Tundukkan Chelsea Lewat Adu Penalti, LIverpool Juara Piala FA 2022

Tundukkan Chelsea Lewat Adu Penalti, LIverpool Juara Piala FA 2022

Liverpool Juara FA Cup 2022 unggul setelah memainkan laga penalti dengan menggusur Chelsea dengan skor 6-5 di Wembley Stadium, Minggu 15 Mei 2022 dini hari WIB. -Twitter/@LFC-Disway.id--

LONDON, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Chelsea harus mengubur impiannya dalam-dalam. Tim besutan Thomas Tuchel itu luluh di tangan Liverpool dalam partai final FA Cup 2021-2022 dengan skor akhir 5-6.

Chelsea kontra Liverpool benar-benar menguras energi dan menampilan pertempuran apik, para pendukungan kedua tim dibuat berdebar-debar setiap menit pertandingan yang penuh dengan drama.

Chelsea vs Liverpool tidak cukup dimainkan pada waktu normal 2 x 45, wasit Craig Pawso harus memainkan 2 kali ekstra time. 

Meski laga Chelsea vs Liverpool berlangsung keras, Craig Pawso hanya mengeluarkan 1 kartu kuning bagi pemain Chelsea Reece James di menit ke-77. 

Liverpool tampil sebagai juara Piala FA setelah César Azpilicueta dan Mason Mount gagal mengeksekusi tendangan penalti. 

Liverpool menyisakan satu eksekutor yang gagal mengakumulasi poin yakni Sadio Mane.

Tembakan Sadio Mane meski keras ke arah kiri jala gawang mampu ditepis penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy. 

Jalannya Laga:

Kedua tim yang bertemu di final piala domestik kedua musim ini. Chelsea vs Liverpool bermain imbang tanpa gol selama 120 menit sebelum diputuskan melalui adu penalti lagi.

Liverpool berada di atas pada tahap awal dengan Luis Diaz yang mengancam jala gawang Liverpool. Ia memanfaatkan umpan terobosan dari Trent Alexander-Arnold di menit ke-8. Sayang tembakannya mampu ditepis penjaga gawang Chelsea Edouard Mendy. 

Chelsea merespon dengan baik tekanan Liverpool lewat Christian Pulisic yang nyaris mencetak gol pada menit ke-23 setelah permainan cantik diperagakan antara Mount dan Reece James di sayap kanan.

Tak lama setelah itu, umpan Pulisic memberi Marcos Alonso peluang untuk mencetak gol tetapi Alisson dengan cepat keluar dari barisannya untuk menggagalkan upaya bek Chelsea tersebut.

Masuk pada menit ke-33 Liverpool mendapat pukulan ketika Mohamed Salah terpaksa ditarik keluar karena cedera. 

Diogo Jota masuk menggantikannya dan memberikan peluang bagus beberapa saat sebelum turun minum.

Chelsea membuat awal yang lebih cepat setelah turun minum dengan Pulisic menarik penyelamatan dari Alisson dan Alonso, sayang bola keras itu membentur mistar gawang. 

Sebaliknya Liverpool memiliki peluang emas untuk memenangkan pertandingan jika saja umpan silang pemain pengganti James Milner mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Andy Robertson. Tembakannya membentur tiang jarak dekat.

Liverpool sempat limbung menjelang perpanjangan waktu dengan ditariknya Virgil van Dijk keluar lapangan. Ia cedera, dan digantikan oleh Joel Matip.

Tidak ada pihak yang mampu menemukan terobosan dalam 30 menit tambahan, yang berarti tendangan penalti untuk kedua kalinya musim ini.

Susunan Pemain: 

Chelsea: 16 Edouard Mendy (penjaga gawang), 6 Thiago Silva, 2 Antonio Rüdiger, 14 Trevoh Chalobah, 8 Mateo Kovacic, 5 Jorginho, 3 Marcos Alonso, 24 Reece James, 9 Romelu Lukaku, 10 Christian Pulisic, 19 Mason Mount.

  • Pemain Pengganti: 28 César Azpilicueta, 7 N'Golo Kanté, 85'22 Hakim Ziyech, 12 Ruben Loftus-Cheek.
  • Pelatih: Thomas Tuchel

 

Liverpool: 1 Alisson (Penjaga gawang), 4 Virgil van Dijk, 5 Ibrahima Konaté, 26 Andy Robertson, 66 Trent Alexander-Arnold, 14 Jordan Henderson, 6 Thiago Alcántara, 8 Naby Keita, 10 Sadio Mané, 23 Luis Díaz, 11 Mohamed Salah.

  • Pemain Pengganti: 32 Joël Matip, 21 Konstantinos Tsimikas, 7 James Milner, 9 Roberto Firmino, 20 Diogo Jota.
  • Pelatih: Jurgen Klopp
  • Statistik:

    Penguasan Bola: 47% vs 53%

    Kartu Kuning: Reece James (77’)

  • Penendang Penalti:

    • Chelsea: Marcos Alonso, César Azpilicueta (gagal),  Reece James, Ross Barkley, Jorginho, Hakim Ziyech, Mason Mount (gagal).  
    • Liverpool: Thiago Alcántara, Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, Sadio Mané, Diogo Jota, Konstantinos Tsimikas.

     

    Stadion: Wembley Stadium, London, Inggris.

    Wasit: Craig Pawso. (disway)

Sumber: