Real Madrid Sabet Gelar ke-14 Liga Champions

Real Madrid Sabet Gelar ke-14 Liga Champions

PARIS, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Real Madrid akhirnya tampil sebagai juara Liga Champions musim kompetisi 2021-2022 setelah di final menyudahi perlawanan Liverpool dengan skor tipis 0-1.

Hasil ini mengukuhkan Real Madrid sebagai tim tersubur di Liga Champions Eropa. Total 14 gelar berhasil diraih tim berjuluk Los Blancos tersebut.

Gelar ke-14 Real Madrid tentu saja menambah koleksi keperkasaan El Real atas Liverpool setelah final 2018 juga dimenangkan oleh pasukan Ancelotti.

Real Madrid berturut-turut menjuarai Liga Champions pada 1955/1956 sampai 1959/1960, serta 2015/2016 hingga 2017/2018. 

 

Laga Final Liga Champions yang berlangsung di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis antara Liverpool vs Real Madrid berlangsung ketat, Minggu 29 Mei 2022. 

Gempuran Liverpool hingga 30 menit babak pertama membuat The Read menguasai jalannya pertandingan dengan catatatn statistik 51%: 49% . Tercatata 3 peluang dari Mohamed Salah yang mampu diamankan kiper Real Madrid Thibaut Courtois.

Catatan shot on gol ini belum teramasuk Sadio Mane yang setidaknya memiliki 2 peluang on target. Tapi lagi-lagi Courtois cukup cekatan membaca arah bola pada laga Final Liga Champions yang menjadi sorotan dunia itu.     

Liverpool yang begitu agresif, ternyata melemah menjelang turun minum. Bahkan Karim Benzema sempat melesakan bola muntah ke jala gawang Liverpool yang dikawal Alisson pada menit ke-45'+4'. 

 

Sayangnya catatan apik ini buyar setelah wasit Clément Turpin tidak buru-buru mengesahkan gol tersebut. Ribuan sporter di Stade de France, Saint-Denis terdiam. Menunggu keputusan wasit di luar lapangan hijau untuk melihat VAR.

Dua menit berselang, akhirnya keputusan wasit Clément Turpin bulat, bawah Karim Benzema tertangkap offside lebih dulu saat Federico Valverde menyolorkan bola lambung ke pertahanan Liverpool.

Karim Benzema yang melihat peluang itu, ternyata lebih dulu terjebak offside. Ini terlihat dari tawangan VAR. Skor tetap bertahan 0-0.

Sebelum Karim Benzema menciptakan peluang gol yang digagalkan VAR, Vinícius Júnior pada menit ke-42' mendapatkan dapat hadiah tendangan bebas. Sayang bola menjauh dari target sasaran. Kedudukan 0-0 bertahan hingga turun minum. 

Memasuki babak kedua Real Madrid berhasil unggul lebih dulu lewat Gol Vinícius Júnior pada menit ke-59'. Skor babak kedua berubah menjadi 0-1.

 

Untuk diketahui Final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid tertunda 10 menit akibat kekacauan yang berlangsung di luar Stade de France. Ribuan penggemar Liverpool terjebak di luar dan polisi menyebarkan semprotan merica ke para pendukung.

Rekaman video di media sosial menyoroti kerumunan besar pendukung di luar Stade de France menjelang pertandingan, yang sebagian besar pendukung Liverpool. 

 

Keributan dipicu oleh faktor keterlambatan penonton. Sebaliknya, Real Madrid hampir penuh hampir satu jam sebelum pertandingan.

Seorang pendukung wanita muda, dengan air mata berlinang, mengeluh karena disemprot dengan gas merica oleh polisi anti huru hara dan ESPN menyaksikan dan merekam insiden berikutnya dari para penggemar yang disemprot.

 

Sementara mereka mengantri di luar, para pendukung Liverpool tenang dan berperilaku baik saat mereka menunggu untuk diizinkan masuk ke stadion. (disway)

LIVERPOOL: 1 Alisson, 4 Virgil van Dijk, 5 Ibrahima Konaté, 26 Andy Robertson, 66 Trent Alexander-Arnold, 3 Fabinho, 6 Thiago Alcántara, 14 Jordan Henderson,10 Sadio Mané, 23 Luis Díaz, 11 Mohamed Salah.

 

Pelatih: Jurgen Klopp

REAL MADRID: 1 Thibaut Courtois, 4 David Alaba, 3 Éder Militão, 23 Ferland Mendy, 2 Dani Carvajal, 14 Casemiro, 8 Toni Kroos, 10 Luka Modric, 9 Karim Benzema, 20 Vinícius Júnior, 15 Federico Valverde.

Pelatih: Carlo Ancelotti

 

Stadion: Stade de France, Saint-Denis, Prancis

Wasit: Clement Turpin

Match Status:

 

  • 13 Fouls 7
  • 1 Yellow Cards 0
  • 0 Red Cards 0
  • 1 Offsides 4
  • 6 Corner Kicks 2
  • 0 Saves 9
  • 0 Saves 5

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: