Membaik Memburuk

Membaik Memburuk

--

Oleh: Dahlan Iskan

Selasa, 02 Agustus 2022

 

UMIRNYI sudah 82 tahun tapi masih mampu bikin panas-dingin dunia: Nancy Pelosi. Ketua DPR Amerika Serikat itu sudah tiba di Singapura. Kemarin. Sudah bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Singapura memang partner terbaik Amerika di Asia Tenggara. Punya hubungan perdagangan bebas.

Dari Singapura Pelosi akan mampir ke Malaysia, tapi tidak Indonesia. Setelah hari ini di Kuala Lumpur jadwal Pelosi berikutnya penuh misteri. Maunyi ke Taiwan. Tidak. Pergi. Tidak. Ke sana. Mampir satu malam. Tidak. Penuh rahasia.

Amerika sudah mulai mengerahkan angkatan perang. Mereka bergerak ke dekat Taiwan. Termasuk kapal induknya.

Amerika juga terus memonitor pergerakan tentara Tiongkok. Berikut armada dan persenjataannya. Tiongkok juga terus memonitor pergerakan armada perang Amerika.

Tiongkok memang geram pada rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan itu. Berbagai peringatan sudah dinyatakan. Termasuk ketika Presiden Xi Jinping berbicara lewat telepon dengan Presiden Joe Biden. Selama dua jam lebih. Dua hari lalu.

Tapi pun seorang presiden tidak bisa mengintervensi acara Ketua DPR Nancy Pelosi. Yang bisa dilakukan presiden adalah menjaga keamanan Pelosi. Terutama dari ancaman Tiongkok.

Pelosi pribadi tentu ingin bikin sejarah besar: menjadi pejabat tertinggi pertama yang menginjakkan kaki ke Taiwan. Setidaknya selama 25 tahun terakhir. Alasannyi: untuk memberi dukungan pada gerakan demokrasi di Taiwan.

Sejak muda Pelosi memang sudah anti Tiongkok. Ideologis. Tiongkok dianggap komunis, otoriter dan musuh demokrasi. Dia terus mendukung demo besar Tiananmen. Juga mendukung gerakan pro-demokrasi di Hongkong. Dia juga mendukung dan menemui Dalai Lama, simbol perlawanan Tibet ke Tiongkok.

Dari sikap dasarnyi itu bisa jadi Pelosi ngotot ke Taiwan. Detik terakhir baru dia putuskan. Ya. Atau tidak. Maka hari ini adalah hari yang paling mendebarkan: putusan apa yang diambil Pelosi di detik terakhirnyi.

Tidak ada alasan bagi Pelosi untuk batal ke Taiwan. Takut pada ancaman Tiongkok sangatlah memalukan. Juga bisa membuat rakyat AS terhina.

Tentu ada alasan guyon yang bisa dipakai. Seperti yang ditemukan pembaca Disway kemarin: Pelosi belum menjalani booster ke-4.

Tapi Pelosi bukan pelawak. Yang penting semoga hari ini kabar di Taiwan baik-baik saja. Semoga hari ini bisa lewat tanpa insiden apa pun di sana.

Maka lebih baik kita cari hiburan ke Ukraina. Senin kemarin kapal besar pertama berhasil meninggalkan pelabuhan Odesa. Kapal itu membawa jagung sebanyak 26.000 ton. Nama kapalnya Razoni. Berbendera Sierra Leone, Afrika Barat.

Setelah lepas dari pelabuhan terbesar Ukraina itu Razoni mengarungi Laut Hitam menuju pelabuhan Istanbul, Turki. Di Istanbul kapal diperiksa secara saksama. Yang memeriksa adalah petugas Turki. Turki-lah yang menjamin keamanan kapal itu, termasuk menjamin kebenaran isinya.

Dari Turki kapal Razoni akan memasuki Laut Marmara menuju pelabuhan Lebanon. Itulah kapal pertama berisi bahan pangan. Yang akan disusul dengan kapal-kapal berikutnya berisi gandum, minyak goreng bunga matahari dan kedelai. Turki ternyata bisa menjadi negara yang meredakan krisis pangan dunia.

Begitulah dunia. Membaik di sini memburuk di sana. (*)

 

Komentar Pilihan Disway*

Edisi 1 Agustus 2022: Perjalanan Ide

 

thamrindahlan

Kata kunci ragu.. Posisi keraguan konsumen di tengara i solusi menghilangkan resiko rugi. Sewa merupakan solusi paling tepat. Coba coba dulu kalau nyaman baru putuskan beli mobil listrik. Mr. Painters cerdas setelah jatuh bangun di kancah bisnis mobil listrik. Tangguh. Anda sudah tahu BUMN menggunakan strategi sewa mobil (bensin) plus sopir untuk para pejabat. Cost lebih murah ketimbang beli mobil baru yang mahal minta ampun karena mark up dan biaya perawatan Tampaknya bisnis ini akan menular atau menjalar di negara lain. Kiat bisnis sewa menyewa melawan ragu tak pula cocok untuk bidang sosial seperti perkawinan (nikah kontrak?) hahaha. Have a nice monday. Salamsalaman.

 

bagus aryo sutikno

Persewaan yg lagi trend adalah sewa tubuh mulus gadis untuk pajangan baju. Di YouTube, trend ini menghebat. Biasanya penjual baju mendemokan baju pake manekin. Tapi sekarang, malah pake tubuh real. Penjual melepas pasang tuch baju di depan camera. Jualan baju dengan viewer yg ora umuumm. Aneh2 wae bisnis persewaan. Atau logaritma YouTube saya yg rada2 sedeng yaa. Kwkwkwkw

 

Muin TV

Di Riau ada pabrik bubur kertas besar, RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Untuk menghemat biaya listrik, dia tidak pakai solar cell. tapi pakai listrik batu bara. Ternyata solar cell pun masih kalah sama batu bara.

 

Sapardi ST

Membaca Disway Pagi ini , semakin terganggu dengan iklan BH, yang sudah dihapus dengan komen, "Iklan tidak pantas" masih juga muncul lagi dengan iklan yang sama... Sampai tiga kali dengan komen yang sama, baru gak muncul lagi, apalagi iklan coronavirus itu yang susah dihapusnya... jadi kesimpulannya... membaca disway itu hanya 30% fokus ke tulisan abah... mohon maaf ya bah... walaupun begitu tetep saya selesaikan, karena media yang lain menurut saya sudah malas mengikuti..

 

rihlatul ulfa

maaf telat baru baca artikel sabtu dan minggu. untuk kasus sheren vs julianto,mungkin dari segi jurnalistik sangat sulit untuk di percaya kebenaran dari sisi sheren,yang pengakuannya pelecehan seksual itu di alaminya 9 tahun lalu, sedangkan di waktu yg bersamaan sheren mempunyai pacar,yg lama waktunya juga hampir sama dengan rentang waktu dugaan pelecehan seksual yg di alaminya. dari sisi logis,semua kemungkinan bisa saja terjadi. 1.sheren ternyata mempunyai pacar dengan waktu berpacaran yg cukup lama,kita tidak tahu apa yg sudah di lakukan ke dua pasangan itu 2.sheren mengaku di lecehkan dari tahun 2009. 3.apakah sheren mempunyai bukti2 otentik? chat sms, rekaman suara,video yg di ambil diam-diam. atau langsung saja lihat nomor telepon yg ia pakai di rentang tahun2 itu,apakah ada banyak nomor julianto yg mengindikasi kan,kalau memang mereka seperti mempunyai hubungan khusus. ini bukan tentang masalah selalu perempuan di salahkan dalam setiap kasus pelecehan seksual,tapi harusnya sheren wajib mempunyai bukti2 yg meyakinkan jika memang pelecehan seksual itu dilakukan dalam rentang waktu yg lumayan cukup lama. melihat sheren bisa dengan mudah berpindah agama, mungkin bisa juga mengindikasi dia jadi lebih mudah untuk di suap untuk membuat nama julianto lenyap. maaf abah,saya tidak bisa berkomentar tentang artikel pagi ini tentang mobil listrik,bukan tidak menarik,tapi pasti komentar saya kalah dengan komentator2 harian Disway lain yg jago2 banget hehehe

 

Lukman bin Saleh

Membaca kisah2 org sukses rasanya selalu ada kesamaan. Orgnya pekerja keras, menderita, d cela, d pojokkan, pantang menyerah, tahan banting, gagal berkali2, jatuh bangun, dan seterusnya. Mengingat itu. Rasanya sy msh jauh untuk bisa sukses. Krn msh bnyak hal2 d atas yg blm saya lakukan dan rasakan. Untuk saat ini. Sy baru bisa mengagumi dan berterimakasih kpd orang2 sukses...

 

Liam Then

Hitungan rahasinya ada di ujung tulisan. IPO. Orang barat luar biasa pintar, segala text book, teori , pegangan, disebar dan di ajarkan. Nanti kan banyak yang merasa pintar. Terjun dewe'an, tak perlu di sorong-sorong. Firma kapital swasta luar biasa raksasa. Sedikit gerakan saja bisa memicu gelombang. Bikin kapal besar kecil pontang panting terombang ambing. Yang tak beruntung ya karam, bersama isi-isi harapan, prediksi yang dibawa.

 

Jimmy Marta

Iseng2 tak coba hitung bisnis tuan painter dg autonomy nya itu. Sewa mobil 8jt/bulan. 96jt/ th. Dalam 5 tahun 480 juta. Jika ditambah biaya admin, pemeliharaan dll, boleh kt asumsikan jadi 600 jt/5 th. Kenapa lima tahun? Ya, biasanya para bisnismen menghitung break even poin jangkanya 5 tahun. Di us tesla dibandrol 900 jutaan. Sekarang anda bisa pilih. Mau ikut ame rika atau ame kita. Jadi pengusaha rental tesla disana. Atau avanza disini. Hihihi...

 

zainul kholid

Saya ingin komentar. Saya suka baca disway, kalau dikantor, hitung2 menyegarkan pikiran dengan info yang aneh aneh. Tapi kok setiap buka disway, selalu disuguhi iklan can... cut, beeee haaa. kalau cuma caan cuut dan bee haa mungkin masih mending... lha ini ada ceweknya juga. Opo disway sik kurang duit , sehingga harus terima iklan kayak gini.... cuma curhat

 

Johannes Kitono

Suatu kesempatan pernah ngopi bareng dengan budayawan Moh Sobari. Yang terkenal dengan esai puitik " Kang Sejo Melihat Tuhan " dan Tukang Bubur Naik Haji. Atas pertanyaan kenapa bangsa Barat relatip lebih maju dari bangsa Timur. Jawabannya,waktu kecil anak anak bangsa Barat sudah kena virus petualangan. Mereka berfantasi sesudah membaca karangan fiksi ilmiah Jules Verne ( 1828-1925 ) misalnya " Dari Bumi ke Bulan ( 1870 ) " dan terbukti pada tahun 1969 sesudah 100 tahun kemudian Apollo bersama Neil Amstrong pertama kali mendarat disana. Begitu juga dengan Karl May ( 1824 - 1912 ) pengarang Winnetou Kepala Apache, padahal tinggalnya di Jerman dan tidak pernah melancong ke wilayah suku Apache di Amerika. Kata orang, umumnya seorang penulis bisa mendapatkan ide kalau banyak membaca dan berfantasi. Apalagi ketika melihat model cantik pakai bikini. " Itu makhluk cantik ciptaan Tuhan yang indah bagi mata, kelamaan lihat takut dosa, pikiran jadi kemana mana ", kata seorang ustad top dengan kocaknya. Now fakta dengan majunya ekonomi China, perlu dikaji apakah ilmuwan China juga mempelajari buku " Perjalanan ke Barat ". Dengan tokoh utamanya Sun Go Kong, si monyet dengan tongkat sakti yang mempunyai 72 kreativitas. Konon, itu merupakan buku wajib bagi CEO di Jepang. Semoga dengan sering membaca Disway kita juga bisa ide, bagaimana caranya mendamaikan dunia yang selalu bergejolak ini.

 

Er Gham

Mau coba mobil listrik? Ada taxi blue bird ev atau trans jakarta ev. Motor listrik ada. Sepeda listrik juga ada. Waktu kecil, di taman ria, saya naik bom bom car yang bertenaga listrik. Ada tongkat di belakang mobilnya yang nempel ke kawat listrik di atasnya. Luar biasa teknologi saat itu. Elon Musk pasti juga kagum.

 

Jimmy Marta

Jgn khawatir, sebentar lg ada Hp canggih yg bisa menjadikan suara indah. Misal ada sales yg nelpon, yg nerima langsung meleleh...xixi

 

yea aina

Bungkus lebih penting daripada isi, karena pakai dompet mahal tapi isinya habis dibakar berkali-kali. Hampir mirip kamera hp berteknologi jaman now, yang membuat "lebih indah" dari gambar aslinya. Sebetulnya cuma 1i bisa nampak 5i, yang 4i didapat dari bakar uang, beli hp yang berkamera jahat. Jaman medsos serba kesusu, yang penting tampak indah (prospek cuan), bakar uang sebagai daya tarik awalnya, berikutnya anda sudah tahu.

 

doni wj

Peristiwanya bisa sama, tapi bisa berbeda pemaknaannya. Apel atau benda jatuh sudah terjadi sejak bumi tercipta. Dialami semua orang. Namun Newton memandangnya berbeda, dan menemukan hukum gravitasi. Sama-sama bermobil dan menghabiskan banyak BBM. Pak Painter memaknainya sebagai peluang untuk membuka rental mobil listrik. Seorang begawan jurnalisme mengeluhkannya, lalu menuliskannya dalam sebuah catatan harian. Aih yakinlah, iklan yang membanjiri catatan harian itu lebih dari cukup untuk mengganti biaya yang dikeluarkan. Yang lain barangkali melihat peluang untuk membuka usaha Pertamini, alias jual bensin eceran. Atau malah jual es teh karena orang yang sedang emosi karena nyasar pastilah jadi panas hati dan badannya. Yang paling rugi kalau sesudah menjumpai pengalaman namun merasa tidak mendapatkan apa-apa. Sesungguhnya dibalik segala sesuatu tersembunyi hikmah

 

Liam Then

Beli HP baru ,tak tes ke istri kameranya. Ujungnya, terjadilah akuisisi. Nasib ..nasib...

 

Dodik Wiratmojo

Abah, misal tesla dibawa ke puncak/mudik, macet 10jam,mobil ga jalan tapi ac nyala terus, batreinya habis ga ya? :) :) :)

 

Jimmy Marta

Herannya saya sama dg abah. Autonomy kok masuk kelompok perusahaan teknologi. Apa karena mobil rentalnya berteknogi tinggi. Atau proses persewaannya pakai aplikasi. Itu kan hanya mekaisme. Usahanya ya sewa menyewa mobil. Tentu ini masuk kelompok jasa otomotif. Minjam uang ke bank jg begitu. Prosesnya serba online. Register dan login via aplikasi bank bersangkutan. Kan gk mungkin bank nya jd perusahaan kelompok teknologi...hihihi.... Tapi sy gk tahu, dan abah jg gk ngasih tahu. Apa autonomy ini aplikasi punya banyak fitur. Rental itu hanya salahsatunya sj. Mungkin disitu marketplace jga. Fooder, pinjol, judjol atau ol ol ada juga... haha.

 

Liam Then

Iklan porno kayaknya bukan salah Disway. Hehehe. Coba kurangi klik berita-berita perselingkuhan, atau kurangi membaca hal-hal yang berhubungan dengan daerah sejengkal dibawah pusar. Perbanyak browsing tentang kapal pesiar, pesawat terbang pribadi,resort liburan ternama, jam termahal, stick golf terbagus. Iklannya pasti berubah. Saya gak tau apakah Disway bisa mendaftar hitamkan pihak pengiklan ke Google. Harusnya laporan ke kominfo, jika pengiklan pakai konten iklan tak sopan dan menyesatkan. Web mereka bisa di blacklist di block oleh kominfo. Mungkin bisa juga dengan laporan ke kepolisian,kalau memang merasa serius dan terganggu. Web-web iklan dengan produk seperti gituan, ijin dan sumber produknya kebanyakan banyak yang meragukan.

 

Udin Salemo

ya, pasti mypertamina. ketika perusahaan minyak negara jiran untung beratus triliun rupiah, pertamina hanya untung belasan triliun rupiah. hanya 9,4% dari untung perusahaan minyak negara jiran. ceo dan komisaris petronas mungkin ketawa ngakak melihatnya. katanya komisaris anu hebat. yaaa...ampuuun. saya selalu percaya bila orang bukan ahlinya diberi jabatan yang buka core-nya siap melihat hasil mengecewakan.

 

Liam Then

Ada cerita ,nun jauh di sana. Tentang app dahsyat suatu perusahaan, yang berkomisaris ternama ,yang terkenal galak, dan di idolakan banyak orang. Yang di tunjuk langsung, yang tantiem dan gajinya mulai dari komisaris ,direktur utama, wadirut,deputi,wah wah jumlahnya. Tak mampu membendung app bikin susah untuk di luncurkan. Bikin app seperti itu tentu mahal, apalagi yang tersistem secara nasional, terhubung dengan jaringan keuangan perbankan ,data masyarakat dan sebagainya. Aduh betapa borosnya. Jika app nya tak berguna. Dari segi keuangan perusahaan, energi dan biaya yang dihabiskan oleh masyarakat secara total. Jika kita jongkok atau duduk terlalu lama, biasanya ada fenomena kebas, tidak bisa merasakan apa-apa. Di tuwil-tuwil dan di cubit biasanya juga gak bakal terasa sakit atau geli. Fenomena kebas ini, tidak berlaku di bawah sana, kepada mereka yang pontang-panting. Keuangannya genting. Sehingga terpaksa ngantri bbm subsidi. Pontang panting, demi anak istri. Mereka tak sadar. Mereka sangat berharga. Pontang -panting mereka ,juga penggerak utama ekonomi negara, yang ditopang sektor konsumsi. Konsumen sekaligus kontributor ekonomi negara yang pontang-panting itu, jangankan mikir buka rekening di Singapur. Cek isi rekening sendiri di ATM saja malas dan bikin trauma. Mereka sekarang harus beli kuota, download app, yang tak tau gunanya nanti apa. App sudah terbeli. Sudah dieksekusi. Diatas kebas duduk Dibawah pontang panting App developer .......(tolong diisi )

 

Otong Sutisna

Ampun gustiiii....na hirup kieu-kieu teuing, boga mobil bensin pusing sakedeung deui dicaram nginum bbm subsidi, hayang meuli mobil listrik dicaram ku pamajikan da euweuh duitna

 

Harun Sohar

Duh Gusti enaknya jualan ide bisa dilanjut dengan bakar duit. Pun jumlahnya bisa ratusan milyar. Tak pelak yang punya platform seperti itu bisa kaya raya, seperti pak menteri anu yang anda sudah tahu. Tapi Gusti, betapa beratnya rakyat Indonesia yang pinjam uang di bank. Bila punya kredit macet harus menanggung resiko berhadapan dengan pihak ketiga. Ini bukan kasus kartu kredit lho. Tapi kredit di suatu bank resmi bahkan milik negara. Mungkin anda belum tahu bila pasal 613 KUH Perdata yang berbicara tentang Cessie itu sangat memberatkan debitur (nasabah). Bank (kreditur) dengan entengnya melempar masalah kredit macet dengan "menjual" kepada pihak ketiga. Yang selanjutnya anda sudah tahu apa yang akan dilakukan oleh pihak ketiga ini. Jadi, mohon hati-hati ya pembaca Disway yang budiman, berpikirlah sekian kali sebelum pinjam uang di bank. Pasal 613 KUH Perdata menunggu anda.

 

petteng calemot

Pilihan yg betul-betul rasional itu memang hampir tidak ada. Apalagi pilihannya banyak. Pada akhirnya emosi yang akan menentukan, baru logika dipakai sebagai pembenarannya. Kalau benar-benar dihitung logika, bisa keburu mati seperti cerita klasik tentang keledai lapar oleh filsuf Jean Buridan dari abad 14

 

edi hartono

Iklan disway penyebar dosa? Judulnya diakhiri tanda tanya, meniru para wartawan yg mengarahkan pembaca tetapi tidak berani full tanggung jawab. Kalua ditanya, jawaban mereka: kan tanda tanya, wkwkkw. Berikut iklan Disway itu: "Gadis itu sudah tidak pakai baju. Hanya kain tipis penyangga payudara dan penutup selangkangannya saja. Kulitnya putih. Rambutnya panjang terurai. Tatapan matanya menusuk sampai rongga dada. Seperti mengajak kita untuk..." (lanjutkan sendiri, wkwk)

 

*) Diambil dari komentar pembaca http://disway.id

 

Sumber: