Tips Diterima Kerja di Pertamina dengan Mudah!

Tips Diterima Kerja di Pertamina dengan Mudah!

--

 

JAMBIEKSPRES.CO.ID-Tentunya Anda sudah tahu dengan perusahaan milik negara, Pertamina. Siapa sih yang tidak mau bekerja di perusahaan BUMN yang paling bonafit ini? Sepertinya semua orang ingin bisa bekerja di PT Pertamina. Entah karena alasan gaji yang diberikan besar ataupun gengsi.

 

Bagi yang belum tahu, PT Pertamina merupakan anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang penjualan minyak dan gas bumi. Pada tahun 2021 kemarin, perusahaan telah membuka lowongan besar –besaran untuk program bagi lulusan S1 atau yang sering disebut Bimbingan Profesi Sarjan (BPS).

 

Mengingat termasuk perusahaan besar, wajar jika tahapan seleksi di BPS Pertamina tergolong sangat ketat dan tentunya memiliki jumlah peminat yang melimpah. Hal tersebut membuat persaingannya menjadi lebih sengit dari perusahaan milik negara lainnya.

 

Bagi yang ingin melamar kerja di Pertamina, Anda harus tahu jika tahapan seleksi BPS terdiri dari seleksi berkas, Online Interview, tes kemampuan bidang, Interview User dan HR, numeric agility, hingga tes medical check up. Dalam seleksi berkas, tentu Anda harus mempersiapkan CV yang berkualitas. Untuk itu, kunjungi cvmenarik.com untuk mendapatkan contoh pembuatan CV yang baik dan benar.

 

Sayangnya, peserta yang lolos hingga tahap akhir seleksi belum bisa diangkat jadi pegawai tetap di PT Pertamina. Sebagai gantinya, peserta harus melalui masa orientasi pendidikan awal terlebih dahulu alias training.

 

Baru setelah menyelesaikan masa training, peserta yang lolos akan dipromosikan jadi pegawai tetap dengan ketentuan tertentu. Bagaimana, masih tidak tertarik melamar di Pertamina? Bagi yang tertarik ingin melamar kerja di Pertamina, berikut adalah tips untuk lolos paling mudah dari orang dalam perusahaan:

 

Online Interview

 

Tahapan interview merupakan tahapan untuk menyelesaikan verifikasi jawaban peserta dari tes kemampuan dasar yang sebelumnya sudah dilalui. Peserta yang melakukan online interview biasanya membutuhkan waktu 10 hingga 20 menit.

 

Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tersebut juga bervariasi. Meliputi perkenalan diri pribadi, verifikasi tes yang telah dilakukan sebelumnya, background pendidikan pelamar, motivasi ingin bekerja di Pertamina hingga pertanyaan lain seputar kepribadian.

 

Meski hanya interview biasa, tetap saja peserta membutuhkan tips yang ampuh agar dapat menyelesaikan tahapan seleksi Pertamina ini dengan baik. Inilah tips untuk menyelesaikan interview di Pertamina 2021 :

 

  1. Anda harus cek terlebih dahulu koneksi dan perangkat yang digunakan. Jangan sampai saat interview, koneksinya buruk atau tidak mendukung.
  2. Sebisa mungkin peserta harus berpakaian rapi dan sopan meskipun interview dilakukan secara online.
  3. Pelajari unsur tata nilai dan juga budaya di BUMN dan Pertamina secara lengkap di website online resmi perusahaan.
  4. Perhatikan etika dan norma ketika melakukan interview.
  5. Jawaban harus lugas, tegas, dan juga tidak berbelit-belit.

 

Interview User dan HR

 

Tahapan melamar kerja di Pertamina selanjutnya adalah didampingi HR atau HC (Human Capital) bersama orang yang nantinya bekerja dengan peserta (user). Tahapannya memakan waktu 15 hingga 30 menit. Interview-nya dilakukan dalam bahasa Inggris sesuai permintaan user.

 

Komposisi pertanyaan di tahap ini adalah 50% kepribadian, 30% teknis, dan selanjutnya 20% komitmen. Untuk pertanyaan teknis, nantinya disesuaikan proses bisnis lokasi yang akan dilamar. Pertanyaan interview seputar background pendidikan, prestasi selama kuliah dan pengalaman kerja ataupun organisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: