Bendahara Diminta Bertanggungjawab

Bendahara Diminta Bertanggungjawab

Pemkab sudah melakukan pendekatan secara kekeluargaan, namun sayangnya kurang direspon baik oleh bendahara tersebut

Zulfahmi

Sekda Kerinci

Gaji Guru UPTD Depati VII

KERINCI–Polemik gaji guru SD se-UPTD Depati Tujuh untuk bulan Agustus yang raib dibawa pencuri hingga kini tak kunjung selesai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci, Zulfahmi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai cara demi untuk menyelesaikan masalah tersebut, termasuk penyelesaian secara kekeluargaan.

Namun sayangnya usaha tersebut terhambat, dikarenakan kurang responnya bendahara UPTD Depati Tujuh selaku pihak yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Pemkab sudah melakukan pendekatan secara kekeluargaan, namun sayangnya kurang direspon baik oleh bendahara tersebut. Buktinya dia hanya mau mengganti Rp 500 ribu saja,” ungkapnya.

Disampaikannya, pada dasarnya dan sesuai dengan Undang-undang No 17 tahun 2003 bendahara UPTD Depati Tujuh tentang keuangan negara. Dimana setiap Bendahara bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian negara sesuai kepengurusannya.

“Seharusnya bendahara yang bertanggungjawab, namun setelah kami coba melakukan pendekatan secara keluarga, tidak berhasil. Tidak ada etikat baik darinya untuk menyelesaikan masalah ini,” katanya.

Ditanya apa langkah yang akan diambil Pemkab Kerinci? Zulpahmi mengatakan pihaknya masih melakukan berbagai proses, dengan berkoordinasi dengan Bupati Kerinci, Kapolres Kerinci serta BPK. Selain itu, guna menyelesaikan masalah ini, pemeriksaan secara interent juga dilakukan Ispektorat Kerinci dan di musyawarahkan melalui TPGN.

Ia menambahkan, pada kodratnya penyelesaian ini tetap bergantung pada keputusan bendahara UPTD melalui TPTGN dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Gaji para guru tidak bisa diselesaikan oleh Pemkab Kerinci secara keseluruhan, Pemkab hanya bisa menanggulangi saja. Hal itu dikarenakan dampak negatif kedepannya, jika pemkab yang bayar takutnya bendahara-bendahara yang lain juga akan berbuat begitu,” jelasnya.

Sementara itu, data yang diperoleh harian ini, saat ini permasalahan gaji guru SD ini masih dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Kerinci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: