Mahasiswa Teknik Geologi Unja Juara 3 Nasional Lomba Komunikasi

Mahasiswa Teknik Geologi Unja Juara 3 Nasional Lomba Komunikasi

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Mahasiwa Program Studi Teknik Geologi FST UNJA berhasil meraih juara tiga nasional dalam kegiatan Communication Skill Contest for Engineering Students, yaitu perlombaan nasional dengan peserta yang berasal dari 10 Provinsi yang ada di Indonesia. Perlombaan dilaksanakan secara hybrid di Fakultas Teknik Universitas Andalas pada tanggal 25 April – 11 Mei 2022 dan pengumuman pemenang pada 17 Mei 2022.

Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-37 Fakultas Teknik Universitas Andalas yang bertujuan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa teknik di Indonesia untuk melatih dan meningkatkan kemampuan presentasi serta komunikasi verbal. Sehingga mudah dicerna untuk semua jenis audiens, baik yang memahami bidang teknik dan yang asing dengan bidang teknik.

Asep Irawan yang merupakan mahasiswa perwakilan UNJA dalam perlombaan ini berhasil meraih juara tiga nasional dan membawa pulang sertifikat serta hadiah uang tunai sebesar Rp 2.000.000. Ia mengutarakan motivasi terbesarnya mengikuti perlombaan ini dikarenakan sejak SMA sampai dengan Perguruan Tinggi ia aktif terlibat dalam beberapa kegiatan dan dipercaya menjadi pemimpin. “Sejak SMA sampai dengan Perguruan Tinggi saya terlibat dalam beberapa kegiatan dan diamanahkan beberapa kali menjadi seorang pemimpin, di antaranya Wakil Ketua Pelaksana PKK FST 2019, Sekretaris Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Mengkarang, dan Ketua Divisi Minat dan Bakat. Dengan berlatar itu semua saya mempunyai rasa ingin membuktikan bahwa organisasi yang telah saya jalankan memiliki dampak baik dalam hal melatih kemampuan berkomunikasi bagi diri saya,” ujar Asep.

Asep mengungkapkan perasaannya dan menceritakan pengalaman yang selama ini dilatih di dunia organisasi dapat mengubah dirinya dalam hal berkomunikasi. Ia pun menuturkan harapannya untuk masa yang akan datang. “Sangat senang dan bangga bisa membanggakan orang tua, karena merasa hal yang selama ini dilatih di dunia organisasi terutama himpunan, banyak mengubah diri saya dalam hal berkomunikasi. Semoga akan banyak perlombaan yang bermunculan dalam melatih kecakapan berkomunikasi baik itu di lingkungan Universitas Jambi atau pun kampus-kampus lain yang dapat di ikuti rekan-rekan mahasiswa,” ungkap Asep mengakhiri.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Sains dan Teknologi, bapak Ir. Y. Morsa Said, M.T., juga memberikan ucapan selamat kepada Asep. “Atas nama dekanat Fakultas Sains dan Teknologi, saya Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan Alumni FST UNJA, Ir. Y. Morsa Said, M.T., memberikan apresiasi kepada saudara Asep Irawan. Hal ini seperti yang diharapkan dalam Platform UNJA Smart yaitu Student Achievement, sebagai capaian mahasiswa dan budaya prestasi,” ujar bapak Morsa.

Ketua Program Studi Teknik Geologi FST UNJA, ibu Anggi Deliana S, S.T., M.T., turut menyampaikan dukungan dan pesannya untuk Asep serta mengungkapkan harapan untuk kedepannya. “Alhamdulillah satu lagi mahasiswa teknik Geologi berprestasi di nasional, semoga ini menjadi motivasi buat teman-teman mahasiswa untuk lebih semangat menambah prestasi dan skill. Prodi mendukung penuh kegiatan mahasiswa baik perlombaan akademik maupun non akademik. Semoga kedepannya perlombaan-perlombaan lainnya dan bidang keahlian lainnya dapat diikuti dan mendapat juara kembali. Tentunya perlu peran dan support system yang baik dari Prodi, Jurusan, Fakultas, dan Universitas,” imbuhnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Sumber: