2013, Siapkan Capex Rp 1 T untuk Jaringan

2013, Siapkan Capex  Rp 1 T untuk Jaringan

JAKARTA - Sebagai salah satu distributor utama dari TAM (Toyota Astra Motor), Auto 2000 juga mempersiapkan jaringan menghadapi mobil murah dan ramah lingkungan. Apalagi, segmen yang dibidik adalah middle low yang tersebar di daerah-daerah. \"Namun, secara pelayanan sales, kami tidak akan membedakan dengan konsumen lain,\" tegas Chief Executive Officer (CEO) Auto 2000 Jodjana Jody di sela media gathering, kemarin.

Jody menyebut mobil kolaborasi TAM dan ADM (Astra Daihatsu Motor) bakal menghebohkan dunia otomotif tanah air. Dia mengungkapkan mobil ekonomis dan green car ini efesiensi bahan bakar. Terbukti, hasil uji pabrikan 1 liter dapat menempuh 21 kilometer. Untuk harga, katanya, belum bisa dipublish, sebab mereka menunggu kebijakan pemerintah tentang intensif untuk mobil murah dan ramah lingkungan. \"Segmen yang kami sasar adalah pemilik pertama. Sebab, harga dibawah Toyota Avanza,\" ucapnya.

Untuk jaringan, tambah Jody, sampai akhir tahun\" bakal mencapai 160 outlet. Sampai, kemarin masih 158 unit. Selama tahun ini, realisasi cabang baru Auto 2000 baru delapan dari 10 yang ditargetkan dengan capital expenditure (capex) atau belanja modal Rp 850 miliar. \"Kendala teknis pembangunan saja,\" ujarnya.

Tahun depan, anak usaha Astra International itu bakal membuka 10 sampai 12 cabang baru. Jody \"menyebut pihaknya telah menyiapkan dana sampai Rp 1 triliun untuk rencana bisnis 2013 itu. \"Lahan sudah kita beli, tinggal bangun. Sebab, kita proyeksikan sampai 2015 akan berdiri 225 outlet\" ungkapnya.

Joen Boediputra, Operational Manager Jatim Plus Auto 2000 mengatakan diwilayah Jatim bakal membuka tiga cabang baru pada tahun depan. Masing-masing berada di tiga kota, yakni Surabaya, Probolinggo, dan Banyuwangi. Selain itu, mereka tahun ini telah memulai membuka empat servis poin. \"Servis poin melayani daerah-daerah yang belum memiliki cabang. Misalkan, Tulungagung,\" tuturnya. \"

Penjualan Auto 2000 di sembilan bulan tahun ini (Januari-Agustus) membukukan 205.124 unit. Angka itu menyumbangkan hampir 80 persen dari total sales Toyota di tanah air.

(dio)

 

                

Sumber: