Benarkah Harimau Sumatera yang Menerkam Tujuh Anjing Warga itu Citra Kartini yang Baru Saja Dilepas di TNKS?

Benarkah Harimau Sumatera yang Menerkam Tujuh Anjing Warga itu Citra Kartini yang Baru Saja Dilepas di TNKS?

Pelepasliaran Surya Manggala dan saudara kembarnya Citra Kartini di TNKS baru-baru ini--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID -  Warga Kerinci sedang dihebohkan dengan penampakan seeokor Harimau Sumatera di perkebunan warga tepatnya di sekitar Renah Kayu Embun Sungai Penuh.


yamaha--

Adalah Kepala Desa Renah Kayu Embun, Antorudin yang membuat laporan ke Kepala BKSDA Provinsi Jambi. Dalam suratnya, Antorudin menjelaskan pada Jumat, 25 Juni 2022 malam terlihat seekor harimau. Dua hari sebelumnya warga melaporkan kehilangan empat anjing, kemudian Kamis malam hilang lagi dua anjing, dan Jumat malam satu anjing, semua anjing ini diduga kuat diterkam oleh Harimau Sumatera yang terlihat oleh warga.

 

Atas laporan ini, Tim BKSDA Jambi dan Balai Besar TNKS Kerinci telah berupaya menemukan langsung harimau pemangsa tujuh ekor anjing warga hingga Senin (27/6/2022).  Tim BKSDA mengaku masih cukup kesulitan di lapangan namun telah menemukan jejak-jejak kakinya.

 

Apakah benar Harimau Sumatera yang memangsa tujuh anjing warga ini merupakan Citra Kartini, harimau betina yang baru saja dilepas di TNKS baru-baru ini? Pihak BB TNKS Kerinci melalui Kasi Pelindungan, Wira saat dikonfirmasi belum bisa memastikan. Pihaknya tak bisa membuat kebenaran sebelum melihat secara langsung.

 

"Sebelum melihat langsung secara visual," ujarnya. Namun Harimau Sumatera tersebut diakui Wira sudah terpantau lewat alat pendeteksi dan kini masih berada di sekitar perkebunan warga Renah Kayu Embun. 

 

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan Harimau Sumatera bisa mendekati pemukiman manusia. Pertama karena semakin sempit hunian akibat konversi hutan menjadi pemukiman, perkebunan, pertambangan atau jalur jalan. Kedua karena populasi harimau yang melebihi daya dukung lingkungannya sehingga ia keluar dari hutan.

 

Ketiga, perburuan harimau, anak harimau yang kehilangan induk dapat menyebabkan ia masuk ke wilayah pemukiman. Keempat karena penurunan jumlah makanan atau karena lapar sehingga ia harus memperluas daerah jelajah agar bisa mencukupi kebutuhan

 

Sumber: