Optimis Indonesia Bisa Masuk Final

Optimis Indonesia Bisa Masuk Final

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID-Kabar kurang baik menerpa tim nasional Indonesia U-23. Skuad Merah Putih dipastikan tanpa Asnawi Mangkualam Bahar saat bertanding melawan Thailand dalam laga semifinal cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2021 Vietnam. Kedua tim bertanding sore ini  di Stadion Thien Truong, Nam Dinh.

Manajer Timnas Indonesia U-23 Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya menjelaskan, Asnawi tidak bisa dimainkan karena terkena akumulasi kartu kuning.

 

Kartu kuning itu didapat saat Asnawi memperkuat Indonesia dalam pertandingan melawan Filipina (13/5) dan Myanmar (15/5).

”Peraturannya, pemain yang mendapat dua kartu kuning tidak bisa dimainkan pada pertandingan berikutnya. Jadi, Asnawi tidak bisa turun di babak semifinal,” tutur ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta itu kepada Jawa Pos kemarin.

Absennya Asnawi jelas menjadi kerugian bagi lini pertahanan Indonesia. Terlebih, pada SEA Games edisi ke-31 kali ini, Thailand menjadi tim paling produktif.

Negeri Gajah Putih sudah 12 kali menjebol gawang lawan. Perinciannya, masing-masing lima gol diciptakan saat Thailand bertemu Singapura dan Kamboja. Lalu, satu gol masing-masing dicetak dalam pertandingan melawan Laos dan Malaysia.

Meski demikian, Uden memastikan absennya Asnawi tidak memengaruhi kekuatan Indonesia. Saat ini, Indonesia masih memiliki fullback kanan debutan asal Persija Jakarta Ilham Rio Fahmi.

Performa Rio Fahmi memang sempat menjadi sorotan pada pertandingan perdana fase grup A melawan Vietnam. Namun, dia berhasil memperbaiki penampilannya.

“Jadi, kami sama sekali tidak khawatir,” tegas mantan analis kebijakan madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri tersebut.

Diwawancarai terpisah, Rio Fahmi siap menambal lubang yang ditinggalkan Asnawi. ”Semua keputusan bergantung pelatih. Tapi, kalau diturunkan, insya Allah saya siap seratus persen,” ucap pesepak bola asal Banjarnegara, Jawa Tengah, tersebut.

Rio Fahmi sangat antusias menghadapi Thailand. Pemain 20 tahun itu menilai, pertandingan Indonesia melawan Thailand akan berjalan seru sejak menit awal. ”Thailand merupakan salah satu tim kuat di Asia Tenggara,” ucapnya.

 

Menurut Rio Fahmi, Thailand memiliki kekuatan merata di setiap lini. ”Tapi, apa pun itu, kami tidak takut dengan nama besar mereka. Kami lebih memilih fokus ke tim sendiri supaya lebih kompak saat menyerang dan bertahan. Insya Allah Indonesia bisa memenangi pertandingan,” terang Rio Fahmi.

Mantan pelatih timnas Indonesia U-23 yang saat ini menukangi klub promosi Liga 1 RANS Cilegon FC Rahmad Darmawan optimistis Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa melewati ujian di babak semifinal dengan baik.

Menurut pelatih yang akrab disapa RD itu, coach Shin Tae-yong (STY) berhasil memberikan perubahan signifikan dalam permainan timnas setelah ditaklukkan Vietnam dengan skor 0-3 pada laga perdana grup A.

”Saya melihat timnas terus berprogres. Kalau mainnya semakin membaik, saya yakin Indonesia bisa masuk ke babak final,” tegas pelatih yang sukses membawa Persipura Jayapura menjuarai Liga Indonesia pada musim 2005 tersebut.(jpg)

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Thailand U-23 di SEA Games 2021:

Thailand (4-2-3-1)

Kawin Thamsatchanan; Chonnapat Buaphan, Jonathan Khemdee, Anusak Jaiphet,, Airfan Doloh; Ekanit Panya, Worachit Kanitsribampen; Weerathep Pomphan, Benjamin Davis, Chayapipat Supanpasuch; Patrik Gustavsson

Indonesia;

(4-2-3-1): Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya; Irfan Jauhari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: