Ciptakan Pembina Yang Kredibel Melalui KMD-G

Ciptakan Pembina Yang Kredibel Melalui KMD-G

2. Foto Bersama Penutupan KMD-G--

 

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UKM Gerakan Pramuka Racana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menutup rangkaian kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD-G) di Buper Raudhah At-Thalabah Kampus II UIN SSD, Rabu (3/8).

 

Kegiatan diisi dengan pembekalan baik materi maupun praktek kepada calon pembina pramuka untuk golongan penggalang dengan diikuti 18 orang peserta yang berasal dari anggota Pramuka UIN Jambi, utusan cabang dari Mojokerto, Kwartir Cabang Kerinci, Kwartir Cabang Merangin, Kwartir Cabang Muaro Jambi dan Perwakilan Guru Nurul Ilmi Jambi.

 

Kak Mislan selaku ketua panitia melaporkan kegiatan KMD memiliki visi “Menciptakan Pembina Yang Kredibel” yang artinya Pembina yang telah mengikuti kursus ini menjadi pembina yang Kreatif, Disiplin, Bertanggung Jawab dan Loyalitas. Semua peserta yang mengikuti pelatihan KMD pada tahun ini dinyatakan lulus dengan peringkat tertinggi diraih oleh M. Ainur Rahman, Abdurrazak dan Mustafa.

 

“Setelah kelulusan ini para peserta diwajibkan melaksanakan narakarya dasar yaitu mempraktekkan ilmu keterampilan selama mengikuti kursus ini selama 6 bulan di gugus depan di tempat tinggal masing-masing”, jelasnya.

 

Dr. H.A. Munir, Kepala Biro AAKK mewakili Rektor UIN mengapresiasi para peserta yang tetap semangat di tengah cuaca yang kurang bersahabat dalam mengikuti kursus pembina ini. Atas nama Ka Mabigus ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi sedalam-dalamnya kepada pelatih, panitia dan jajaran yang telah bekerja keras dengan tekun sehingga pelaksanaan KMD tahun 2022 kali ini berjalan lancar.

 

Melalui KMD ia berharap para peserta dapat mengambil semua pesan-pesan positif yang didapat selama dalam proses pembinaan serta menjaga baik nama almamater kursus KMD angkatan 2022 sebagai institusi penyelenggara.

 

“Saya yakin dan percaya bahwa pramuka mampu mencetak calon-calon pemimpin masa depan”, ucap Munir.

 

Karena selama ini pramuka menjadi wadah andalan dalam menciptakan pemimpin masa depan dengan mendidik pramuka untuk memiliki skill-skill yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti pengelolaan manajemen yang baik, peduli dengan lingkungan sekitar dan lainnya, jelasnya.

 

Diakhir penutupan KMD-G Dr. Munir menyerahkan hadiah kepada para peserta perorangan dan regu yang berhasil meraih nilai tertinggi selama mengikuti Kursus Mahir Dasar. (uci/*)

 

Sumber: