Tes CPNS Libatkan Polisi & LSN

Tes CPNS Libatkan Polisi & LSN

SUNGAIPENUH -  Pengawas pelaksanaan tes CPNS tahun ini melibatkan pihak kepolisian. Dengan rincian, 1 sekolah akan ditugaskan 2 personil Polisi, Pol-PP 2 orang, pegawai BKD 5 orang, guru 1 orang, petugas Inspektorat 2 orang, dan perwakilan LSM 1 orang. “Nanti mulai dari pengadaan sampai pelaksaan tes akan diawasi oleh Polisi. Nanti juga Lembaga Sandi Negara (LSN) akan datang ke Sungaipenuh, akan membuka segel soal, dan mengawasi pelaksanaan ujian,” tegas Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Sungaipenuh,  Pusri Amsi.

Terkait lokasi ujian sendiri, saat ini sudah disiapkan sebanyak enam sekolah menengah di Kota Sungaipenuh akan diliburkan pada tanggal 8 September mendatang. Karena menjadi lokasi pelaksanaan tes CPND tahun ini. 6 Sekolah yang menjadi lokasi Tes CPNS ini yaitu, SMP 1, SMP 2, SMP 8, SMP 9, SMA 1, dan SMA Negeri 2 Kota Sungaipenuh.

         Menurutnya, dari 6 sekolah ini, terdapat 109  lokal, dan setiap lokalnya akan ditempat oleh 22 peserta tes CPNSD. “Ada 1 lokal yang pesertanya 3 orang, selebihnya 22 orang perlokal,”ujarnya lagi.

           Mengenai adanya formasi yang kosong pada tes CPNS tahun ini, yaitu formasi guru Kria Logam untuk sekolah menengah kejuruan, karena semua pelamar dinyatakan tidak lulus administrasi, Pusri mengaku, masalah ini sudah dikoordinasikan pihaknya dengan pihak BKN pusat.

          Namun kata Pusri, jawaban yang diberikan pihak BKD adalah, formasi guru Kria Logam tersebut dikosongkan, dan akan dibuka kembali pada tahun 2013 mendatang.          “Kebutuhan kita untuk guru Kria Logam sebanyak 3 orang, jadi untuk tahun ini terpaksa diisi oleh Guru yang ada, tes CPNS tahun depan formasi ini akan kita kembali, sesuai dengan petunjuk BKN,”bebernya

          Mengenai materi untuk tes tertulis pada 8 September mendatang, ia mengatakan, sesuai dengan pengumuman sebelumnya, materi tes tertulis yaitu Tes Kompetensi Dasar (TKD) yaitu tes wawasan kebangsaan, kemudian Tes Intelegensi Umum (ITU), dan Tes Karateristik Pribadi (TKP).

          “Materinya ada 3, yaitu TKD, ITU, dan TKP, sesuai dengan pengumuman Penerimaan CPNS yang telah kita umumkan beberapa waktu lalu,” tukasnya.

(hdi) 

Sumber: