KKN PGMI hebohkan Auditorium UIN Sutha

KKN PGMI hebohkan Auditorium UIN Sutha

KKN PGMI hebohkan Auditorium UIN Sutha--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Auditorium Chatib Quzwain UIN Sultan Thaha Jambi menjadi tempat Pagelaran Seni Budaya Jambi yang diberi nama Kolaborasi Kreasi Nusantara atau KKN yang dilaksanakan satu hari penuh, Kamis (7/7). Kegiatan yang bertajuk seni budaya digagas oleh Sri Ramadhanti, M.Pd  Ika Aryastuti Hasanah, M.Pd dan Andi Nurhasanah, M.Pd yang merupakan Dosen di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Thaha Jambi. Yang merupakan alumni Universitas Negeri Padang dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. dimana pengelaman yang di dapat saat menjadi mahasiswa mereka kembangkan dengan sentuhan yang lebih Modern.

Pagelaran Seni Budaya ini merupakan Kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa PGMI dengan beberapa rangkaian acara seperti Drama musikal, Teater, solo vokal, grup vokal, ansambel, tari daerah, tari kreasi, akustik dari beberapa agenda lainnya, dan ada juga seni menggambar Imajinatif,Kolase, Mozaik, Montase, Seni menempel, Macrame, Serba serbu Batik, Kerajinan tangan terapan yang di pamerkan dalam pagelaran seni budaya tersebut.

Pembukaan seni budaya di hadiri oleh beberapa pejabat dilingkungan UIN STS Jambi yang dimana  Rektor UIN Sultan Thaha Jambi Prof. Dr. H. Su'aidi, Asyari, MA.,Ph.D mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Dosen Fakkultas Tarbiyah Keguruan dan Mahasiswa UIN Sultan Thaha Jambi selain dapat ikut melestarikan budaya juga mendorong anak muda lebih kreatif dalam menampilkan ide-ide baru dalam mengembangkan budaya melayu Jambi yang sudah tersisih oleh budaya  asing. Beliau juga berharap tahun depan kegiatan ini bukan lagi sekedar Seni Budaya yang di tampilkan tapi juga pameran budaya.

Seni Teater yang merupakan rangkaian utama dalam Kolaborasi Kreasi Nusantara pagelaran Seni Budaya yang mengangkat cerita rakyat melayu jambi. Diamana tujuan acara sesuai seloko Melayu Dearah Jambi. 

“Kami haturkan nan sebuah mari jago budaya agar tak punah. Yang artinya kami tampilkan sebuah karya untuk menjaga kebudayaan yang ada agar tetap lestari dan tidak akan punah, Ika menjelaskan cerita rakyat yang di pentaskan merupakan tokoh-tokoh sentral yang berperan penting dalam terbentuknya negeri jambi sehingga juga akan menguatkan rasa nasionalisme kita nantinya," jelas Dosen dan Koordinator acara Kolaborasi Kreasi Nusantara, Ika Aryastuti Hasanah, M.Pd. (uci/*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: