Timnas Garuda Sempat Diremehkan, Media Kuwait Gantian Kritik Timnasnya

Timnas Garuda Sempat Diremehkan, Media Kuwait Gantian Kritik Timnasnya

Timnas Indonesia--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Timnas Indonesia berhasil membalikan sejumlah prediksi di laga perdana babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023. Anak asuh Shin Tae-yong berhasil mengalahkan tuan rumah Kuwait yang lebih banyak diunggulkan 1-2, Kamis (9/6) dini hari WIB.

Menjalani laga awal di Jaber Al-Ahmad Internationel Stadium, Kuwait City, Rabu (8/6) malam, Timnas Indonesia kecolongan di menit 40, usai dijebol Youssef Nasser melalui sundulannya yang merobek jala Nadeo Argawinata.

Skuad Garuda justru tampil baik setelah gol Youssef Nasser. Hasilnya, hanya berselang empat menit, Marc Anthony Klok menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti, setelah Rachmat Irianto dilanggar kiper Kuwait di kotak 12 pas.

Skor 1-1 bertahan hingga peluit akhir babak pertama ditiup wasit. Di babak kedua, anak-anak Garuda tampil lebih bersemangat.

Belum genap semenit babak kedua berjalan, Timnas Indonesia berhasil mencetak gol cepat untuk berbalik unggul 1-2. Berawal dari serangan di sisi kiri pertahanan Kuwait, Witan Sulaiman yang masuk di babak kedua berhasil mengacak-acak pertahanan Al-Azraq.

Bola yang dibawa pemain yang baru saja melepaskan masa lajangnya itu, sempat tertahan pemain belakang Kuwait. Namun bola liar hasil sepakan Witan tepat jatuh di kaki Rachmat Irianto, yang langsung melepaskan tendangan keras dan membuahkan gol dan mengubah skor menjadi 1-2.

Kuwait yang tak ingin malu di hadapan publiknya, langsung merespons keunggulan Timnas Indonesia dengan membombardir dan mengurung pertahanan anak asuh Shin Tae-yong itu. Beruntung, Keunggulan satu gol Timnas Indonesia itu bertahan hingga menit akhir laga dibunyikan wasit.

Kekalahan Timnas Kuwait membuat media setempat langsung mengkritik penampilan anak asuh Vitezslav Lavicka. Rata-rata media Kuwait kecewa dengan penampilan perdana Timnas Kuwait di Grup A.

“Tim nasional sepak bola Kuwait mengecewakan di awal kualifikasi Asia untuk Piala Asia AFC 2023, dengan kalah dari tim Indonesia 2-1 dalam pertandingan yang mempertemukan mereka malam ini di Stadion Internasional Jaber,” tulis media Kuwait, Aljarida.

Padahal sebelumnya media Kuwait banyak menuliskan berita-berita yang meremehkan Timnas Indonesia menjelang pertandingan awal itu. Bahkan salah satu media mengklaim Kuwait tidak akan menurunkan kekuatan terbaiknya saat meladeni perlawanan Timnas Indonesia.

Pelatih Vitezslav Lavicka disebut-sebut ingin menyimpan tenaga skuadnya untuk dua laga berikutnya.

“Sudah jelas bahwa Coach Lavicka tidak akan menurunkan pemain terbaiknya di laga perdana dan akan membagi tenaga para pemain ke tiga pertandingan babak grup,” klaim media asal Kuwait, Alanba, Selasa (7/6).

“(Dia) khawatir (pemain) kelelahan dan cedera. Lavicka bisa mengistirahatkan penyerang Shabib Al-Khalidi di laga perdana dan menurunkan Youssef Nasser untuk menggantikannya,” sambung artikel itu.

Sementara itu, apresiasi tinggi atas kemenangan Indonesia membuat Tim Garuda trending di Twitter. Meski demikian, fans Indonesia meminta tidak ada euforia berlebihan. (zul/rtc)

Sumber: