Sebelum Hanyut di Sungai Aare, Eril Sempat Larang Ibunya Berenang

Sebelum Hanyut di Sungai Aare, Eril Sempat Larang Ibunya Berenang

BERN, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang terbawa arus Sungai Aare di Kota Bern, Swiss masih terus dilakukan.

Detik-detik musibah itu terjadi masih menjadi sorotan warganet saat ini. Diketahui, sebelum turun ke sungai, Eril sempat melarang ibunya ikut berenang.

Adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengatakan, Eril tidak mengizinkan semua orang yang bersamanya saat itu ikut berenang di Sungai Aare, termasuk ibunya.

Eril hanya memperbolehkan mereka yang bisa berenang dalam hal ini hanya dua orang saja yaitu adiknya Camilla Laetitia Azzahra atau Zahra dan juga salah seorang temannya Eril.

Sebelum musibah terjadi, Emmeril Kahn Mumtadz ternyata tidak hanya bersama adiknya Camilla Laetitia Azzahra berada di Sungai Aare, Eril juga bersama ibunya Atalia Praratya dan beberapa anggota keluarganya yang lain.

“Karena keponakan kami ini pemuda yang bertanggungjawab. Insting alamiah walaupun tidak diminta memastikan bahwa ibunya tidak ikut turun,” kata Elpi Nurazzaman di Pendopo Balai Kota Gubernur Jawa Barat, Bandung, Sabtu (28/5) lalu.

“Jadi di lokasi memastikan yang punya skill cukup yang turun. Maksimal 3 orang, beliau melihat kesiapan,” lanjut adik Ridwan Kamil.

Sebelum memutuskan untuk berenang, Eril juga diketahui memilih spot berenang dengan cermat. Ia mencari lokasi di mana banyak terdapat lansia dan anak kecil.

Eril juga mengindari wilayah di sekitar jembatan. Dan memastikan spot di jembatan ini dicoret.

“Dalam konteks safety dia datang berenang bersama orang yang lama tinggal di Swiss. Di antaranya memastikan daerah tersebut ada wisatawan lain, ada lansia, dan anak-anak di sekitar,” ujarnya.

“Dan dipastikan titik turunnya ada tangga, jadi itu sudah dilakukan survei beberapa titik, jadi tidak langsung turun,” katanya.

“Yang selanjutnya adalah memastikan tidak loncat, jadi turunnya perlahan melalui tangga,” katanya.

Eril juga memiliki sertifikat diving dan punya kemampuan mengukur arus sungai.

Sesaat sebelum kejadian, arus memang diketahui tiba-tiba menjadi lebih deras. Eril dengan sigap menyesuaikan posisi dirinya di belakang temannya dan juga Zara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: