Ketika Pucuk Rotan Digulai, Duh Enak Nian…

Ketika Pucuk Rotan Digulai, Duh Enak Nian…

Gulai pucuk rotan khas Jambi Tulo Muaro Jambi--

MUAROJAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Rotan tak hanya bahan dasar untuk membuat kerajinan, pucuknya oleh masyarakat Muaro Jambi juga dijadikan makanan. Pucuk Rotan biasanya digulai dengan kuah santan dan dicampur dengan ikan sungai. Menu ini ditemukan Jambi Ekspres di Desa Jambi Tulo Kabupaten Muaro Jambi.

Mencoba langsung Gulai Pucuk Rotan ini, rasanya sungguh nikmat. Mirip rebung namun sedikit lebih lembut tidak berserat dan agak sedikit pahit namun masih terasa enak di lidah. Adalah Adi Ismanto, tuan rumah yang menyuguhkan menu ini saat Jambi Ekspres berkunjung ke Jambi Tulo. Menurut Adi, gulai pucuk rotan adalah menu khas sejak nenek moyang dulu yang sampai saat ini masih dipertahankan.

Pucuk rotan biasanya dipetik langsung di tengah hutan lalu dipilih bagian yang muda. Agar tetap bisa menjaga keseimbangan alam,  makan pucuk rotan tidak dilakukan setiap saat. “Biasanya dimasak saat ada acara khusus atau ada tamu khusus, karena mencari pucuk rotan tak sama seperti dulu, jumlahnya juga makin sedikit sekarang,” lanjut Adi.

Gulai pucuk rotan biasanya dibumbui dengan cabe, sere, santan, dan beberapa bumbu tradisional lainnya. Agar kian nikmat, dicampur dengan ikan sungai.  Ada juga yang mencampurkan dengan ikan yang telah diasap terlebih dahulu, sehingga tercium aroma asap di dalam kuah gulai, namun boleh juga dicampur dengan ikan sungai biasa. Gimana? Penasaran mencoba?. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: