Bagian 16: “Selamat Ulang Tahun Enza”

Bagian 16: “Selamat Ulang Tahun Enza”

Ary--

Ingin bawanya ke tempat-tempat indah

Tipikal klise ingin tahu pikirnya

Entah ini ingin, entah ini sayang

Si hati rapuh tantang wahana, oh, lagi-lagi

-Tulus, Interaksi.

֍♠♠♠♠֍

 “Enza, udah makin tua aja ya dek. Semoga kamu bahagia, ada atau nggaknya abang sama kamu. Percaya, kamu tetap adek abang yang paling abang sayang. Semangat ya adek!”

-Selamat ulang tahun Adek, Setiaji Archandra.

>>>***<<<

Tidak ada yang spesial dari ulang tahun Enza, keculi dengan hadirnya seluruh anggota kelurga Chandra, minus kapten Chandra, dan sebuah kue stroberi yang selalu sama setiap tahunnya. Enza menatap binar senang kue stroberinya, dari semua buah dan perisa, favorit Enza adalah Stroberi berbeda dengan Aji yang sangat membenci Stroberi, abangnya itu terlalu tergila – gila dengan coklat.

Lilin dengan Angka tujuh belas tahun tertancap kokoh diatas kuenya, lagu selamat ulang tahun teruntai dari manusia yang kini mengelilingi meja ruang tamu mereka. Enza meniup lilinya dengan gembira, kemudian memotong kuenya. Tentunya suapan pertama yang biasa ia berikan pada Bapak, kini harus ia berikan pada Mama, berlanjut dengan Mas Arya. Bang Aji tidak mendapat suapan olehnya karena Bang Aji dan Stroberi memang tidak pernah bisa menjadi satu.

“Adek udah berapa umurnya?” Tanya Mama.

“Tujuh belas Ma,” Jawab Enza. Mama tersenyum lembut, “Adek udah gede ya. Anak mama jangan bandel lagi ya, nakal boleh tapi jangan sampe ngerepotin Mas dan Abang ya dek. Lima waktunya jangan ada yang tinggal – tinggal lagi, rajin belajar biar bisa jadi dokter kayak Bang Sakul, adek sukses selalu ya. Jangan lupa ada Mama yang selalu ada buat adek!” Nasehat Mama, Enza memeluk Mama erat, sebenarnya dibanding memeluk Mama, Enza lebih menyembunyikan air matanya dari Mas Arya dan Aji.

“Mama aja, Mas-nya nggak mau dipeluk?” Tanya Mas Arya, Enza terkekeh kemudian memeluk Mas Arya. Mas Arya mengulum senyum kemudian menepuk punggung Enza kuat, “Jangan bandel lo sama Mama dengan Aji. gitu – gitu, walau sebleng Aji tu abang lo, manut sama yang dia bilang. Udah Gede, jaga Mama dengan baik. Main sama Sakulnya dikurang – kurangin, Mas liat makin kesini lo sama si Sakul makin kagak warasa aja!”

“Apaan sih Mas! Gue diam masih kena juga!” Kesal Sakul yang dibalas dengusan malas oleh Mas Arya. “Ma, tolong sebagai sahabat sehidup semati Aji titik nggak pakai koma yang merangkap sebagai kembaran Aji, tolong bela Sakul, Ma!” Adu Sakul pada Mama, memeluk Mama dengan wajah yang dibuat seimut mungkin.

Aji menggeplak kepala Sakul, “Ogah gue punya kembaran kayak lo!”

“Wah! Liat Ma! Anak Mama benar – benar nggak tau diri!” Adu Sakul lagi, Mama membalas pelukan Sakul, “Loh, anak Mama kan cuma Enza sama kamu doang!” Ujar Mama yang dibalas Mas Arya dan Aji dengan hempasan kuat di meja.

“Ayo Ji! Cari Mama baru, ternyata kita bukan anak Mama!”

“Udah paling bener mas! Jadi anaknya bunda Rina!”

Rojer dan Jingga kompak tertawa, sedangkan Enza menatap Mas dan Abagnya dengan pandangan puas.

“Senangnya kalo Mas Arya dan Bang Aji nggak ada!” Sahut Enza girang yang dibalas kompak oleh Mas Arya dan Aji dengan sebuah pukulan sayang pada Enza.

***

Apa Enza pernah bilang mengapa Enza memilih kue stroberi di setiap ulang tahunnya alih – alih kue coklat seperti permintaan Aji atau menurut kemauan Mas Arya untuk membeli cheesecake yang menjadi kue favoritnya. Karena jika Enza memilih kue selain kue stroberi, maka malam yang ia nanti setiap setahun sekali tidak akan pernah ada.

Malam ini, Enza berpura – pura tidur lebih cepat, dalam kamarnya, ia menunggu pintu kamarnya terbuka, menghitung dalam hatinya dari satu hingga sepuluh, menunggu seseorang yang akan membawa kue cupcake rasa coklat dengan ukuran kecil.

“Sepuluh..” Batin Enza.

“Enza!”

Mendengar namanya dipanggil Enza tersenyum senang, menyingkirkan selimutnya kuat yang membungkus badannya. Menatap Aji dengan gigi mentereng sempurna, “Abang kenapa malam – malam kesini?” tanya Enza berbasa – basi. Aji memasuki kamar Enza dengan dengusan nafas malas, kemudian menutup pintu kamar Enza. Dan duduk berhadap – hadapan dengan Enza.

“Basi!” ujar Aji yang dibalas kekehan oleh Enza. Enza menatap senang kue cupcake coklat yang dibawa oleh Aji, diatasnya ada satu buah lilin kecil, Aji tersenyum geli. Memegang cupcake kecil itu diantara mereka, “sebelum tiup lilin, harapannya dulu.” Suruh Aji, dengan begitu Enza menutup matanya dengan segera.

“Tolong buat Bang Aji selalu bahagia.” Batin Enza cepat, segera meniup lilin dengan cepat. Aji menatap Enza dengan kaget, “Lo doa cepat banget bocil!” Komentar Aji. Enza mengusap rambutnya sok tampan di depan Aji, “Lah orang doanya sama setiap tahun, cuma satu permintaan juga.” Balas Enza. Aji mengangguk.

“Minta apa lo?” Tanya Aji, “Pasti lo minta supaya bisa jadi dokter aja! Heran gue mah! Padahal sukses nggak harus jadi dokter!” Lanjut Aji.

Enza tertawa, “Sok tau ih abang, doa Enza ya biarin Enza sama tuhan aja yang tahu. Memangnya kalo abang tahu, abang bisa kabulin.”

Aji menggaruk kepalanya, “Ya nggak sih, tapi kan gue bisa bantu lo bocil!” Kesal Aji. Enza memeluk Aji erat, melompat kedalam pelukan abangnya itu. Apa Enza pernah bilang, Bang Aji itu salah satu keajabaian dunia untuk Enza, sebab setengah hati Enza adalah hati Aji. Bagi Enza, dibanding Mama, kapten Chandra, dan Mas Arya, pusat dunianya adalah abangnya, Aji.

Abangnya yang pertama kali mengajarkan Enza untuk tahu itu apa artinya menjadi manusia, masih membekas di memori Enza setiap perkataan Aji, “Enza, kalo mau jadi manusia. Manusia yang biasa – biasa aja, yang selayaknya. Selama Enza melakukan satu hal dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin, Enza udah jadi sebaik – baiknya manusia. Enza itu adek abang yang paling abang banggain!”

Seandainya Enza bisa, Enza ingin mengatakan pada Aji, jika Aji adalah satu – satunya orang yang menjadi tujuan hidupnya. Sikap malu – malunya dengan Jingga bukan juga tanpa alasan, Enza takut dengan tingkah yang seenaknya, Jingga akan meninggalkan Aji. sedang kebahagian abangnya adalah tujuan hidupnya. Aji bisa menjadi suadara yang paling menjahilinya, namun Aji jugalah yang akan menjadi garda terdepan untuknnya dalam segala hal. Dunia boleh menentangnya, namun selama itu Aji, Aji akan membelanya mati – matian.

Mengingat kembali, mata Enza memanas, memeluk Aji semakin erat, terisak di bahu abangnya, “Abang, makasih udah jadi abang buat Enza,” Lirih Enza sedikit terisak.

Aji terkekeh, namun tak ayal matanya turut memanas, “Lo kenapa deh jadi mellow gini cil?” Tanya Aji. Enza tak menjawab, “karena akhir – akhir ini Enza selalu ngerasa abang jauh dari Enza,” jawab Enza jujur, beberapa hari terkahir, Enza selalu meresa Aji sangat jauh untuknya.

“lebay lo bocil!” Ejek Aji, Enza segera menepuk punggung abangnya itu kuat. Dan mengusap ingusnya pada baju kaos yang dikenakan Aji.

“Eh bocil! Jorok!” Kesal Aji menarik kaosnya. Namun, tak dipedulikan oleh Enza.

“Rasain!” Ujar Enza.

“Abang!” Panggil Enza lagi, Aji menatapnya dengan tatapan sebal.

“tolong bahagia, tetap di dekat adek. Jangan pergi jauh dari adek!” batin Enza, “Adek sayang abang!” Lanjutnya dalam hati. Namun, sialnya ia tak bisa mengatakan semua itu pada Aji.

“Abang jelek banget, adek malu punya abang jelek kayak Aji!”

“Bocah Edan!” Umpat Aji

Malam itu, tarung bantal menjadi pengisi diantara kedunya, sesekali lontar tawa bahagia terdenger nyaring, dibalik pintu kamar Enza, Mas Arya berdiri dengan sekotak kado berwarna silver. Kado lego untuk Enza. Awalnya Mas Arya ingin memberikan ini pada Enza, sekaligus mengajak bungsu di keluarga mereka itu berbicara, pasalnya sudah sangat lama rasanya hanya berbicara berdua dengan adik bungsunya itu. Namun, melihat kedua adiknya sudah asyik bersama, Arya kembali menutup pintu kamar adiknya pelan, membirkan tawa kedunya ramai menghiasi rumah.

“Kapten, Arya berhasil kan buat jaga Mama, Aji sama Enza?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: