Terancam Tak Bisa Tes PNS, Segera Cek Akreditasi Prodi di Kampusmu!

Terancam Tak Bisa Tes PNS, Segera Cek Akreditasi Prodi di Kampusmu!

Perguruan Tinggi dihimbau untuk segara melakukan akreditasi terhadap prodi dan juga terhadap kampusnya--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Warning bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi dalam Provinsi Jambi, segera cek apakah program studi yang kamu pilih telah terakreditasi atau belum, atau masih dalam proses?

 

“Bila tidak terakreditasi yang dirugikan mahasiswa. Itu bila lulus tidak bisa melamar ke ASN, TNI, Polri dan lowongan pekerjaan lainnya,” begitu kata Direktur Kelembagaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Dr. Lukman, ST, M.Hum. Menurut Lukman, jumlah perguruan tinggi di Jambi saat ini cukup banyak mencapai 59 kampus, tetapi untuk akreditasi perlu ditingkatkan.

 

“Jangan sampai tidak terakreditasi dan akan merugikan mahasiswa,” ujar Lukman saat menggelar pertemuan dengan PTS se-Provinsi Jambi di Universitas Batanghari beberapa waktu lalu. Penting diketahui mengingat status akreditasi program studi katanya sangatlah penting bagi masa depan mahasiswa itu sendiri.

 

Tak hanya itu, kampus pun mengakami konsekwensi serius, tidak bisa meluluskan mahasiswa, karena untuk mengeluarkan ijazah harus memiliki penomoran ijazah nasional (PIN). PIN bisa diperoleh ketika ada laporan di LLDIKTI dan bisa masuk bila program studi sudah terakreditasi.

 

Warning ini penting diketahui mengingat saat ini dari 401 program studi yang ada di Provinsi Jambi, sebanyak 80 program studi ternyata belum terakreditasi. Lalu 2 program studi tidak terakreditasi (TT), 44 prodi meraih peringkat C, 193 meraih peringkat B dan hanya 17 meraih peringkat A. Sedangkan 6  prodi nilai baik sekali dan 58 prodi dengan nilai baik.

 

Dari 59 perguruan tinggi (PT) yang ada di Provinsi Jambi, ternyata sebanyak 19 perguruan tinggi (PT) atau 32 persen ternyata belum terakreditasi. Sedangkan sisanya meraih peringkat B sebanyak 8 kampus, peringkat C sebanyak 25 kampus dan peringkat baik 7 kampus. (kta)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: