Tingkatkan SDM Pengelola Perpustakaan melalui Workshop Akreditasi

Tingkatkan SDM Pengelola Perpustakaan melalui Workshop Akreditasi

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Pustakawan Ahli Utama Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas RI, Dra. Adriati, M.Hum menegaskan, dari Workshop Akreditasi Perpustakaan yang dilaksanakan 16-17 Juni lalu, diharapkan adanya peningkatan SDM dari para pengelola perpustakaan.

“Karena kegiatan workshop ini, kita memang mempersiapkan pengelola perpustakaan baik perpustakaan sekolah, Perguruan Tinggi maupun perpustakaan khusus di Provinsi Jambi, sehingga perpustakaan-perpustakaan di Jambi memiliki perpustakaanaan terakreditaai yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP, red),”  jelas Pustakawan Utama Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpusnas RI, Dra. Adriati, M.Hum Jum’at (17/6).

Dalam workshop yang telah diselenggarakan, pihaknya ingin melihat sejauh mana penyelenggaraan perpustakaan di Provinsi Jambi. Usai memberikan pelatihan kepada peserta,ternyata kebanyakan peserta dari segi SDM, peserta banyak yang belum memiliki pendidikan keperpustakaan.

“SDM –nya pun masih terbatas, sehingga pengetahuan mereka tentang pelayanan perpustakaan masih belum maksimal,” katanya.

Instrumen yang diberikan kepada peserta saat workshop, agar para peserta dapat menilai sendiri perpustkaan yang dikelolanya, masih banyak peserta yang belum mengetahui tentang kondisi perpustakaan yang sesuai SNP, termasuk dari segi koleksi buku baca, sarana prasarana, SDM dan inovasi dalam melakukan pelayanan perpustakaan.

“Dalam workshop pun kami berikan pelatihan bagaimana pelayanan perpustakaan. Kemudian mereka mencoba melihat kondisi perpustakaan yang memang masih ada keterbatasan,” katanya.

Pihaknyapun meminta para peserta untuk mengisi instrumen  yang diperlukan perpustakaan yang dikelola para peserta, dari jawaban dan penilaian mandiri dari peserta diketahui perpustakaan yang dikelola banyak berpredikat C.

“Dari hasil sementara kebanyakan akreditasi C, ada yang terakreditasi B tapi tidak banyak. Setelah menerima materi yangkami berikan diharapkan peserta dapat meningkatkan pelayanan. Kami juga mohon bantuan dari DPAD Provinsi Jambi maupuan DPAD Kabupaten/Kota dalam meningkatkan SDM pengelola perpustakaan, yang pada akhirnya akreditasi perpustakaan-perpustakaan di Provinsi Jambi,” tandasnya. (yos)

Sumber: