada seseorang. 

 

Hormon endorfin bermanfaat memberikan energi positif pada pikiran seseorang. Menurut Alodokter.com, Endorfin mempunyai banyak fungsi penting, baik bagi kesehatan jasmani maupun emosi seseorang.  Berikut beberapa fungsi endorfin dalam tubuh : 

-Bisa mengurangi rasa sakit dan perasaan tidak nyaman

-Mampu meningkatkan suasana hati seseorang

-Menaikkan rasa percaya diri

-Menekan stres, depresi dan rasa cemas yang berlebihan

-Baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

-Mensupport memori dan fungsi kognitif seseorang

-Bisa melepaskan hormon seksual 

-Meningkatkan selera atau nafsu makan

-Baik untuk meredakan peradangan

 

Salah satu cara sederhana untuk menghasilkan hormon endorfin adalah dengan mandi air hangat. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mandi air hangat. 

 

  1. Waktu yang tepat

Ketika mandi air hangat tidak dianjurkan berlama-lama, jika bisanya mandi anda adalah 20 menit, maka saat mandi air hangat cukup 10 menit saja. Selain bisa menyebabkan kulit kering, mandi air hangat terlalu lama juga bisa membuat kulit berkerut. 

 

  1. Gunakan sabun yang mengandung pelembab

Mandi Air hangat rawan pada kulit, bisa membuat kulit jadi kering. Jadi dianjurkan menggunakan sabun yang mengandung pelembab agar bisa menjaga stabilits kondisi kulit agar tidak iritasi dan kering. 

 

  1. Teteskan Minyak Zaitun atau Baby Oil

Jika anda berencana berendam dengan air panas, teteskan minyak zaitun ke dalam kolam bath anda atau bisa juga diganti dengan baby oil. Mencampur air mandi dengan minyak ini bisa mengurangi kulit dari kekeringan. Jika ingin hasil maksimal, oleskan ke seluruh tubuh sebelum berendam. 

 

  1. Jangan Berendam Terlalu Lama

Sekedar mandi air hangat maupun berendam, sama-sama dianjurkan tidak lama. Cukup 10 hingga 15 menit untuk mengurangi resiko kekeringan pada kulit, Walaupun sudah dioleh minyak, berendam terlalu lama tidak dianjurkan. 

 

  1. Perhatikan Suhu

Mandi air hangat, bukan mandi air panas. Jadi perhatikan suhu air saat akan menyiram atau merendam tubuh. Air yang terlalu panas bisa membuat kulit rusak fatal dan bisa mengakibatkan dehidrasi. Dianjurkan mandi dengan air suhu yang pantas untuk tubuh, dan menimbulkan rasa nyaman bukan rasa tersiksa. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: