1 Peru vs Argentina 1

1 Peru vs Argentina 1

Tango Berdalih Lapangan Buruk

LIMA - Argentina hanya membawa pulang satu angka dari lawatannya ke Estadio Nacional, Lima, karena ditahan Peru 1-1 (1-1), kemarin (12/9). Beruntung, dua pesaingnya, yakni Ekuador dan Cile juga tertahan, sehingga Argentina tetap bertakhta di puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Conmebol.

                Ekuador bermain imbang 1-1 (0-1) melawan Uruguay, sedangkan Cile kalah dari tamunya Kolombia yang sedang on fire dengan skor 1-3 (1-0). Akibatnya, Argentina tetap berkuasa dengan 14 poin dan disusul Kolombia dan Ekuador yang tertinggal satu angka.

                Peru yang sebelumnya sesumbar akan menghentikan striker andalan Argentina Lionel Messi dengan segala cara, benar-benar menjalankan misinya. Ternyata, hasilnya cukup baik. Messi yang selama ini menjadi tumpuan, dibuat kesulitan.

                Akibatnya Argentina lebih dulu tertinggal melalui gol Carlos Zambrano pada menit ke-22. Untungnya, striker Real Madrid Gonzalo Higuain mampu menyamakan skor pada menit ke-38.  Skor itu bertahan hingga laga bubar.

                Perintah pelatih Peru Sergio Markarian untuk mematikan gerak Messi dengan berbagai cara mampu diterjemahkan dengan baik oleh Arturo Vidal dkk di barisan pertahanan. Strateginya untuk menjadikan Vidal sebagai pemain bebas di pertahanan terbukti sukses.

                \"Peru tidak mengejutkan saya. Mereka selalu menyulitkan, seringkali begitu,\" bilang Alejandro Sabella, pelatih Argentina, seperti dikutip Reuters.

                Berbeda dengan Sabella yang memuji Peru, Messi justru menuding buruknya kondisi lapangan sebagai dalih kegagalan mereka meraih tiga angka. \"Lapangan sangat tidak membantu, butuh lebih dari satu sentuhan untuk mengontrol bola,\" ketus Messi.

                \"Itu lebih seperti pertarungan ketimbang bermain sepak bola. Kami tidak bisa bermain seperti yang kami inginkan. Gol Higuain sangat berarti, dan cukup bagus bisa mendapatkan satu angka dalam pertandingan tandang,\" kata striker Barcelona itu.

                Pada pertandingan lain, Kolombia yang sedang on fire kembali memakan korban. Bila sebelumnya Uruguay yang mereka hajar empat gol tanpa balas, maka kemarin dini hari giliran tuan rumah Cile mereka kalahkan 1-3 (1-0).

                Duet striker Kolombia Radamel Falcao dan Teofilo Gutierrez kembali menjadi momok bagi pertahanan lawan. Falcao mencetak gol kedua pada menit ke-73 dan Gutierrez menyarangkan gol terakhir di menit ke-76. Gol pertama Kolombia dicetak James Rodriguez di menit ke-58. Cile sejatinya lebih dulu unggul melalui Matias Fernandez pada menit ke-42. Tetapi kartu merah Gary Medel pada menit ke-36 melemahkan mereka.

                Medel diusir keluar lapangan karena menampar Luis Perea. Tamparan Medel itu dimanfaatkan Perea dengan melakukan aksi terjatuh secara berlebihan dan berguling di tanah, sehingga menarik perhatian. Wasit V\"ctor Hugo Carrillo pun tanpa ragu mengkartu merah. Di menit ke-84, giliran bek Kolombia Abel Aguilar yang diusir dari lapangan karena kartu kuning kedua.

(ham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: