Kepala DPAD Provinsi Jambi Minta Jambi Jadi Skala Prioritas, Program Perpusnas RI

Kepala DPAD Provinsi Jambi Minta Jambi Jadi Skala Prioritas, Program Perpusnas RI

Dari kiri Kabid DOPKL-PBP, Kabid P3KM, Kepala P3UK Perpusnas RI, Kepala DPAD Provinsi Jambi--

KEPALA Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), H. Syamsurizal, S.E.,M.Si meminta Jambi dijadikan skala prioritas Program Perpusnas RI. Pihaknya pun siap mendukung melalui anggaran di DPAD Provinsi Jambi untuk program kegiatan Perpusnas RI.

Kepala DPAD Provinsi Jambi, H. Syamsurizal, S.E.,M.Si

"Selama ini kami akui sudah banyak bantuan yang diberikan dari Perpusnas RI bagi Provinsi Jambi, baik kegiatan bimtek yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bantuan buku bacaan maupun gedung baru dan rehab bagi kantor perpustakaan milik Pemprov maupun Pemkab/Pemkot," kata Kepala DPAD Provinsi Jambi, H. Syamsurizal, S.E.,M.Si dalam kegiatan penutupan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan - Teknologi Informasi dan Komunikasi (SPP-TIK) Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Perpusnas RI Tahun 2022 Jum'at (21/5) lalu di Aston Hotel Jambi.

Kepala P3UK Perpusnas RI Dr. Upriyadi, M.Hum

Selama dua tahun terakhir memang terjadi hambatan dalam pelaksanaan bimtek secara langsung dari Perpusnas RI, mengingat pandemi Covid-19, sehingga kegiatan tatap muka diganti dengan kegiatan webinar.

"Kami mengapresiasi Perpusnas RI, yang masih memberikan banyak perhatian untuk program bimtek yang telah dilakukan. Dari kegiatan ini nantinya ada kegiatan akbar yang dilaksanakan sebelum masa pandemi," terangnya.

Dari kegiatan yang dilaksanakan diharapkannya, para peserta yang nantinya menjadi pengelola perpustakaan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat didesanya masing-masing tentang keberadaan perpustakaan desa (perpusdes). Sehingga dapat memberi dorongan ekonomis bagi masyarakat sekitar.

Kepala P3UK Perpusnas RI menyerahkan cinderamata kepada peserta yang aktif dalam kegiatan bimtek

"Saat masyarakat berkunjung ke perpusdes, bukan lagi hanya membaca dan meminjam buku, tapi memberikan motivasi bagi masyarakat, yang berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat," jelasnya.

Dicontohkannya, kasus investasi bodong yang terjadi dimasyarakat, karena awamnya masyarakat akan literasi. Keberadaan master trainer pun diharapkan mampu memberikan edukasi dan literasi dan informasi hal-hal terbaru yang nantinya dapat berdampak kuranf baik bagi masyarakat tersebut.

Kepala DPAD Provinsi Jambi menyerahkan cinderamata kepada peserta yang aktif dalam kegiatan bimtek

"Peserta yang telah mengikuti bimtek harus mengimpelementasikan ilmu yang didapat dari kegiatan bimtek. Melalui penguatan literasi inklusi sosial, yang merupakan program unggulan Perpusnas RI," paparnya.

Sementara, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus (P3UK) Perpusnas RI, Dr. Upriyadi, M.Hum menambahkan, keberadaan perpustakaan telah bertransformasi, baik perpustakaan provinsi, kabupaten/kota hingga perpustakaan desa/kelurahan.

“Keberadaan perpustakaan bukan lagi sebagai tempat meminjam koleksi buku, membaca buku dan melayani buku saja. Tapi peran perpustakaan sudah lebih jauh lagi, dalam artian sebagai tempat berkegiatan masyarakat,” ujar Kepala P3UK Perpusnas RI Dr. Upriyadi, M.Hum.

Dengan hadirnya perpustakaan, masyarakat bisa berbagi pengalaman, pengetahuan secara konstektual, semua orang pun bisa belajar diperpustakaan khususnya perpustakaan desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Peran pengelola perpustakaan diharapkan dapat mewujudkan itu semua. Semua buku koleksi diperpustakaan, nantinya dapat diimpelementasikan oleh masyarakat yang membaca, disamping menambah wawasan bagi masyarakat tersebut.

Foto bersama

"Dari kegiatan bimtek ini nantinya dapat mendorong partisipasi masyarakat, sehingga keberadan pengelola perpustakaan harus mampu memahami kebutuhan dan layanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

“Ditahun ini kami menyediakan bantuan stimulus bagi 136 kabupaten/kota berupa server komputer, komputer, printer dan buku layanan, serta bantuan kepada 96 desa berupa server komputer, komputer, printer, smart TV, buku siap layan dan rak buku. Cukup lengkap bantuan yang kami berikan bari perpustakaan desa,” tandasnya.

Dari kiri Kepala DPAD Provinsi Jambi, Kepala P3UK Perpusnas RI dan Konsultan

Dalam kegiatan turut hadir Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (P3KM), Mirza Hasina, SE, Kabid Deposit Otomasi Pengembangan Koleksi Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka (DOPKL –PBP) Husni Thamrin SH, pejabat Struktural dan Fungsional di lingkup Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Tim Konsultan, Master Trainer sebagai Narasumber dan para peserta. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: