Jambore Daerah Jambi Resmi Dibuka

Jambore Daerah Jambi Resmi Dibuka

Peserta saat mengikuti upacara pembukaan Jambore Daerah Jambi tahun 2022--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.IDJambore Daerah Jambi Resmi Dibuka. Kegiatan yang dilaksanakan dari 24-28 Juni di Buper Abdurrahman Sayoeti Musa Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi ini, dibuka oleh Gubernur Jambi selaku Ka. Mabida Gerakan Pramuka Jambi Kak Dr. H. Al Haris, S.H., M.Sos yang diwakili oleh Sekda Provinsi Jambi Kak H. Sudirman, S.H.,M.H. Dalam kegiatan turut hadir unsur pimpinan Mabida Jambi, Bupati/Walikota, Ketua LPK, Ka. Pusdiklatda, unsur pimpinan Kwarda Jambi beserta staf, panpel, Pimpinan Kontingen Cabang, pembina kontingen, Staf Kontingen dan peserta Jambore Daerah Jambi. Dalam sambutannya, Ka. Mabida Jambi Kak Dr. H. Al Haris, S.H.,M.Sos  mengatakan, pendidikan kepramukaan merupakan salah satu pendidikan non formal, yang diperkaya dengan nilai-nilai gerakan pramuka, dalam pembentukan kepribadian yang memiliki nilai-nilai luhur dan memiliki kecakapan hidup.

 Ka. Mabida yang diwakilkan Ka. Kwarda Jambi saat membuka Jambore Daerah Jambi

“Pendidikan tersebut sungguh dapat mengangkat harkat dan martabat anggota pramuka ditengah-tengah masyarakat. Tidak dapat dipungkiri fungsi gerakan pramuka, masih sangat dibutuhkan masyarakat, dalam membantu pemerintah, terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan, khususnya dalam mendidik dan mengembangkan potensi generasi muda, menjadi calon-calon pemimpin bangsa kedepan,” jelas Ka. Mabida Jambi Kak Dr. H. Al Haris, S.H.,M.Sos Sabtu (25/6) lalu.

 Dikatakannya, jambore merupakan pertemuan besar bagi pramuka penggalang, yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Jambore dilaksanakan untuk menambah wawasan, keterampilan, persaudaraan dan membentuk kepemimpinan bagi para pramuka penggalang. Nuansa kegiatan jambore, berbeda dengan kegiatan pramuka penggalang lainnya, yang lebih menonjolkan kemampuan anggota pramuka.

Foto bersama pimpinan kwarda dengan aparat perkemahan dan perwakilan peserta

“Dengan kegiatan ini diharapkan terdapat peningkatan peserta didik, dalam mencapai kemandirian. Bangsa ini berharap kepada adik-adik yang berpartispasi dalam Jamboree Daerah Jambi, terlebih peserta kegiatan masih berusia 11-15 tahun, nantinya akan menjadi generai penerus dan pemimpin Jambi maupun pemimpin bangsa dimasa yang akan datang,” paparnya.

Undangan yang hadir dalam upacara pembukaan Jambore Daerah Jambi tahun 2022

Sebagai generasi penerus, maka orang dewasa pun harus memberikan bekal yang baik, salah satunya dalam wadah kegiatan pramuka, dengan harapan saat adik-adik pramuka dewasa, nantinya memiliki kepribadian yang baik berakhlakul karimah, memliki ketrampilan dan kecakapan hidup, serta memiliki wawasan luas, yang mampu diandalkan dan menjadi generasi kebanggan Provinsi Jambi.

“Ruang yang kita berikan, tidak berarti membuat mereka lalai dan lupa diri. Maka disinilah letak peran orang dewasa, untuk memberikan pendampingan maupun bimbingan, sehingga adik-adik ini kelak menjadi manusia dewasa yang sukses dikemudian hari.  Saya mewakili Ka. Mabida, menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan Jambore Daerah Jambi. Semoga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik dan sukses, serta berdampak positif bagi adik-adik peserta yang mengikuti kegiatan ini. Saya berpesan ikuti Jambore Daerah Jambi dengan penuh semangat, tingkatkan sikap peduli terhadap diri sendiri dan orang lain, tumbuhkan rasa persaudaraan yang kuat kepada seluruh tmn-teman pramuka. Sesibuk apapun jangan lupakan ibadah,” tandas Kak H. Sudirman, SH., MH. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: