Jasad Eril Ditemukan, KBRI Pastikan Diurus Sesuai Syariat Islam

Jasad Eril Ditemukan, KBRI Pastikan Diurus Sesuai Syariat Islam

Perwakilan keluarga Eril dan KBRI Bern mememberikan keterangan seputar Eril ditemukan-zoom KBRI Bern-zoom KBRI Bern

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – KBRI Bern, Swiss mengonfirmasi jenazah Eril ditemukan di Bendungan Engehalde di Bern pada Rabu (8/6/2022) pagi pukul 06.50 waktu setempat atau jam 11.50 WIB.

Konfirnasi itu disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad dalam keterangan secara daring, Kamis (9/6/2022) malam.

Muliaman Hadad menceritakan, penemuan jenazah Eril atau Emmeril Khan Mumtadz diawali dengan penemuan jenazah seorang pria.

Menindaklanjuti temuan itu, tim forensik langsung melakukan identifikasi dan penelusuran DNA.

“Untuk memastikan bahwa jasad yang ditemukan tersebut adalah benar ananda Eril,” ujar Muliaman.

Selanjutnya pada Kamis (9/6/2022) siang waktu setempat atau dua jam lalu, kepolisian setempat menyampaikan konfirmasi hasil tes DNA adalah benar Eril atau Emmeril Khan Mumtadz.

“Ini juga sudah disampaikan kepolisian Bern melalui media rilis mereka pada pukul 13.45 siang ini waktu Swiss,” kata Muliaman Hadad.

Muliaman Hadad memastikan, hak-hak Eril atau Emmeril Khan Mumtadz sebagai muslim terpenuhi sesuai dengan syariat Islam.

“Untuk selanjutnya KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan repratiasi ananda Eril ke Tanah Air,” ujarnya.

Pihaknya juga memastikan bahwa pengurusan jenazah Eril di Swiss sebagai seorang muslim sudah sesuai dengan syariat islam.

“Kami juga memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim terpenuhi sesua syariat Islam,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengawal keberangkatan jenazah Eril hingga tiba di Indonesia.

“KBRI juga akann melakukan pengawalan hingga Eril tiba di Indonesia. Setiba di Jakarta rombongan juga akan difaslitasi di Bandara Soekarno Hatta,” tuturnya.

Sementara, adik Ridwan Kamil, Epil Nazmuzzaman menyampaikan, keluarga tidak bisa menyampaikan secara pasti kedatangan jenazah Eril di Indonesia.

Sumber: