Harga Karet di Muaro Jambi Tembus Rp 13 Ribu

Harga Karet di Muaro Jambi Tembus Rp 13 Ribu

--

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Harga getah karet kualitas baik di Muaro Jambi tembus Rp 13 ribu perkilogram. Harga ini mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 12 ribu perkilogramnya.

Hal ini pun membuat para petani karet di wilayah Kecamatan Mestong, kabupaten Muaro Jambi, bisa senyum sumringah. Diketahui, harga ini mulai meningkat sejak sebulan terakhir.

Maksum, Petani karet di RT. 03, Desa Talang Pelita, Kecamatan Mestong, Muaro Jambi menyebutkan, harga komoditas getah karet unggul di tingkat petani di desa setempat saat ini menyentuh Rp 13.000 hingga Rp 13.500 ribu.

"Sebelumnya harga karet unggul hanya berkisar Rp 12 ribu per kilogram," katanya saat diwawancarai, kemarin.

Selain itu, sejumlah petani penyadap karet mengaku saat ini menerima upah Rp 4.050 untuk setiap kilogram getah karet yang disetorkan ke pengepul  "Setiap harinya petani bisa menghasilkan 30 – 35 kilogram," jelasnya.

Maksum mengaku bahwa penghasilan ini lebih tinggi dari bulan sebelumnya, dimana penyadap karet hanya mendapatkan upah Rp 3.000  setiap kilogramnya dan para petani karet ini mampu menyadap hingga 800 pohon karet milik orang lain.

"Meski harga karet kini mengalami kenaikan, namun hal tersebut masih dirasa kurang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga petani penyadap karet," ungkapnya.

Dia berharap harga karet kualitas tinggi dapat kembali mengalami kenaikan,  sehingga dapat mencukupi kebutuhan ekonomi sehari-hari. (wan) 

 

Sumber: