Dilapori di Halim, SBY Siap Buka PON

Dilapori di Halim, SBY Siap Buka PON

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 hari ini. Kemarin (10/9), sesaat setelah tiba dari lawatannya ke Mongolia dan menghadiri KTT APEC di Rusia, presiden mendapat laporan mengenai persiapan PON yang berlangsung di Pekanbaru.

SBY mendapat laporan dari Wapres Boediono yang sebelumnya mengecek langsung persiapan PON di Pekanbaru (9/9). \"Tadi dilaporkan wapres bahwa semua sesungguhnya baik dari segi fasilitas infrastruktur maupun kesiapan keseluruhan penyelenggaraan PON,\" ujar Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrian Pasha di Bandara Halim Perdanakusuma, kemarin.

Dengan kondisi seperti itu, lanjutnya, PON siap dibuka secara resmi oleh presiden. \"Itu merujuk dari apa yang dilaporkan pak wapres,\" kata Julian.

Menpora Andi Mallarangeng yang juga ikut menyambut kedatangan SBY di bandara Halim Perdanakusuma juga menegaskan kesiapan penyelenggaraan dan pembukaan PON. Kendala yang sempat dihadapi seperti masalah air dan listrik di wisma atlet, kata Andi, sudah berhasil diatasi.

                Begitu juga dengan venue-venue pertandingan. Dari 54 venue, hanya dua yang disebutnya cukup minimalis, yakni menembak dan futsal. \"Minimalis tapi fungsional. Tapi yang 52 venue lainnya tidak ada masalah,\" kata Andi.

                Dia menjawab adanya kritik ketidaksiapan tuan rumah PON. Andi menegaskan penyelenggaraan di daerah merupakan salah satu upaya lebih memeratakan pembangunan, sehingga tidak terpusat di daerah. \"Kendalanya memang harus membangun baru dan sempat terhenti pembangunanya karena dana APBD belum cair,\" kata mantan juru bicara kepresidenan itu.

(fal)

Sumber: