9.937 Peserta Akan Ikuti UTBK-SBMPTN Pada 17 Mei

9.937 Peserta Akan Ikuti UTBK-SBMPTN Pada 17 Mei

--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Universitas Jambi (Unja) akan segera menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang 1 pada 17 – 23 Mei 2022 mendatang. Berbagai persiapan lokasi ujian telah disiapkan oleh pihak penyelenggara. 

Terdapat tiga lokasi ujian yang disediakan Unja untuk para peserta, yaitu di Unja Kampus Mendalo sebanyak 12 ruangan seperti Lab LPTIK, Lab Fakultas Hukum, Peternakan, Pertanian, Ekonomi dan lainnya, kemudian terdapat 3 ruangan di Kampus Unja Telanai yaitu Lab UPT Bahasa 1, UPT Bahasa 2 dan Lab TIK LPTIK 3 serta  Unja Kampus Buluran 1 ruangan yaitu Lab ICT Fakultas Kedokteran. Selain itu, juga terdapat beberapa laboratorium komputer yang dipakai untuk ujian peserta UTBK-SBMPTN.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unja, Dr. Drs. Kamid, M.Si., mengatakan, menjelang ujian UTBK-SBMPTN, Unja telah melakukan berbagai upaya serta uji coba untuk server secara nasional pada 28 April 2022 lalu. “Alhamdulillah semua uji coba berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Selainitu, Dr. Kamid menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN Unja tahun 2022 sebanyak 9.937 peserta untuk gelombang 1 dan 2 sedangkan pelakasanaannya untuk Gelombang 2 yaitu pada tanggal 28 Mei sampai 3 Juni 2022. “Ada sebanyak 13 peserta yang tidak menyelesaikan pendaftaran UTBK (tagihan expired),” sebutnya.

Untuk diketahui penyesuaian jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 beberapa wilayah terkait dengan waktu ibadah berikut adalah waktu penyesuaian jadwal UTBK-SBMPTN 2022. Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 Kelompok Ujian Campuran tidak ada perubahan, Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 Kelompok Ujian Saintek atau Soshum pada hari Senin sampai dengan Kamis serta Sabtu dan Minggu, baik Sesi Pagi maupun Siang tidak ada perubahan, kecuali unttuk daerahdaerahyang termasuk Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB). 

Khusus untuk daerah-daerah yang termasuk WIB, yang semula dimulai pukul 12.30 sampai dengan 16.15 WIB dimundurkan menjadi dimulai pukul 13.00 sampai dengan 16.45 WIB. Kemudian Jadwal UTBK-SBMPTN 2022 Kelompok Ujian SAINTEK atau SOSHUM Khusus pada hari Jumat pada Sesi Siang untuk daerah-daerah yang termasuk WIB ada perubahan menjadi sebagai berikut, untuk daerah-daerah di Jawa, yang semula dimulai pukul 12.30 sampai dengan 16.15 WIB dimundurkan menjadi dimulai pukul 13.15 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Sedangkan untuk daerah-daerah di Luar Jawa, yang semula yang dimulai pukul 12.30 sampai dengan 16.15 WIB dimundurkan menjadi dimulai pukul 13.45 sampai dengan 17.30 WIB. 

Kamid menambahkan, terdapat beberapa tips persiapan UTBK-SBMPTN Unja 2022 yakni seperti perbarui informasi UTBK dari web dan medsos resmi LTMPT, kunjungi secara rutin web ltmpt.ac.id dan ikuti akun medsos @ltmptofficial. “Para peserta bisa dapat pengingat hitung mundur hari pelaksanaan UTBK, statistik pendaftar UTBK, serta pengumuman penting lainnya,” imbuhnya.

Kemudian Dr. Kamid berpesan untuk mengunjungi juga website dan medsos pusat UTBK  UNJA yaitu website di www.unja.ac.id dan akun medsos Instagram @univ.jambi dan @ppid.unja. “Untuk lokasi ujian, upayakan untuk mengunjungi lokasi yang akan menjadi tempat ujian seperti yang tercantum di kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN jika tidak sempat, cari informasi melalui internet, lihat dengan jelas alamatnya, jangan sampai tertukar karena sejumlah PTN memiliki beberapa lokasi kampus yang kadang berjauhan letaknya, Ingat peserta harus hadir 1 jam sebelum ujian dimulai,” jelasnya.

Kamid meminta para peserta juga lebih fokus belajar jangan kendor mendekati hari pelaksanaan, banyaklah belajar dan berlatih mengerjakan soal, pahami materi TPS, TKA dan TBI, pelajari dari materi ujian tahun-tahun sebelumnya, untuk menghindari jenuh belajar, lakukan beberapa hal perubahan suasana belajar seperti belajar bersama teman sekolah, ikuti tryout dan cari pembelajaran di Youtube. “ Tetap jaga kesehatan, selalu berolahraga, hindari kegiatan fisik yang berlebih apalagi menjelang ujian, tetap ikuti protokol kesehatan dan jangan lupa beristirahat yang cukup, saya berharap semua peserta dapat mengikuti ujian UTBK-SBMPTN Unja dengan lancar,” tandasnya. (*/kar)

* Kunjungi : www.unja.ac.id 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: