Kenapa Lalat Susah Ditangkap? Ternyata ini Sebabnya

Kenapa Lalat Susah Ditangkap? Ternyata ini Sebabnya

-Image credit: Jonathan Ollero/EyeEm/Getty Images-

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Lalat meski terlihat mudah ditangkap tapi tetap saja mudah lepas. Lalat akan dengan enteng lolos dan terbang seenaknya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Ternyata karena beberapa faktor ini.

Pertama karena otaknya yang kecil. Otak lalat bisa menghitung dari mana saja ancaman datang dan dengan sigap merencanakan diri untuk menghindar. Demikian Hasil studi Bioengineering Michael Dickinson dan mahasiswa pascasarjana Gwyneth Card dari California Institute of Technology (Caltech). Lalat juga lihai memposisikan kakinya secara optimal untuk melompat keluar dari arah yang berlawanan.

Selain itu Lalat memiliki mata dengan ribuan lensa dimana masing-masing lensanya mewakili unit cahaya dan bisa mendeteksi apapun di sekitarnya secara terpisah.

Matanya itu juga memiliki kemampuan melihat dari segala arah, depan, samping, belakang, atas, dan bawah, serta mudah mendeteksi setiap gerakan karena lensanya yang banyak itu.

Hasil penelitian menemukan juga bahwa lalat tidak punya kelopak mata dan selalu siap siaga tanpa menutup mata. Jadi jangan heran, sehebat apapun benda penangkap lalat yang anda miliki, si lalat pasti akan tetap bisa lolos, kecuali terperangkap alat berarus listrik atau kesetrum. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: