Profil Pelayanan Farmasi Klinik dan Kepuasan Konsumen Dibeberapa Apotek Kota Jambi

Profil Pelayanan Farmasi Klinik dan Kepuasan Konsumen Dibeberapa Apotek Kota Jambi

Puti Puspa Sruni mahasiswa STIKES Harapan Ibu Jambi--

Oleh : Puti Puspa Sruni mahasiswa STIKES Harapan Ibu Jambi

Pembimbing 1 : apt. Yulianis, M.Farm

Pembimbing 2 : Mukhlis Sanuddin, M.Sc

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat, bertujuan untuk menjamin keamanan, efektifitas dan kerasional dalam pengunaan obat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan fungsi perawatan pada pasien.

"Kepuasan konsumen terhadap pelayanan di apotek merupakan cerminan hasil dari mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di Apotek," kata Puti Puspasruni mahasiswa STIKES Harapan Ibu Jambi, Jum'at (17/6).

Dikatakannya, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran profil pelayanan farmasi klinik dan mengetahui kepuasan konsumen di beberapa Apotek Kota Jambi. 

"Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Nonprobability sampling  atau Sampling Insidental, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner secara observatif sebanyak 97 responden," jelasnya.

Berdasarkan hasil penelitian dari Pelayanan Farmasi Klinik yang dilakukan oleh Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian. Persentase paling tinggi yang dilakukan oleh Apoteker yaitu persentase 96 persen kategori Baik dan paling rendah 63 persen kategori Sedang. "Yang dilakukan oleh Tenaga Teknis Kefarmasian paling tinggi persentase 94 persen kategori Baik dan paling rendah 63 persen kategori Sedang. Kepuasan konsumen perdimensi di dapatkan Skor paling tinggi 5 dengan kategori Sangat Puas, kepuasan konsumen per apotek secara keseluruhan kategori Sangat Baik sebesar  75 persen," paparnya.

Sedangkan kepuasan per Item pertanyaan kepuasan konsumen data skor 4 dengan kategori Puas. Dapat Pelayanan Farmasi Klinik yang dilakukan di beberapa Apotek di Kota Jambi diperoleh 73 persen dengan kategori Baik.

"Kepuasan konsumen di beberapa Apotek di Kota Jambi diperoleh jumlah keseluruhan mendapatkan kategori Sangat Baik dengan skor persentase 75 persen," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: