UIN STS Terus Melebarkan Sayap Di Kancah Internasional

UIN STS Terus Melebarkan Sayap Di Kancah Internasional

UIN STS Jambi terus berkolaborasi dengan MSU--

UIN STS Jambi Kembangkan Kolaborasi Dengan Michigan State University Amerika

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Nama UIN STS Jambi saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata, karena dengan berbagai capaian yang ada menunjukkan bahwa Universitas Islam terbesar di Jambi ini dapat berkompetisi bahkan ditingkat International. Hal ini terlihat dengan undangan yang disampaikan Michigan State University (MSU) untuk berkolaborasi dalam berbagai program pendidikan. Undangan ini disampaikan oleh Jennifer Wargo, Wakil Direktur Asian Studies MSU melalui emailnya yang dikirimkan kepada Kepala Pusat Survei dan Kebijakan Publik Dion Eprijum Ginanto, Ph.D.

MSU Mengajak UIN STS Jambi Kembangkan Kolaborasi

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D., sangat mengapresiasi dan menyambut baik hal ini dan memimpin langsung rapat untuk menindaklanjuti ajakan ini. Dalam pengantar rapatnya, Rektor menyampaikan bahwa walau baru 5 tahun bertransformasi menjadi universitas, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah meraih berbagai prestasi sangat gemilang. Yang paling akhir sebagai ranking 20 THE Impact Ranking 2022 bersama Bina Nusantara University (BINUS University) dan 8 perguruan tinggi lainnya, termasuk USU. UIN STS Jambi adalah ranking pertama dan satu-satunya diantara 58 perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN) di bawah Kementerian Agama RI tahun 2022.

 “Kita akan segera menindak lanjuti program - program yang ditawarkan MSU,” ujar Rektor dalam rapat dengan tim terkait di Ruang Kerja Rektor, Kampus II UIN SSD, Rabu (18/5).

Rektor juga menyampaikan bahwa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi sedang mengusulkan supaya para dosen dari Mesir yang sedang mengajar di berbagai PTKIN se-Indonesia untuk selama 3 tahun ke depan ini bisa dijadikan dosen dengan NIDK, sehingga segala publikasinya dapat dihitung sebagai bagian dari rekognisi terhadap PTKIN.

Beliau menambahkan bahwa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi juga sedang mengusulkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan melalui Kementerian Agama supaya ada dasar hukum dosen-dosen luar negeri yang mengajar melalui zoom dengan aturan tertentu bisa diberikan NIDK sebagai langkah progresif ketika dua tahun lebih kita sudah kuliah melalui zoom di masa pandemi covid dan telah meloloskan ribuan sarjana dengan sistem kuliah melalui zoom tersebut.

Michigan State University (MSU) yang didirikan tahun 1855 adalah salah satu kampus terbaik di Amerika Serikat. MSU secara konsisten berada pada peringkat ke-30 kampus terbaik di Amerika Serikat, dan berada pada peringkat 90 kampus terbaik di dunia (THE rankings, QS World rankings, dan U.S News Edition). Khusus untuk Fakultas Pendidikan (College of Education), Michigan State berada pada peringkat ke-1 bahkan lebih tinggi peringkatnya dibanding Standford University, MIT, atau Harvard University sekalipun.

Peringkat lainnya pada tahun 2022 menurut U.S News Edition diantaranya: Peringkat ke-1 Jurusan Elementary Teacher Education, Peringkat ke-1 Secondary Teacher Education , Peringkat ke-1 Curriculum Instruction, Peringkat ke-1 Higher educational administration, Peringkat ke-1 K-12 Educational Administration, Peringkat ke-4 Rehabilitation Counseling, peringkat ke-5 Educational psychology, dan Peringkat ke-8 Educational policy.

Oleh karena itu, merupakan suatu kehormatan tersendiri jika kemudian MSU meminang UIN STS Jambi untuk berbagai kegiatan kerja sama. Beberapa program kerja sama yang akan dilakukan diantaranya COIL (Collaborative Online International Learning), Templeton Project Grant, webinar internasional, mengundang dosen UIN STS Jambi untuk menjadi dosen tamu, sharing website UIN Jambi pada website kampus Michigan State University dan program-program kerja sama strategis lainnya.

COIL adalah program kolaborasi pembelajaran secara daring yang akan diikuti oleh mahasiswa UIN Jambi dengan pemateri dari Dosen MSU, sebaliknya dosen UIN Jambi juga akan memberikan kelas untuk diikuti mahasiswa MSU.
Selain itu, MSU juga mengajak Dosen UIN Jambi Mufdil Tuhri, MA dan Perdana Aysha Puteri, MA untuk membahas bersama learning objective modul dan silabus untuk mata kuliah Islamic Studies. Jika memungkinkan Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Prof. Dr. Su’aidi, MA., Ph.D juga akan turut serta menjadi salah satu dosen tamu pada program ini.

Beberapa langkah yang akan dilakukan UIN Jambi untuk menindak lanjuti kerja sama ini diantaranya mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk mahasiswa yang akan mengikuti kelas kolaborasi, membentuk tim penyusun dan finalisasi silabus yang akan digunakan pada COIL, mempersiapkan proyek penelitian tentang Arsitektur Islam yang akan didanai oleh Michigan State University dan sinkronisasi website UIN Jambi yang akan ditampilkan ke dalam website MSU sebagai partnership.

Pada kesempatan ini, tim penyusun silabus yang diwakili oleh Mufdil Tuhri, MA memaparkan rancangan silabus yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Draft silabus ini nantinya akan dipresentasikan saat rapat dengan MSU dan akan digunakan sebagai acuan pembelajaran di Kampus MSU. (uci)

Bank Mandiri Syariah

An. LSOTF UIN Jambi

REK: 7140650727

 

 

Sumber: