Rangkaian Arkawa Black Beauty Skincare Jadi Produk Unggulan Jambi

Rangkaian Arkawa Black Beauty Skincare Jadi Produk Unggulan Jambi

Uce Lestari, S.Farm, M.Farm, Apt selaku dosen peneliti Universitas Jambi dengan bidang keahlian Teknologi Farmasi memamerkan produk Arkawa--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Berawal dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di pabrik minyak sawit mentah  PT Sumbertama Nusa Pertiwi (SNP) desa Parit, Sungai Gelam, Muaro Jambi  tahun 2016 silam, dengan melihat situasi dan kondisi disana terdapat penumpukan limbah cangkang sawit yang menggunung disekitar pabrik.

Walikota Malang mengapresiasi produk Arkawa saat pameran di Malang

Setiap harinya cangkang sawit hasil dari olahan minyak sawit mentah ini bertambah terus dan tiada habisnya. Untuk cangkang sawit yang kualitas baik diekspor keluar negri sedangkan cangkang sawit yang kualitas rendah menumpuk dan menggunung diarea belakang pabrik sawit, walaupun telah diatasi dengan cara menyebarkan limbah cangkang sawit disepanjang jalan menuju parik sawit dengan tujuan sebagai pengeras jalan tetap cangkang sawit tersebut tiada habisnya dan tetap masih menumpuk dan menggunung diarea pabrik.

“Berdasarkan hal tersebut maka saya Uce Lestari, S.Farm, M.Farm, Apt selaku dosen peneliti Universitas Jambi dengan bidang keahlian Teknologi Farmasi khususnya kosmetika, memiliki ide untuk mengubah limbah cangkang sawit menjadi arang aktif dan diinovasikan menjadi produk kosmetika pembersih organik  untuk wajah, kulit badan, rambut, gigi dan ketiak. Dari hasil penelitian sejak tahun 2016 - 2021 bahwa arang aktif cangkang kelapa sawit memberikan daya absorbsi 2 kali lebih kuat dibandingkan arang aktif tempurung kelapa, serat kayu dan bambu, hal ini dapat dilihat dengan menggunakan alat SEM bahwa pori pori arang cangkang sawit yang telah aktif dengan diameter 3,2 nm. Sejak tahun 2016 - 2021 telah diperoleh 8 sediaan produk kosmetik  pembersih organik berupa lulur body scrub, masker gel peel off, deodorant stik dan serbuk, sabun padat, sabun cair, sampo, pasta gigi dan facial wash gel,” papar Uce Lestari, S.Farm, M.Farm belum lama ini.

Sejak tahun 2019 produk ini diberi nama Arkawa Black Beauty Skincare. Arkawa Black Beauty Skincare merupakan produk pembersih organik yang berbahan natural dalam pemanfaatan limbah cangkang kelapa sawit dan minyak sawit dengan teknologi pengolahan menjadi arang aktif yang bermanfaat menjadi suatu produk inovasi tepat guna dalam menjaga kebersihan kulit badan, wajah dan  rambut serta kebersihan gigi/mulut. Produk ini memiliki keunggulan yaitu berasal dari 100 persen bahan natural organik sehingga dapat digunakan untuk semua kalangan usia dan semua jenis kulit, karena memiliki pH sesuai dengan pH kulit (4-6,5) tanpa efek samping. Efektifitas daya serap produk tersebut terhadap kotoran, minyak, keringat, toksin memiliki daya serap dua kali lipat lebih baik dari produk pembersih komersil dengan bahan dasar arang aktif. Produk ini mengeluarkan scrub dari arang aktif cangkang sawit sehingga meningkatkan daya efektifitas membersihkan kulit dan mengangkat kulit mati serta minim busa yang meninggalkan kelembutan pada kulit setelah penggunaannya. Selain itu bebas atau tanpa penggunaan paraben sebagai bahan pengawetnya, karena penggunaan paraben ini dapat merusak sel-sel kulit.

“Arkawa Black Beauty Skincare telah memilik hak cipta nama merek dagang dengan brand ARKAWA, memiliki hak paten sederhana  dengan no paten IDS 000004303 dengan judul Formula Sabun Padat dan no Paten IDS 000004304 dengan judul pasta gigi multifungsi dan telah diproduksi oleh UMKM/Start up Inti Palm Lestari dengan NIB 0220006741065 terhitung sejak tanggal 16 Juli 2020 dan saat ini telah menjadi PT Perseorangan yang bertempat di Jalan Siswa Bhakti ABRI RT 28 Blok A1 Paal Merah Kota Jambi sejak tanggal 14 Desember 2021 dengan No: AHU-007156.AH.01.30 Tahun 2021. Saat ini Inti Palm Lestari masih focus pada pengembangan satu produk yaitu Arkawa Black Soap  yaitu sabun padat pembersih wajah organik yang terbuat dari arang aktif cangkang sawit dan minyak sawit sehingga kulit wajah menjadi bersih, lembut, cerah dan bebas dari minyak karena kemampuan dari sabun dapat  menyerap kotoran dan debu, mengurangi minyak berlebih, meningkatkan kadar air, mengangkat sel kulit mati dan menyerap toksin sehingga terhindar dari penuaan dini,” jelasnya.

Saat 5 produk dari rangkaian Arkawa Black Beauty Skincare berupa Arkawa Black Soap, Arkawa Black Toothpaste, Arkawa Peel Off Gel Mask, Arkawa Black Sampoo dan Arkawa Black Facial Wash telah mendapat sertifikasi halal dengan LPPOM MUI no ID15110000144251021 berlaku sampai 9 Desember 2025. UMKM/Start Up Inti Palm Lestari sejak tahun 2019 menjadi tenant IBT LP2M Universitas Jambi dan tahun ini telah mendapatkan hibah pendanaan Start Up dari Kemendikbud Ristek sebesar 250 juta untuk pengembangan Arkawa Black Beauty Skincare khususnya untuk pengembangan Arkawa Black Soap. Saat ini PT Perseorangan Inti Palm Lestari telah mengajukan sertifikasi CPKB (Cara pembuatan Kosmetik yang Benar) untuk salah satu pesyaratan dalam mendapatkan nomor notifikasi kosmetika atau pendaftaran izin edar BPOM agar produk Arkawa Black Beauty Skincare dapat dijual bebas pada retail pemasaran. Untuk mendapatkan nomor notifikasi BPOM ini tidak lah mudah bagi pelaku usaha UMKM, karena salah satu syarat untuk mendapatkan nomor notifikasi atau izin edar BPOM bentuk usaha produksi minimal CV atau PT Perseorangan, sehingga industry atau badan usaha bisa mendapatkan sertifikat CPKB atau Cara Pembuatan Kosmetik yang benar dengan mengikuti kaidah kaidah sebagai industry produk farmasi yang memenuhi persyaratan yang berlaku. Semoga ditahun ini PT Perseorangan Inti Palm Lestari segera mendapatkan sertifikat CPKB dan produk Arkawa Black Soap memiliki nomor notifikasi atau izin edar BPOM.

“Sebelum dipasarkan dan dikenalkan pada konsumen Arkawa Black Soap telah melalui tahap penelitian dan pengujian sejak tahun 2016 sampai saat ini baik pengujian pada laboratorium terakreditasi, laboratorium direktorat standarisasi dan pengendalian mutu Jakarta dan laboratorium BPOM Propinsi Jambi serta Laboratorium Kesehatan Propinsi Jambi dengan hasil memenuhi persyaratan SNI 3532:2016, bebas dari bahan kimia berbahaya serta bebas dari mikroorganisme. Selain itu telah dilakukan uji klinis terhadap 100 orang volunteer dan telah memiliki kode etika ethical clereance No: B/557/UN21.8/PT/2020 dari hasil yang didapat bahwa 98 persen volunteer tidak mengalami iritasi dan 96 persen arkawa black soap memiliki efektifitas dalam membersihkan kulit, melembabkan kulit, mengurangi kadar minyak pada kulit, mencerahkan kulit serta banyak disukai oleh volunteer baik dari segi warna, bentuk, aroma dan bau,” terangnya.

Berdasarkan hasil temuan Arkawa Black Beauty Skincare yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya diwilayah Jambi, maka peneliti Uce Lestari, S.Farm, M.Farm, Apt mendapatkan penghargaan Nominasi Habibie Prize tahun 2021 dengan nomor urut 50 dari 86 nominasi. Semoga dengan adanya produk Arkawa Black Beauty Skincare dapat dijadikan salah satu Produk Unggulan Daerah khususnya Wilayah Jambi yang kaya dengan limbah cangkang sawit serta diproduksi sendiri oleh perusahaan kosmetik yang ada diWilayah Jambi. Besar harapan saya semoga Pemerintah Provinsi Jambi dapat melirik produk Arkawa Black Beauty Skincare salah satunya Arkawa Black Soap untuk membantu dan mengenalkan produk ini sampai keluar Propinsi Jambi. Arkawa Black Beauty Skincare telah diperkenalkan melalui Expo Nasional di kota Malang pada bulan April yang lalu. Walikota Malang sangat mengapresiasi keikutsertaan produk Arkawa Black Soap pada event ini. Tidak hanya pada Event Expo Nasional, Arkawa Black Beauty Skincare juga mengikuti Event Expo local yang diadakan oleh organisasi UMKM Naik Kelas,WE Genpro, HIPMIKINDO, PT Telkom, Gemawira, PUI dan IBT Universitas Jambi, LP2M Universitas Jambi, FEB, FKIK Universitas Jambi, Unja Smart dan lain sebagainya. Melalui event ini kita juga sudah memperkenalkan produk unggulan Universitas Jambi serta Provinsi Jambi.

“Saat ini pemasaran digital Arkawa Black Soap Melalui shopee, market place, whatsapp business, website, facebook dan instagram sedangkan pemasaran langsung PT Perseorangan Inti Palm Lestari telah bekerja sama dengan Bloc Market di teras Citra Raya City dalam pemasaran langsung Arkawa  Black Soap dengan sistem konsinyasi, selain itu BPU Universitas Jambi memfasilitasi outlet Arkawa Black Beauty Skincare di Centra Bisnis Unja Smart setiap hari kerja.  Besar harapan saya selaku inventor atau founder Arkawa Black Beauty Skincare agar produk ini menjadi salah satu Produk Unggulan Provinsi Jambi yang dapat dikenal dan bermanfaat oleh masyarakat luas, tidak hanya di Propinsi Jambi  tetapi juga seluruh Indonesia ataupun Manca Negara, salah satu keinginan saya jika telah memiliki izin edar ingin sekali produk Arkawa Black Soap untuk diekspor keluar negeri salah satunya adalah Negara Turki melalui KADIN Provinsi Jambi,” tandasnya. (yos)

Sumber: