Dua Anak Harimau Diamankan

Dua Anak Harimau Diamankan

Satu Terkena Gejala Hipotermia

SENGETI – Dua anak harimau Sumatera kemarin diamankan. Kedua anak harimau tersebut ditemukan oleh Junaidi Mas’ud, warga Desa Ladang Panjang, Kecamatan Sungai Gelam, kabupaten Muarojambi. Lokasi penemuan yakni di lahan perkebunan di desa Pancoran yang merupakan desa batas antara Jambi dan Sumsel.

\"Kami mendapat laporan dari masyarakat terkait penemuan 2 ekor anak Harimau, kami langsung menghubungi pihak BKSDA Provinsi Jambi,\" ujar Kapolsek Sungai Gelam Iptu Eko Budi ketika dikonfirmasi.

Diakuinya, pihaknya mendapat laporan adanya penemuan tersebut setelah lima jam kedua anak Harimau itu bersama Junaidi. Pihak Polsek sendiri kemudian menghubungi pihak BKSDA.

 \"Pihak BKSDA telah mengamankan 2 ekor anak harimau tersebut, dibawa ke Provinsi Jambi, semuanya kemudian kami serahkan untuk dilakukan penanganan,\" imbuh Kapolsek Gelam.

Sementara itu, dr Hewan Taman Rimba Jambi, Meilina menyatakan, kondisi suhu dari salah satu anak harimau itu dibawah 37,38 derajat.

            “Yang satunya masih normal. Tapi, dia juga hidrasi,” ujarnya.

 Khawatir dengan kesehatannya, pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi dan Kebun Binatang Taman Rimba Jambi segera bertindak cepat. “Telah kita tangani,” katanya lagi. Pantauan Koran ini di Taman Rimba kemarin, pihak BKSDA telah membelikan susu untuk kedua anak Harimau itu.

Selain membeli susu, mereka juga membelikan dot, handuk, lampu, dan sejumlah perlengkapan lainnya. Meilina mengakui, dirinya tidak mengetahui secara pasti kapan anak harimau itu akan sembuh kembali.

“Itu tergantung daya tahan tubuhnya. Yang jelas, kita akan tangani semaksimal mungkin,” tegasnya.

Kepala Seksi Wilayah III BKSDA Jambi, Nurazman mengatakan hal yang sama, pihaknya bekerjasama dengan taman rimba akan merawat kedua anak harimau yang di temukan oleh warga Sungai Gelam itu.

Kata Nurazman, diupayakan kedua anak harimau bisa dikembalikan ke hutan. “Tapi dokter kebun binatang akan observasi terlebih dahulu, jika kondisinya memungkinkan, baru kita kembalikan ke hutan,” ujarnya.

Dia memperkirakan, anak harimau itu sudah ditinggal oleh ibunya satu minggu yang lalu. Sehingga, kondisinya sangat memprihatinkan.

“Kemungkinan sudah satu minggu dia tidak makan,” katanya. Umur kedua anak harimau itu diperkirakan baru dua bulan. Dengan berat, diperkirakan 2,5 Kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: