Cerdas Mana, Anjing apa Kucing?

Cerdas Mana, Anjing apa Kucing?

Manusia terus membanding-bandingkan kecerdasan anjing dan kucing --

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Dalam Jurnal Behavioral Processes yang diterbitkan tahun 2019, para peneliti tidak menemukan perbedaan kemampuan antara anjing dan kucing ketika menemukan makanan yang tersembunyi menggunakan petunjuk manusia.

Para peneliti malah mencatat ternyata kucing tidak memiliki beberapa komponen perilaku untuk mendapatkan perhatian dibandingkan dengan anjing. Selain itu terdapat ukuran otak, sebab umumnya orang menilai ukuran otak sebagai penentu kecerdasan yang relatif, dan jika itu benar, anjing yang tentunya memiliki ukuran otak lebih besar akan unggul dibanding kucing.

Dilansir dari liputan6.com, Hare dan antropolog Universitas Arizona Evan MacLean merekrut lebih dari 50 peneliti di seluruh dunia untuk menerapkan tes yang mereka kembangkan di 550 spesies hewan.

Hasilnya, studi lintas spesies menunjukkan bahwa "semakin besar otak seekor hewan, semakin banyak kontrol diri yang mereka tunjukkan," kata Hare.

Hal lain yang perlu diingat ketika melakukan penilaian kecerdasan semacam ini, kita dapat memperlakukan anjing dan kucing  secara
berbeda, kata Kristyn Vitale.

Apabila anjing dan kucing tidak diperlakukan berbeda, kedua spesies itu memiliki kecerdasan yang sama rata, terutama dalam kecerdasan sosial. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: