Angkat Disertasi Cassiavera, Endy Effran Raih Nilai A

Angkat Disertasi Cassiavera, Endy Effran Raih Nilai A

Endy Effran saat menyampaikan disertasi--

Prodi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Mengangkat  judul disertasi Analisis Produksi dan Strategi Pengembangan Cassiavera di Kabupaten Kerinci, Endy Effran meraih nilai A dalam ujian promosi  Prodi Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi (FEB-Unja). Dalam ujian promosi ini bertindak sebagai Ketua Sidang yang juga Dekan FEB-Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si, Sekretaris Dr. Zamzami, S.E.,M.Si,


yamaha--

Penguji Bidang Konsentrasi Eksternal dari universitas Andalas Prof. Dr. Firwan Tan, S.E.,M.Ec, DEA, Ing, Promotor Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A, Co-Promotor Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si, Co-Promotor Dr. H. Syaparuddin, S.E.,M.Si, Penguji Prof. Dr. Ir. Dompak Napitupulu, M.Sc dan Penguji Dr. Dr.s. H. Zulgani, M.P. Ketua Sidang yang juga Dekan FEB-Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si dikonfrimasi usai ujian promosi mengatakan, disertasi tersebut secara praktis diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani khususnya Cassiavera di Kabupaten Kerinci.

Endy Effran dan istri

“Model yang dibangun dari disertasi ini bisa membantu pemerintah dalam membuat berbagai strategi pertanian khususnya di Kabupaten Kerinci. Kami mengharapkan lulusan ini mampu meningkatkan karir sebagai dosen,” harap yang juga Dekan FEB-Unja Dr. H. Junaidi, S.E.,M.Si Rabu (25/5) lalu.

Sementara, Promotor, . Prof. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A mengatakan, disertasi yang dibuat oleh Endy Effran bisa menghasilkan suatu riset yang cukup bagus, karena mengangkat Cassiavera yang ada di Provinsi Jambi. Apalagi 85 persen Cassiavera dihasilkan oleh petani di Kabupaten Kerinci.

 Foto bersama Endy Effran, Ketua Sidang, Promotor, Sekretaris, para Co Promotor dan para Penguji

“Dengan demikian ada temuan-temuan Endy Effran yang menarik sehingga mengangkat disertasi ini, antara lain kenapa perkembangan dari kontribusi dari tenaga kerja kita menjadi minus, menunjukkan bahwa peningkatan tenaga kerja kita  tidak dibaerngi oleh kualitas tenaga kerja, jadi dampaknya tenaga kerja kita begitu terus,” jelas Prof. H. Syamsurijal Tan, S.E.,M.A.

Sehingga kedepan harus ada startegi bagaimana usaha dengan Cassiavera menjadi produk unggulan. Kedepan perlu dilakukan meningkatkan keterampilan usaha tani Cassaviera, sehingga dapat mempertahankan produk Cassiavera Provinsi Jambi di Kabupeten Kerinci hingga masa depan.

Foto bersama Endy Effran dan keluarga besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: