Pahlawan Irpin

Pahlawan Irpin

Jokowi Datangi Apartemen Lipky Ukraina yang Hancur Imbas Peperangan--Twitter/@jokowi--

Oleh: Dahlan Iskan

Jumat, 01 Juli 2022

 

DRAMATIS sekali keberangkatan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menggelar doa khusus dari istana: agar Presiden Jokowi diberi keselamatan untuk memasuki kawasan perang itu.

Medsos juga penuh dengan doa untuk presiden. Disertai kekaguman luar biasa akan keberanian Presiden Jokowi. Di Bali, orang dari Rusia dan Ukraina berkumpul tanpa bermusuhan: sama-sama mendoakan Presiden Jokowi.

Ketika Presiden berada di Jerman Selatan terjadi drama yang lain lagi. Media di dalam negeri memberitakan betapa Presiden Jokowi mendapat perhatian khusus dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Sampai-sampai, diberitakan, Biden mencari-cari Jokowi. Untuk diposisikan di sebelahnya saat berfoto bersama dengan para kepala negara G7.

Presiden Jokowi memang diundang ke KTT G7 –yang dulu, sebelum Rusia dikeluarkan, bernama G8– sebagai tamu. Mungkin lantaran Indonesia sebagai ketua G20 tahun ini. Foto-foto Presiden Jokowi dengan Biden menghiasi begitu banyak media di Indonesia. Sampai digambarkan bagaimana Presiden Jokowi dipeluk Biden.

Tidak terekam apa yang dikatakan Biden. Siapa tahu kata-katanya penuh doa: hati-hati di jalan. Biden pasti tahu Jokowi akan ke Ukraina.


Presiden Jokowi memperkenalkan satu persatu rombongan yang dibawanya saat diterima Zelenskyy di Istana Maryinsky di Kyiv, Ukraina, Rabu 29 Juni [email protected]_official-JambiEkspress.Co.Id--

Dari Jerman, Presiden Jokowi tidak langsung ke Ukraina. Tidak mungkin. Kawasan itu masuk zona ''terbang-tembak''. Maka Presiden mendarat di Polandia. Yakni di kota kecil Przemyśl. Baca: semisel. Itulah kota di Polandia yang paling dekat dengan perbatasan dengan Ukraina. Semisel kota bersejarah. Penduduknya hanya 60.000-an orang.

Dari kota ini, Presiden Jokowi naik kereta khusus. Menuju Kiev, ibu kota Ukraina. Itulah kereta istana kepresidenan Ukraina. Anda sudah melihat sendiri foto-foto Presiden Jokowi –bersama istri, Ibu Iriana– di dalam gerbong yang mewah. Gerbong kepresidenan.

Dari Przemyśl, kereta mengarah perbatasan.

Dalam waktu dua jam, mestinya, sudah sampai kota penting di Ukraina: Lviv. Itulah kota kecil dengan peranan yang besar. Ukuran kotanya mirip dengan Przemyśl.

Di Lviv inilah tentara dari banyak negara Barat bermarkas. Mereka melatih tentara Ukraina. Di kota ini pula banyak tentara sukarela dari berbagai negara bermarkas. Ikut bertempur melawan Rusia. Tidak ayal kalau Rusia pernah meroket kota Lviv. Sasarannya: markas tentara asing di situ. Anda masih ingat tingkat kerusakan yang terjadi –dan jumlah tentara yang tewas.

Presiden Jokowi tidak singgah di sini. Kereta kepresidenan terus meluncur ke arah Kiev. Masih perlu waktu 10 jam lagi.

Wartawan Harian Disway Budi Philipus alias Bud Wichers alias Budiman, mencegat kedatangan kereta itu di Kiev. Ia begitu gembira ingin menyambut kedatangan Presiden Indonesia. Budi memang lahir di Indonesia. Hanya kewarganegaraannya Belanda. Ia diadopsi warga Belanda ketika masih bayi (Disway 24 April 2022/Belanda Budiman).

Tak lama di stasiun Kiev, Budi lari ke  stasiun Irpin. Ia mendengar Presiden Jokowi tidak turun di Kiev.

Irpin letaknya 30 menit dari Kiev. Irpin adalah kota kecil yang terdekat dengan Kiev. Mirip Sidoarjo-nya Surabaya. Atau Bekasi-nya Jakarta.

Rupanya kedatangan Presiden Jokowi dirahasiakan. Setidaknya tempat turunnya dari kereta. Begitulah sistem pengamanan di daerah rawan. Intelijen harus bisa membuat penyamaran yang sempurna. Budi kecele lagi.

"Ternyata Presiden Jokowi diturunkan di stasiun sebelum Irpin," tulis Budi pada Harian Disway kemarin. Kota Irpin baru saja mendapat gelar sebagai ''Kota Pahlawan''. Zelenskyy yang memberi gelar. Bersama tiga kota lainnya. Itu lantaran rakyat Irpin berhasil memukul mundur tentara Rusia di awal perang ini.

Di zaman komunis Uni Soviet dulu, banyak juga kota yang mendapat gelar sebagai Kota Pahlawan: termasuk Leningrad dan Kiev.


Presiden RI Joko Widodo saat berada di stasiun kereta api di Ukraina usai bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Selanjutnya Jokowi segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto:Biro Humas Setkab)----

Maka dari stasiun Irpin Budi langsung lari ke Istana. Yakni di tempat pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelenskyy. Budi pun bergabung dengan wartawan lainnya.

Sebenarnya Budi harus kembali ke Belanda pekan lalu. Obat gula darahnya habis. Ia harus rutin suntik insulin. Tapi begitu mendengar Presiden Jokowi akan datang ke Kiev, kepulangannya ke Belanda ia tunda.

Budi memang wartawan perang. Ia sudah beberapa kali keluar masuk Ukraina. Juga meliput ke Iraq dan Syria. Termasuk pula ke Palestina. Ia segera ke Surabaya –pacarnya ada di Surabaya. Dia juga warga Belanda yang lahir di Indonesia. Sesama adopsi.

Tidak banyak yang bisa diberitakan dari kunjungan ini. Waktu terbatas. Gerak terbatas. Tapi Ibu Negara berani datang ke RS di Kiev: menyerahkan bantuan obat-obatan. Gerak tubuh Ibu Negara sangat simpatik. Ia juga cantik dengan jilbabnyi. Dan kelihatan anggun.

Tentu Ibu Negara tidak ada kesempatan bertemu First Lady Ukraina Ms Olena Zelenska. Dia lagi hidup di suatu tempat rahasia bersama satu anak mereka. "Saya lagi hidup terpisah," katanya pada CNN kemarin. "Ini tidak normal. Bagaimana suami-istri tidak bisa berkumpul. Anak pun hanya bisa bicara dengan bapaknya lewat telepon," katanyi.

Memang Olena sesekali masih bisa bertemu. Selalu hanya sebentar. Lalu pisah lagi. "Kami merindukan segera bisa berkumpul lagi secara normal," katanyi. "Dua bulan pertama perang kami sama sekali tidak bisa bertemu," tambahnyi.

Yang jelas Presiden Jokowi sudah menyerahkan undangan kepada Zelenskyy: untuk menghadiri KTT G20 di Bali bulan November depan –sebagai tamu khusus. "Saya akan datang," ujar Zelenskyy. "Tentu tergantung situasi keamanan di Ukraina dan siapa saja yang hadir di sana," tambahnya.

Zelenskyy berbuat tumben. Kali ini ia menyambut tamunya dari Indonesia secara khusus. Setidaknya dari caranya memilih baju. Zelenskyy kali ini mengenakan kemeja lengan panjang. Ia tidak hanya mengenakan kaus oblong seperti menyambut tamu negara lainnya. Baju Zelenskyy warna militer meski bukan baju militer.

Setelah menerima Presiden Jokowi itu Zelenskyy kembali bergulat dengan keadaan perang. Hari itu Zelenskyy membuat keputusan final: memutus hubungan diplomatik dengan Syria. Itu lantaran Syria mengakui berdirinya negara merdeka di bagian Timur Ukraina yang direbut Rusia.

Presiden Jokowi menyampaikan simpati dan keprihatinannya akibat serangan Rusia ke Ukraina. Cukup. Tidak bisa lebih dari itu. Presiden masih harus ke Moskow, bertemu Presiden Vladimir Putin.

Maka Presiden Jokowi tidak bermalam di Ukraina. Ia langsung kembali ke kota Przemyśl. Kembali naik kereta 12 jam.

Setidaknya Presiden Jokowi telah mencatatkan sejarah sebagai pimpinan negara Asia pertama yang ke Ukraina di masa perang. Sebagai ketua G20 Jokowi harus melakukan itu.

Dari Przemyśl, Presiden Jokowi terbang ke Moskow. Hanya satu jam penerbangan. Kalau lurus.

Di Rusia beban misi Presiden Jokowi tentu lebih berat. Ia berhadapan dengan Presiden negara besar yang tidak takut apa pun: Amerika, NATO, G7, dan tentu juga G20.

Tapi Presiden Jokowi setidaknya bisa menyuarakan langsung ke Vladimir Putin: gara-gara serangannya ke Ukraina ia harus memecat Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Semua negara ikut menderita. Ada yang sampai bangkrut seperti Sri Lanka.

Dituruti atau tidak rasanya tidak penting. Putin harus mendengar itu. (*)

 

Komentar Pilihan Disway*

Edisi 30 Juni 2022: Tanpa Jumbo

mzarifin umarzain

DI PEKALONGAN, ada warung makan PAK BON, di Sorogenen, kota. Kelanjutan dari nana kantin di dalam sekolah SMP Ma'had Islaam. Karena enak, semula jualan sore di depan sekolah. Lantas mbuat kelanjutan nya di tempat yg lebih strategis. Konsumen diharapkan tetap dari alumni SMP tsb & umum. Sampai kini tetap ada warung makan PAK BON. Nasi megono, tempe sambal. Murah meriah. Sudah alih generasi ke cucu. Restoran JUMBO barangkali tetap dipakai, ada legenda nya.

 

Gianto Kwee

Jaman aku sekolah, pak Bon adalah panggilan untuk pak Kebon, yang mengurusi semua hal di sekolah, dari tukang kebon, bersihin kelas sampai "Office Boy" dan yang buka kantin istri pak Bon, kita panggil mbok Bon, Murah meriah dan Enak, ini di Blitar, Pecel nya mbok Bon Uenak tenan !

 

thamrindahlan

Ketika jalan jalan ke Beijing, Ghuangjuo, Szinzhen dan Hongkong penandu wisata kompak ber iklan soal makanan. " rasa makanan disini hanya 2 macam" Anda Sudah Tahu yaitu Enak dan Super Enak.. Tukang masak pilihan dan Bebek Peking ter registrasi merupakan pilihan menu utama masakan halal di negeri Cina. Katanya inilah hidangan istimewa raja raja Kaisar Ming. So Hongkong sudah jadi candaan ketika awak masih SR. " Emang dari Hongkong !!?" Salamsalaman

 

Orang jauh

Abah DI terlalu "menyamaratakan" kata "Anda pasti pernah mencobanya". Kalau lele dumbo, saya memang sudah pernah mencobanya.

 

No Name

Ada 2.390 perusahaan start up dari data Start Up rangking. Nanti exit strategi mau ngemplang uang siapa. Kalau valuasinya jumbo semua. Paling enak kayaknya ngemplang IFG, posisi kas ada di atas 200 T (wkwkwk)

 

herry isnurdono

Abah DI tidak bahas Jokowi di Ukraina. Padahal ramalan Abah DI tentang perang Rusia melawan Ukraina yang sudah lebih 100 hari, meleset jauh. Atau menunggu Jojowi bertemu Presiden Rusia Putin. Presiden Ukraina sudah bertemu Jokowi. Giliran bertemu Putin. Tidak ada Presiden selain Jokowi, yang berani mencoba mendamaikan Ukraina dan Rusia.

 

Mbah Mars

Memang benar apa kata Abah DI bahwa sudah banyak yang menikmati sajian dari jumbo. Kebangeten banget kalau para netijen belum mencobanya. Saya sendiri sangat sering menyeruput teh, kopi, susu dan jahenya jumbo. Sekali waktu saya menikmati wedang uwohnya. Yaitu wedang yang bahannya dari rempah-rempah yang disedu dengan gula batu. Yang belum pernah saya temukan di jumbo itu adalah dawet dan wedang ronde. Jumbo, fisiknya dibangun dengan bahan dasar plastik. Para pelayannya kebanyakan ibu-ibu.

 

Lukman bin Saleh

Jarang2 sy bisa menikmati iklan 40 tahun + di Disway. Tp sekalinya keluar bikin sy ketawa. Spt bunyi iklan berikut: KERR RASS! Otong 10 cm geli doang Jadi 20 centi Auto ganteng Haha...

 

Mbah Mars

Jabrik: "Mbah, mau sholat Idul Adha Sabtu atau Ahad ?" Mbah Koplak:"Saya Sabtu Brik. Ikut Muhammadiyah dan Saudi. Kalau kamu Brik ?" Jabrik: "Saya Ahad Mbah. Ikut Kemenag dan NU" Mbah Koplak:"Beda itu biasa Brik. Lha wong larangan potong rambut dan kuku yang sederhana saja tafsirannya beda-beda, apalagi urusan waktu hari raya" Jabrik: "Beda-beda gimana Mbah" Mbah Koplak:"Ada yg memahami bahwa yg dilarang potong rambut dan kuku itu orang yg berkorban. Sementara ulama lain memahami hewan kurbannya. Tetang larangan, ada yang meyakini haram. Yang lain menganggap makruh. Satu lagi, yang dilarang potong rambut itu yg berkorban saja, namun ada pula yg meyakini larangan itu berlaku untukseluruh anggota keluarga" Jabrik:"Wah. Begitu banyak beda tafsir ya Mbah" Mbah Koplak:"Ho oh. Yg penting semua sadar bahwa perbedaan itu sebuah keniscayaan. Semua harus lapang dada dan mengedepankan sikap toleransi serta ukhuwwah" Jabrik:"Peace Mbah. Tumben genah. Ngomong-ngomong, Simbah besok khutbah Id di mana ?" Mbah Koplak: "Sabtunya di lapangan Karang Duwet Brik. Ahadnya di masjid Al-Amin" Jabrik:" @#$%^&*(&^%$# ???

 

Juve Zhang

Hongkong adalah surga bagi TKW Indonesia minimal gaji 7 juta/bulan, kalau beruntung dapat majikan Bintang film, malah dapat perhiasan emas dll seharga 600 juta plus pesangon kalau majikan mati dan mau pulang ada bekal 1 milyar Rupiah. Itulah berita TKW yg jadi aspri seorang bintang film Hongkong.

 

Juve Zhang

Sangat salut atas pakaian pak Jokowi yg menemui presiden Zelensky dengan sepatu kets, baju digulung ,ya mengunjungi orang yg sedang kesusahan layak, seperti itu, cermin kepribadian yg supel, bisa gaul sama om Biden, BoJo, Macron, Modi,Putin,Xi JP, MBZ,dll dan mengerti kesulitan orang lain. Om Zelensky pasti kagum sama pak Jokowi, kepribadian yg sederhana mau naik kereta api 12 jam menemuinya. Ketemu om Putin pasti nya pakai Jas lengkap. Seorang Insinyur yg rendah hati, misi harus di jalankan siapa lagi yg kenal om Putin dan kenal Om Biden, Om Xi, selain Pak Jokowi. Cocok Dalam Misi ini.

 

Multi Suk

Kapan ya tulisan tentang harga minyak goreng yang masih selangit disaat harga CPO sedalam Palung? Sebab sekarang ini yang dirasakan oleh pemilik kebun masyarakat adalah ketimpangan yang tajam sebab harga sawit sudah jatuh di bawah seribu sementara minyak goreng masih 24 ribu / liter dan juga harga pupuk hampir sejutaan/ 50 kg.

 

agus budiyanto

Ingat Hongkong ingat Jiao Hua Ji (Ayam Pengemis), salah satu kuliner yang enak di Hongkong.

 

Jimmy Marta

Kepala bagian belakang tidak rata, menonjol ke belakang jga disebut hongkong. Eiit jim itu..tongkong!

 

bagus aryo sutikno

Boss Dahlan itu walau umur dah kepala 7 wajahnya masih tampan lho. #Tampan dari Hongkong. Hongkong memang terkenal lurr, sejak dulu kala. Di desa2 kalau panen ketela, mereka biasanya bikin kue hongkong. Ketela pohon diparut lalu diberi gula merah kemudian di bungkus daun pisang, biasanya bentuknya panjang. Lanjut dikukus 45 menit. Jadi dech kue Hongkong. Amazing. #Aryo itu kue jongkong..

 

bagus aryo sutikno

Raden Honggo hengkang dari Hongkong gara2 perhitungan hongsui yang menurutnya telah berbohong padahal gaya hidupnya tidak mehong tapi kenapa jadi hamsiyong. Hongkong, gethuk Honggolono terbuat dari singkong.

 

Jokosp Sp

Membuka Disway agag kesiangan. Tapi alhamdullillahnya ada yang menghibur, jadi tetap bersyukur. Karena kemarin sudah dijejali urusan politik. Tapi sampai jam 11.30 Wita kok baru 29 komentar, ada apa ya ? Bangun - bangun - bangun..................... Kangen Pak Mirza.

 

Alon Masz Eh

Style abah cenderung ke hongkong daripada singapura. Pernah bilang, iya dulu, pokoknya harus bisa. Tanyain aja sama yg ngawinin mesin cetak beda pabrik. Yg satu jerman, yg satu darimana lupa. Lahirnya temprina. Beli dulu. Pasang urusan nanti. Harus bisa. Harus bisa. Puyeng pegawainya, eh tapi bisa. Bilang "iya", "Bisa" Dulu aja lah. Itulah kunci sukses dan cepet promosi kalau kerja di perusahaan dengan sistem hongkong. Bisa beneran? Belum tahu. Dipikir nanti. Harus bisa.

 

Agus Suryono

TEMPULU.. Baru pernah bava kata itu. "Tempulu". Melihat kalimatnya, mungkin artinya MUMPUNG. Betul..?

 

Pax Politica

Hongkong kehilangan pamor karena kalah bersinar dari Shanghai, Beijing dan Shenzhen. Semua itu bisa terjadi karena orang-orang Tiongkok memegang prinsip yang di gaungkan Deng Xiaoping, "Tidak peduli kucing hitam atau kucing putih, yang penting bisa menangkap tikus". Dari posisi sebagai motor penggerak ekonomi Asia Timur dan China dengan kontribusi sebesar 18% ekonomi Tiongkok, Hongkong menjadi motor cadangan dengan kontribusi 2% terhadap ekonomi Tiongkok. Sayangnya, sementara di Tiongkok mereka sibuk mencari kucing yang bisa menangkap tikus, kita masih sibuk berkutat dengan daging mana yang boleh dimasak dengan bumbu apa. Kalo itu belum kelar, jangan harap menjadikan Singapura motor cadangan penggerak ekonomi Asia Tenggara.

 

Jimmy Marta

Penggemar filem detektif hongkong th 80an, tentu ingat cerita heroik agen polisinya. Mengungkap jaringan narkoba dan pengusaha hitam. Bahkan membongkar prilaku korup sang komandan yg termakan suap dari pengusaha. Aktor seperti jacky chan chou yun fat dan si manis joey wong, sering sekali memerankan detektif yg hebat. Menggelantung di mobil yg berlari kencang, pegang dua pistol kiri kanan dan si agen cewek yg cerdas jago menembak. Itulah peran yg pernah mereka lakonkan sebagai polisi hongkong. Ada ujar2 dikita tentang yg tidak percaya, diistilahkan dari hongkong. Bila diceritakan si badu yg dulu murid sableng sekarang jadi bupati akan dijawab, ....bupati dari hongkong..! Wkwk...

 

No Name

Cerita panjang lebar kali setengah lebar untuk membahas bisnis di Japan, Hongkong, China, Korsel, atau bahkan AS. Tapi tutup mata atas bisnis pada area lokal. Meskipun China ada Huawai yang berganti nama "Honor", dan punya market share (5%) secara global pada Q1 tahun 2022. Hanya lewat pasar China. Jualan kondom, dan teh botol mungkin laku di sana. Tapi nanti, nggak jalan-jalan. Kalau cuma cerita. Jadi langsung ke Inti saja. Ini ekonomi sedang hancur-hancuran. Regulasi kopong, panja itu sepertinya memang di cetak untuk sekedar buat seru-seruan saja. Tidak lebih, dan tidak kurang. Memangnya saya gila sampai mau percaya dengan analis dari sekuritas, atau atau analis dari AM-AM lokal yang suka promo, apalagi sampai pernah coba ngerek PER yang hubungannya lagi-lagi buat seru-seruan saja. Pak HT juga tokoh politik, temenya Pak Ibrohim G/ Ibu Ratih G. Tapi kok tidak menjalankan fungsinya. Anak buah tdk di kontrl u kasus penting. Meding Pak LKH, laporan keuangan harus di periksa. Dan di tengah mesin ekonomi yang di rubah menjadi tempat mesin kasino raksasa ini, kalian masih jualan kecap khas Goldman th 2008. Ada 2.390 start up, jika masing-masing start up ingin IPO 20 T / 47.800 T. Dan bukan start up kalau IPO nya kecil, atau tidak mau di suntik dana?. Ini uang siapa yang mau di serap. Atau begini saja, 2.390 / 3 kan sudah merger ini. Nanti dana BPJS, dan Dapen gabung. Kalau sudah masukan sekaligus tabrakran. Satu koleps tinggal minta pemerintah rapat u recovery pakai APBN?.

 

Liam Then

Untunglah lele tak di sukai raja-raja karena beranaknya cepat dan banyak. Sehingga tidak eksklusif. Ngeri membayangkan Pecel Lele @1.5jt per kg.

 

Johannes Kitono

Makanan enak yang dihidangkan di resto mahal seperti Jumbo umumnya adalah hidangan untuk Raja Raja yang bermukim di istana. Dan para pecinta kuliner enak seharusnya berterima kasih kepada para Koki istana yang nekat dan berani "membocorkan" resep makanan junjungannya. Raja setiap hari pasti ingin makan enak apalagi ditemani selir cantiknyi. Dan koki tentu harus kreatip menyajikan makanan terbaik,seperti Ayam Pengemis atau Beggar Chicken yang aneh namanya. Atau kaki ayam yang dikasih nama Ceker Cendrawasih alias Fung Cau. Kalau tidak enak dan raja sampai keselak taruhannya adalah kepala sang koki. Dulu di restoran Seafood di Hongkong mungkin juga di Jumbo. Kalau ada pelanggan yang order Ikan Tim Kerapu Bebek yang bahasa lokalnya Lo Su Fan. Maka sang koki dengan topi kebesarannya akan menenteng sendiri sajian tsb kemeja pelanggan. Seperti dalam adegan film silat, sambil berjalan pelan pelan sang koki akan berteriak mengalun : " Lo Su Fan , Lo Su Fan, Lo Su Fan " , tentu saja semua mata pelanggan akan mengikuti kemana sang koki meletakkan nampannya. Tentu pengin tahu berapa harganya ? Dulu kalau lunch di resto Jade Garden di gd BNI ada teman yang sambil guyon selalu wanti wanti. Eh teman teman, jangan salah pilih atau tunjuk ikan yang di akuarium. Yang warna kuning dan ada totol totol hitam itu harganya Rp.1,5 jt/ kg. Dan kerapu bebek jenis yang sama juga di ekspor hidup ke resto Hongkong. Kalau sudah begitu Anda pasti sudah bisa tebak berapa harganya di Hongkong.

 

Jimmy Marta

.. diluar sana ada gk disebut sebut identiknya milik indonesia. Spt kalau sebut parfum, itu paris. Bicara mode itu milan. Bola itu brazil. Kuda untuk arab. dst.... Mungkin yg tahu yg mainnya jauh kyk abah...

 

Liam Then

"Dari Hongkong ?" Saya pikir ucapan ini pasti asal mula nya ,muncul dari ucapan para kerabat TKI , yang dikirimi barang dari Hongkong. Kemudian pamer ke tetangga saudara. "Dari Hongkong ini". Lama kelamaan ucapan ini di asosiasikan orang kita menjadi kejadian "once in a blue moon" ,jarang terjadi, karena tak semua orang punya keluarga kerja di Hongkong. Dan di manfaatkan sebagai ucapan sergahan untuk ketidakpercayaan. Atau bisa juga karena kualitas barang dari Hongkong itu begitu bagus dibanding yang di dalam negeri. Ucapan "Dari hongkong" diserap dan dipakai sebagai kesan pembeda kualitas. Ah, seandainya nanti , ada masanya. Orang Hongkong juga bisa berseloroh tak percaya ke sesama Hongkongers ; " Dari Indonesia?!! " Karena produksi hasil Indonesia yang jarang dan berkualitas bagus" Kalau sekarang ucapan "Dari Indonesia" nya Hongkongers. Lenih baik jangan didengar dulu. Karena bakal beda jauh konteksnya dengan ucapan "Dari Hongkong" nya kita disini.

 

Johannes Kitono

Tradisi bisnis di Hongkong memang luar biasa. Kalau kedua bozz yang mau kerjasama sudah salaman dan ok, tinggal para staff membereskan semua dokumen persyaratannya. Nah,konon pada 1 Januari 1974 dikala semua kantor baik swasta maupun pemerintah sedang liburan Tahun Baru. Ternyata ada satu bank asing dari AS yang buka sebentar dan tutup lagi. Bank tsb itu di buka khusus untuk menerima setoran cash US$.1 juta dari seorang pengusaha yang sering disebut Raja Mobil Indonesia. Ternyata uang apalagi US$ sangat berkuasa sampai kepala bank asing rela mengorbankan liburan Tahun Barunya.

 

Gambit H-1982

Catatan Editorial: # seafood = Padanannya: "boga bahari". Edisi merakyat: "makanan/hidangan laut". # Pemilu = Pernah disinggung, akronim "Pemilihan Umum". # mendarah-mendaging = Dalam KBBI, bentuk kiasan ini ditulis "mendarah daging". Artinya, meresap benar ke dalam hati sanubari; sudah menjadi kebiasaan. # Yang kini jauh lebih kaya dari Hong Kong. = Kata "dari" di sini maksudnya "dibanding", maka pasnya: "daripada". # Tarif di Shanghai dan Beijing kini sudah lebih mahal dari restoran di Hong Kong. = Sama juga, bukan "dari" penunjuk keterangan asal yang tepat dipakai dalam konteks kalimat ini. # dibicarakan di sit = Perlu dilengkapi, menjadi "di situ." dengan titik sebagai intonasi finalnya. # di segilima ekonomi itu. = Sesuai kaidah, diberi spasi di antara "segi" dan "lima". Sesuai kecenderungan penulis, baiknya konsisten diberi tanda hubung (-) pada dua kata tersebut. # diijinkan = Yang betul "izin". Dengan huruf "z", bukan "j". # joint venture = Kerja sama berupa penggabungan sumber daya masing-masing guna mencapai visi/misi tertentu. Misalnya, konsorsium BUMN dalam membangun jalan tol. # negara manapun = Partikel "pun" di sini bermakna "juga", jadi perlu dipisah penulisannya. Sekian. Dan. Terima kasih. Atas bukunya. Hadiah Abah DI.

 

*) Diambil dari komentar pembaca http://disway.id

 

Sumber: