JCH Tanjabtim Jalani Tes PCR

JCH Tanjabtim Jalani Tes PCR

Tampak petugas medis sedang melakukan tes PCR kepada jamaah haji--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Sebanyak 24 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Tanjabtim mengikuti tes PCR sebelum keberangkatannya ke Tanah Suci Mekkah di aula Kantor Kementerian Agama, Senin (20/6) kemarin.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh melalui Petugas Siskohat Kementerian Agama Kabupaten Tanjabtim, Arfa mengatakan, dalam tes PCR bagi JCH pihaknya melibatkan tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim.

"Memang untuk tes PCR ini adalah salah syarat wajib bagi jamaah yang ingin diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah. Kita hanya sebagai fasilitator," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa pihaknya akan menunggu konfirmasi kembali dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim terkait dengan hasil tes PCR. Jika nanti ada jamaah Kabupaten Tanjabtim terkonfirmasi positif dari hasil PCR, maka akan ditentukan oleh pihak KKP dan Dinas Kesehatan.

"Kita berharap tidak ada yang terjangkit virus, kalau memang nantinya ada kita tidak dapat memutuskan. Yang menentukan pihak KKP," jelasnya.

Arfa juga menerangkan, selain tes PCR para JCH sebelumnya juga telah dilakukan cek kesehatan yang dilakukan oleh tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim. Sementara para jamaah juga sudah dilakukan penyuntikan vaksin 1 sampai 3, sehingga telah memenuhi persyaratan kesehatan.

"Jadi kita tinggal menunggu hasil PCR lagi. Kalau negatif semua berarti aman," ucapnya.

Dia menambahkan, terkait dengan barang bawaan jamaah, untuk tas kopernya dibatasi dengan berat maksimal 30 Kg, jika lebih maka akan disortir lagi. Berbeda dengan tas pegangan jamaah itu tidak termasuk di berat yang 30 Kg.

"Pas Asrama Haji nanti barang-barang jamaah akan kita timbang. Kalau ada kelebihan, maka akan kita kurangi," tukasnya.(lan)

Sumber: