Ini Dia Tips Berkendara Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar

Ini Dia Tips Berkendara Sepeda Motor Hemat Bahan Bakar

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Sepeda motor merupakan alat transportasi yang cukup digemari, karena lebih cepat dan tepat mengatasi kemacetan. Sepeda motor juga memiliki harga lebih murah daripada transportasi lainnya seperti mobil. 

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan banyak seluruh masyarakat Jambi menggunakan sepeda motor dalam melakukan aktivitas sehari-hari, karena sepeda motor sangat mudah melewati berbagai medan, mulai jalan sempit, dan jalan yang tidak bisa dilewati pengendara mobil.

Bahan bakar merupakan kebutuhan rutin untuk pengendara kendaraan bermotor termasuk sepeda motor. Konsumsi bahan bakar sepeda motor ini terkadang cukup menguras kantong. 

“Irit bahan bakar merupakan salah satu impian pengendara sepeda motor. Nah disini saya akan berbagi beberapa tips berkendara agar motor hemat bahan bakar” ujar Erfinando

Berikut tips berkendara hemat bahan bakar :

1. Kondisi Motor

Sebelum bepergian, baiknya pengendara mengecek kondisi motor terlebih dahulu. Cek tekanan ban dalam kondisi normal, karena apabila ban kekurangan angin maka tarikan motor menjadi berat dan ini membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros. Tidak hanya itu, perawatan berkala seperti penggantian oli dan membersihkan filter udara juga perlu dilakukan untuk menjaga tarikan motor tetap optimal sehingga konsumsi bahan bakar tidak boros.

2. Service Mesin Secara Berkala

Mesin motor yang terawat akan lebih memiliki sistem pembakaran dan penggunaan bahan bakar yang optimal. Dengan pembakaran optimal di ruang mesin, tentunya konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif sehingga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

3. Berkendara Motor Sewajarnya

Jangan menggeber gas motor berlebihan karena menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tidak hanya itu, mesin juga akan menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama, jadi gunakan sepeda motor dengan bijak dan jangan ceroboh.

4. Penggunaan Bahan Bakar yang Sesuai

Gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai, seperti pertalite atau pertamax. Bahan bakar dengan oktan yang sesuai, konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit dan mesin lebih bersih.

“Yang terakhir, lakukan perawatan di bengkel resmi sepeda motor Honda (AHASS) dan gunakan selalu suku cadang asli yang memberikan jaminan dan garansi” tutup Erfinando. (van)

Sumber: