UIN SUTHA Siap Ciptakan Alumni Siap Kerja

UIN SUTHA Siap Ciptakan Alumni Siap Kerja

UIN STS Jambi melakukan pelatihan bersama BELANJO--

 

PKMD Gelar Pelatihan Start UP Bisnis

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - UIN SUTHA Jambi melalui Pusat Kajian Masyarakat Digital (PKMD) bekerjasama dengan BELANJO (Aplikasi Belanja Online Jambi) mengadakan Pelatihan Startup Bisnis untuk Mahasiswa, Senin (20/6) bertempat Laboratorium UTIPD. Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk dorongan UIN STS Jambi agar mahasiswa memiliki skill tersendiri sehingga dapat menjadi alumni yang siap bekerja.

Foto bersama

“Kita ingin memberikan pembekalan bagi mahasiswa kita untuk meningkatkan skill yang mereka miliki. Dimana Melalui pelatihan ini mahasiswa juga diharapkan dapat Merancang start up yang tidak hanya berguna bagi dirinya sendiri tetapi juga mempengaruhi akreditasi kampus. Selain itu kegiatan ini juga merupakan salah satu indikator kemajuan sebuah perguruan tinggi,” jelas Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Bahrul Ulum, MA., saat membuka kegiatan.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama saat membuka kegiatan

Tidak sampai pada pelatihan ini saja, kedepannya UIN STS Jambi akan mengadakan tracer study yang dikelola Pusat Keterampilan Akademik Dan Karir Alumni hal ini selain dapat memantau alumni juga dapat meningkatkan mutu perguruan tinggi itu sendiri, dimana perguruan tinggi dapat mengatahui penyebaran alumni atau lulusan dan terserap didunia kerja. Ini tentu saja sebagai evaluasi perguruan tinggi terhadap lulusan yang dihasilkan apakah telah memenuhi standar kompetisi yang sesuai pada dunia kerja.

“Kita juga akan terus mengukur dan memantau perkembangan mahasiswa setelah mengikuti pelatihan dan kegiatan-kegiatan lainnya sebagai tolak ukur perkembangan dan kemajuan mahasiswa,” tambah Dr. Bahrul Ulum, MA.

Dalam laporannya Ketua Pusat Kajian Masyarakat Digital sekaligus Ketua Panitia M. Yusuf, M.S.I., mengatakan workshop ini diadakan untuk menambah wawasan dan skill bagi mahasiswa di era digital. Workshop di laksanakan selama 3 hari dan Peserta diikuti oleh mahasiswa yang telah mengikuti seleksi 78 orang dan lulus seleksi 17 mahasiswa dari 4 bidang keahlian (Programer, Digital Marketing, Desain Grafis dan Content Creator/Content Writer).

“Setelah workshop ini akan dibentuk TIM Start up dan melakukan beberapa tahapan mulai dari Analisis Sistem, Perancangan Sistem sampai kepada Pengembangan Sistem,” pungkas M. Yusuf, M.S.I.

Digital talent yang mengikuti kegiatan ini kedepannya akan menjadi cikal bakal berdirinya Startup Bisnis perdana dari Mahasiswa di UIN STS Jambi. Selain itu kegiatan ini akan berefek besar bagi akreditasi, penelitian, perankingan dunia bahkan smpai berefek ke BLU.

Turut hadir Wakil Dekan Fakultas Adab dan Humaniora, Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kepala UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karir, Ketua Pusat Kajian dan Plt. Kepala UTIPD dan juga narasumber dari aplikasi Belanjo yaitu Chief Executive Officer Fajarudin Sidik, Chief Marketing Officer Ade Agung Kurniawan dan Chief Technology Officer Haryan Dwi Baharna.(uci)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: