Dorong Peningkatan Partisipasi Politik

Dorong Peningkatan Partisipasi Politik

Kepala Bidang Partisipasi Politik Bankesbangpol Provinsi Jambi, Drs. Suwardi, Dpt.--

Bankesbangpol Provinsi Jambi Gelar Sosialisasi di Kabupaten Muaro Jambi

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Guna mewujudkan demokrasi yang berkualitas yang mengedepankan pemahaman etika dan budaya politik serta siap dengan segala aturan yang ada, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Provinsi Jambi, Kamis (19/5) menggelar sosialisasi pendidikan politik di Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan diikuti 50 peserta yang terdiri dari perwakilan pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Muaro Jambi.

Kakan Kesbangpol Muaro Jambi, Elina Sihombang Rambe

Dalam sambutan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, H. Mukti,SE.,ME., yang diwakili Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs. Suwardi, Dpt., menjelaskan kegiatan ini sangat strategis dalam upaya peningkatan pemahaman yang sama terhadap pentingnya Pendidikan Politik sedini mungkin.

“Pendidikan politik sangat penting dilaksanakan untuk memacu partisipasi politik masyarakat khususnya pemilih pemula di Kabupaten Muaro Jambi sehingga dapat lebih aktif dalam mengambil peran keputusan baik pada level eksekutif maupun legislatif," jelas Kepala Bidang Partisipasi Politik, Drs. Suwardi, Dpt.

 

Kiri, Ketua KPU Muaro Jambi, Elfi Prasatia, S.P., M.H dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Akmaluddin, S.Pd.I., Kakan Kesbangpol Muaro Jambi, Elina Sihombang Rambe dan Kepala Bidang Partisipasi Politik Bankesbangpol Provinsi Jambi, Drs. Suwardi, Dpt.

Ditambahkan, melihat pesta demokrasi pada tahun 2019 lalu harus menjadi pembelajaran untuk tahun 2024, diantaranya dengan maraknya ujaran kebencian, fitnah dan hoax hal ini pastinya menimbulkan dampak dan kerusakan yang sangat besar. Ini menunjukkan budaya patriarki yang masih kuat dalam masyarakat dan masih kurangnya pemahaman bagi Pemilih Pemula tentang pendidikan etika dan budaya politik.

Karena akan sangat arif dan bijaksana apabila seluruh anak negeri dapat membangun etika dan budaya politik dengan baik sehingga dinamika dan romantika politik dapat berjalan dengan sebaik – baiknya.

 

Peserta Sosialisasi

“Dengan membangun etika dan budaya politik diharapkan dapat memberikan kesadaran dan menjadikan pemilih pemula melek politik,” pungkas Kepala Bidang Partisipasi Politik Bankesbangpol Provinsi Jambi, Drs. Suwardi, Dpt.

Panitia Kegiatan Bidang Partisipasi Politik Bankesbangpol Provinsi Jambi

Guna memberikan pemahaman yang baik kepada peserta sosialisasi, Bankesbangpol menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, yaitu Ketua KPU Muaro Jambi, Elfi Prasatia, S.P., M.H dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi Dapil Batanghari/Muaro Jambi Akmaluddin, S.Pd.I.

Foto bersama

"Pastinya dengan sosialisasi seperti ini kita harapkan akan adanya peningkatan partisipasi politik pada Pemilu tahun 2024 yang akan datang. Tetapi bukan saja peningkatan kuantitas tetapi juga peningkatan kualitas sehingga terciptanya pemilih yang lebih cerdas dalam menentukan pilihannya," jelas Kakan Kesbangpol Muaro Jambi, Elina Sihombang Rambe. (Uci)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: