>

Pengidap HIV/AIDS Bungo Meningkat

Pengidap HIV/AIDS Bungo Meningkat

MUARABUNGO - Angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Bungo terus meningkat. Sehingga, keadaan itu membutuhkan langkah-langkah konkrit dari pihak terkait untuk mengatasinya.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Bungo, H Sudirman Zaini melalui Sekretaris KPA Bungo, Cecep. jumlah pengidap HIV/AIDS seluruhnya mencapai 26 orang pada tahun 2012 ini.

Padahal, data sebelumnya pengidap HIV/AIDS ini hanya sekitar 18 orang. “Penderita HIV/AIDS naik dari 18 penderita menjadi 26 orang penderita. Dari jumlah itu sudah banyak yang telah meninggal dunia,” ujar Cecep, kemarin (19/9).

Adanya peningkatan jumlah pengidap HIV/AIDS tersebut, membuat pihak KPA harus melakukan berbagai langkah untuk dapat menekan penyebaran virus HIV/AIDS tersebut.

Ketika ditanyakan langkah apa saja yang telah dilakukan oleh KPA Kabupaten Bungo dalam memutus mata rantai penyebaran virus yang sangat berbahaya itu? Cecep dengan tegas mengatakan, salah satunya dengan memberikan informasi akan bahayanya virus HIV/AIDS. “Karena cukup banyak, kita harus bisa memutus mata rantai virus itu,” jelasnya.

Selain memutus mata rantai virus HIV/AIDS, cecep juga mengatakan, pihaknya juga melakukan pendampingan ataupun pembinaan kepada para penderita HIV/AIDS. “Pengidap akan selalu kita dampingi. Selain itu mereka juga akan mendapatkan pendampingan agar mereka bisa kembali optimis dalam menjalani kehidupan kedepannya,” akunya.

Melihat angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Bungo itu, Cecep menyakini, ke depan jumlah penderita HIV/AIDS di Bumi Langkah Serentak Limbai Seayun akan terus bertambah.

Ia dalam kesempatan itu juga menghimbau, agar masyarakat kabupaten Bungo bersama-sama memutus mata rantai virus yang berbahaya itu. Ia juga mengajak masyarakat Bungo untuk dapat memeriksakan diri ke layanan VCT secara gratis  di RSUD H Hanafie Muara Bungo. “Jika ingin tahu kena virus HIV/AIDS atau tidak, mari kita perikasa diri ke layanan VCT,” imbuhnya.

(via/jenn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: