Ratusan Narapidana Rutan Sungai Penuh Dirazia

Ratusan Narapidana Rutan Sungai Penuh Dirazia

Razia- Petugas Rutan saat sedang razia di Rutan Sungai Penuh. --

SUNGAIPENUH, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Ratusan Narapidana di Hutan Kelas II B  Sungai Penuh dilakukan razia, Kamis (19/5/2022). razia dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rutan Kelas IIB Sungai Penuh. 
 
razia mulai pukul 08.15 Wib dipimpin oleh kepala kesatuan pengamanan Ricko Darusian dan Kepala Subseksi Pengelolaan Frengki Astin, Kegiatan razia ini juga Melibatkan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL).
 
"Kegiatan ini kita lakukan guna mencegah adanya gangguan di rutan, agar para napi tidak menyimpan barang-barang yang dilarang," ungkap Ricko Darusian, Kamis (19/5/2022).
 
Dia mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Rutan Kelas IIB Sungai Penuh dalam pencegahan peredaran narkoba serta deteksi dini terhadap gangguan keamanan.
 
Ditambahkan Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Sungai Penuh Okky Apriyanto mengatakan saat ini jumlah penghuni terus bertambah hingga mengalami kelebihan kapasitas (Overload).
 
Berdasarkan hasil pengukuran kapasitas yang telah dilakukan, rata-rata Rutan Sungai Penuh idealnya dapat menampung sekitar 95 orang warga binaan, namun kondisi saat ini jumlah narapidana yang berada di Rutan Sungai Penuh sebanyak 219 orang.
 
"Tapi meskipun dalam kondisi overload, Alhamdulilla situasi dan kondisi di dalam Rutan masih aman terkendali, gak ada yang tidur dengan jadwal sift, bahkan tidak menganggu jam istirakat para narapidana," Katanya
 
Okky menuturkan, miris jika melihat kondisi Rutan yang overload tersebut, dan semakin tidak tega ketika melihat para narapidana sedang tidur, karena kondisi yang sempit membuat warga binaan tidur saling berhimpitan.
 
"Kita akui kondisi ini bukan hanya terjadi di Rutan Sungai Penuh, melainkan hampir terjadi di Rutan yang ada di seluruh wilayah Indonesia," pungkasnya.(hdp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: