UIN SUTHA Terus Dukung Prestasi Mahasiswa

UIN SUTHA Terus Dukung Prestasi Mahasiswa

UIN SUTHA Terus Dukung Prestasi Mahasiswa--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDUIN SUTHA Jambi terus berupaya mendukung berbagai kegiatan mahasiswa dalam mengembangkan diri, baik dalam bidang minat, bakat, penalaran, sosial, serta kerohanian. Dimana salah satu upaya dilakukan adalah dengan meningkatkan fasilitas dan supervisinya. Dukungan itu dimulai dengan pengembangan iklim kehidupan kampus melalui upaya memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan. Untuk itu, UIN STS Jambi saat ini tengah membangun berbagai fasilitas pendukung tersebut baik untuk olahraga bola voli, tenis meja, sepak bola, basket dan lainnya. 

"Kita saat ini sedang menyiapkan segala sesuatunya, dimana kita berharap UIN STS Jambi bisa menjadi tempat latihan agar mencetak calon calon olahragawan terbaik dari Provinsi Jambi khususnya mahasiswa UIN STS Jambi," jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi, MA., Ph.D.

Dijelaskannya, dengan semakin banyaknya minat dan bakat mahasiswa UIN STS Jambi dibidang olahraga, pastinya bisa menjadi nilai tambah bila mereka telah menjadi lulusan nanti, karena bukan hanya menguasai agama mereka juga menguasai ilmu umum dan olahraga. Karena dalam olahraga akan terbangun semangat sportivitas yang tinggi, tepat waktu dan taat pada aturan. Pastinya ini akan menjadi nilai tambah yang sangat baik dan dapat mendorong mereka semakin mudah diterima baik di pemerintah, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta lainnya. 

"Target kita bukan saja sebagai olahragawan dalam konteks bertanding tetapi membangun semangat sportivitas, kejujuran, kebersihan dan menghargai orang itu yang lebih penting. Sehingga lulusan UIN STS Jambi kedepannya akan menjadi ulama yang saintis dan saintis yang ulama di tambah dengan berbagai point yang mereka dapatkan dalam berolahraga," tambah Rektor UIN STS Jambi. 

 

Bukan hanya di bidang olahraga UIN STS Jambi juga memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa dalam bidang lainnya, salah satunya Pramuka. Hal ini agar dapat memacu mahasiwa agar dapat berprestasi bukan hanya di bidang akademik tetapi juga non akademik. Hal ini dilihat karena prestasi akademik dan non akademik sangat penting dalam pengembangan diri mahasiswa sehingga akan menciptakan calon calon pemimpin negara yang baik. 

Prestasi akademik adalah seluruh prestasi yang bersifat akademis. Artinya bersifat ilmiah, bersifat ilmu pengetahuan, bersifat teori tanpa arti praktis yg langsung. Akademik ini bersifat formal, salah satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni tertentu. Sedangkan Prestasi non akademik biasa disebut dengan kegiatan ekstrakulikuler atau organisasi. Kegiatan ini ditujukan agar mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang dan melatih mereka untuk berorganisasi guna mempersiapkan diri saat kerja nanti.

Prestasi akademik sangat bermanfaat bagi seseorang yang ingin melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Dengan adanya prestasi akademik yang dimiliki, akan dimudahkan diterima lapangan pekerjaan yang diidamkan dengan menyelipkan sertifikat-sertifikat prestasi akademik. Di dunia kerja akan dituntut untuk memiliki prestasi-prestasi akademik yang bagus, tapi nyatanya semakin berkembangnya zaman dunia menuntut seseorang memiliki prestasi non akademik yang bagus juga supaya tidak kalah saing dengan pekerja dari luar negri.

Pada tahun 2021 yang lalu, mahasiswa UIN STS Jambi menoreh berbagai prestasi antara lain, juara 3 OASE se PTKIN di Aceh, Juara 3 PKM se-Sumatera, penyumbang pantun terbanyak pada PW Nasional, sejumlah prestasi juara 1 regional, kedua dan ketiga nasional dan lainnya. 

"Selain itu sesuai visi entrepreneurship, UIN STS Jambi juga memiliki 282 mahasiswa yang kuliah sambil berwirausaha," tutup Rektor UIN STS Jambi.

UIN SUTHA Siap Jadi Inkubator Atlet Jambi

UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi terus mengambangkan diri dari berbagai aspek, salah satunya dalam mendorong perkembangan kualitas atlet – atlet Provinsi Jambi khususnya dari kalangan mahasiswa UIN STS Jambi. Untuk itu, Sabtu (15/1), Rektor UIN SUTHA Jambi didampingi Wakil Rektor III dan Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah Keguruan melangsungkan pembukaan latihan perdana tenis lapangan bertempat di Hall Indoor Tenis Lapangan UIN SUTHA Kampus I Telanaipura Kota Jambi.

Kegiatan latihan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa terpilih yang akan dibina dan dilatih langsung pelatih profesional dari Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Provinsi Jambi. Latihan ini diharapkan mampu melahirkan bibit atlet/olahragawan sekaligus sebagai salah satu langkah persiapan UIN SUTHA Jambi menuju PKM dan PIONER XI yang akan datang.

“Kita berniat menjadikan UIN STS Jambi sebagai salah satu tempat pelatihan calon atletik atau olahragawan pada berbagai perlombaan baik tingkat Provinsi maupun Nasional hingga International,” jelas Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Suaidi,MA.,Ph.D.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: