Sempurna, Meksiko Lolos Ke Fase Final

Sempurna, Meksiko Lolos Ke Fase Final

 

 

 

MEXICO CITY-Meksiko menjadi tim pertama yang lolos ke ronde keempat alias fase final kualifikasi Piala Dunia 2014 zona CONCACAF (Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia). Kemarin (12/9), ‘’Tim Sombrero’’ julukan Meksiko menundukkan Kosta Rika, 1-0 pada lanjutan Grup B di Estadio Azteca, Mexico City.

                Gol kemenangan Meksiko diciptakan oleh Javier \"Chicharito\" Hernandez pada menit ke-61. Dengan hasil itu, Meksiko meraup nilai 15 poin, hasil sempurna dalam empat pertandingan awal. Poin itu tak terkejar oleh El Salvador (lima poin) dan Kosta Rika (empat poin) yang berebut posisi runner-up.

                Selain mengantarkan Meksiko lolos ke fase final, kemenangan tersebut sangat bermakna bagi Chicharito. Sebab itulah gol pertamanya dalam tiga bulan belakangan. Gol terakhir striker Manchester United tercipta lewat titik penalti ketika Meksiko membekap Brasil 2-0 dalam laga persahabatan di Cowboys Stadium, Dallas, 3 Juni silam.

                \"Kami mendapatkan hasil yang sangat bagus,\" ucap striker 24 tahun itu kepada ESPN. \"Kami bekerja dengan sangat keras. Saya senang bisa mencetak bola. Syukurlah kami bisa melaju ke babak selanjutnya,\" imbuhnya.

                Walau sudah lolos, Meksiko masih harus bertanding dua kali melawan tim juru kunci Guyana. Apapun hasilnya, Carlos Salcido dkk bisa santai menunggu lima tim lainnya untuk bertarung di fase final yang berputar mulai Februari tahun depan.

                Zona CONCACAF akan meloloskan tiga tim teratas langsung ke Piala Dunia 2014 Brasil. Sedangkan tim peringkat empat akan bertanding di fase playoff melawan juara Oceania. Meksiko memiliki tradisi kuat untuk lolos ke putaran final Piala Dunia. Sejak Piala Dunia 1994, Meksiko tidak pernah absen dan selalu mencapai babak 16 besar.  

                Pelatih Meksiko Jose Manuel de la Torre menegaskan, meski sudah lolos, timnya tetap serius menatap dua partai sisa Grup B. Dia tetap akan memanggil skuad utama, sama seperti empat pertandingan awal. \"Kami tidak boleh berfikir bahwa kamilah yang terbaik saat ini,\" tegas de la Torre.

                Sementara itu, tim Amerika Serikat bangkit, untuk mengalahkan Jamaika dengan skor 1-0 lewat penyerang Herculez Gomez pada menit 55. Hasil itu membuat AS melesat ke puncak klasmen sementara Grup A dengan nilai tujuh. Namun nilai AS itu sama dengan dua pesaingnya Guatemala dan Jamaika.

(nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: